4 Gerakan Yoga Untuk Pemula Yang Wajib Di Kuasai

112
Gerakan pertama senam yoga yaitu Mountain Pose
Gerakan pertama senam yoga yaitu Mountain Pose

Bidhuan.id – Seperti apakah gerakan yoga untuk pemula yang benar itu? Bagi anda yang saat ini mulai menemuki olahraga atau senam yoga, maka langkah awal yang wajib anda lakukan adalah dengan menguasai teknik atau gerakan dasarnya. Jika anda sudah menguasai gerakan dasar, maka tidak sulit bagi anda untuk mengembangkan gerakan tersebut ke gerakan yang lebih rumit lagi.

Akan tetapi, bagi anda yang sedang mempelajari gerakan yoga untuk pemula, maka jangan lupa agar anda berada di bawah pengawas atau instruktur yoga. Hal ini bertujuan agar supaya anda bisa terhindar dari cidera maupun hal-hal lain yang tidak diinginkan selama anda melakukan gerakan tersebut. Dan jika nantinya anda mengalami kondisi cidera di bagian tangan, lengan, leher, atau bahkan sendi, maka hal ini akan berdampak langsung pada tingkat fleksibilitas anda.

Gerakan Yoga Untuk Pemula

Sebelum kami menjelaskan kepada anda mengenai apa saja gerakan yang harus anda lakukan bagi anda yang baru memulai yoga, kami ingin mengajak anda untuk mempelajari informasi seputar senam yoga dan manfaatnya yang penting anda ketahui karena memang yoga merupakan salah satu senam yang memiliki banyak manfaat.

1. Gerakan pertama senam yoga yaitu Mountain Pose

Gerakan pertama yang harus dikuasai bagi anda pemula senam yoga adalah Mountain Pose. Meskipun sebenarnya langkah ini termasuk cara yang terlihat sederhana, namun jika anda tidak melakukannya dengan benar, maka bukan tidak mungkin anda akan kesulitan melakukan cara tersebut atau bahkan cidera jika anda tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Perlu anda tahu bahwa Mountain Pose merupakan sebuah gerakan dasar yang berfungsi untuk memperbaiki keseimbangan tubuh maupun juga kondisi postur tubuh anda. Gerakan yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Anda harus berdiri dan jari kaki anda harus menempel di lantai.
  • Biarkan tumit anda dalam kondisi yang sedikit terpisah atau posisi agak lebar.
  • Kemudian anda harus meletakkan lengan anda di samping tubuh. Pada tahap ini anda harus membayangkan bahwa anda sedang melakukan pengangkatan tubuh dari batin.
  • Tarik bagian bahu bawah dan kemudian anda harus merentangkan tulang selangka anda.
  • Anda harus memposisikan kepala agar supaya sejajar dengan bahu, jangan sampai mundur atau terlalu maju. Dagu juga harus sejajar pada lantai.
  • Pastikan juga bahwa punggung bawah maupun panggul berada dalam posisi netral, yakni tidak melengkung maupun terselip.
  • Anda harus menahan posisi tersebut kurang lebih 30 sampai dengan 60 detik.

2. Gerakan yoga dasar yaitu Downward Facing Dog

Gerakan yoga dasar yaitu Downward Facing Dog
Gerakan yoga dasar yaitu Downward Facing Dog

Downward Facing Dog juga merupakan salah satu gerakan dasar yang harus dikuasai bagi anda yang baru memulai senam yoga. Pada posisi ini, bagian yang berperan penting adalah tubuh atas anda dan juga harus anda meregangkan otot punggung, dada, kaki, maupun juga punggung.

Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara yang harus anda lakukan jika ingin menguasai Downward Facing Dog dengan beanr:

Baca: Olahraga Kardio: 15 Macam Gerakan Paling Efektif, Manfaat dan Fungsinya

  • Posisikan tubuh anda seperti merangkak.
  • Tekan seluruh jari kaki dan telapak kaki anda ke lantai, lalu anda harus meletakkan tangan anda sedikit di depan bahu.
  • Anda harus mulai membuang nafas anda dan kemudian mulailah untuk meluruskan kaki. Anda juga harus membiarkan agar tumit anda muncul dari lantai.
  • Kemudian, anda harus mengangkat tulang pantat ke bagian langit-langit dan anda harus mendorong tumit anda ke lantai.
  • Secara perlahan-lahan, anda harus mulai melakukan penekanan terhadap telapak tangan, kemudian anda harus mulai meluruskan lengan ketika anda hendak menarik bahu ke bawah.
  • Anda harus membuat kepala anda dalam kondisi santai dan pastikan bahwasanya anda kepala anda berada di tengah-tengan lengan atas. Anda harus menahan posisi ini kurang lebih 1 sampai dengan 3 menit.

3. Gerakan yoga untuk pemula yaitu Warrior

Gerakan yoga untuk pemula yaitu Warrior
Gerakan yoga untuk pemula yaitu Warrior

Warrior juga merupakan salah satu gerakan dasar yang wajib anda kuasai. Seperti halnya gerakan dasar lainnya, anda jangan meremehkan gerakan ini karena meskipun sekilas terlihat mudah, namun pada dasarnya gerakan Warrior merupakan gerakan dasar yang cenderung sulit untuk dikuasai.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan jika ingin menguasainya:

  • Anda harus berdiri dan kemudian posisikan kaki anda secara terpisah kurang lebih 4 langkah.
  • Anda harus menekuk kaki bagian kanan sehingga nantinya akan membentuk sudut 90°.
  • Anda harus merilekskan bahu anda dengan tangan anda berada pada posisi pinggul.
  • Langkah selanjutnya yaitu anda harus memperpanjang lengan anda ke bagian samping dan pastikan bahwa telapak tangan anda menghadap ke arah bawah.
  • Hadapkan pandangan ke bagian kanan tangan anda. Anda harus menahan posisi tersebut dalam waktu kurang lebih 60 detik dan lalu anda harus mengulanginya pada bagian sisi yang berbeda.

4. Gerakan dasar yoga yaitu Tree Pose

Bagi anda yang ingin melakukan salah satu gerakan yoga untuk pemula ini, maka silahkan simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah:

  • Anda harus berdiri dengan posisi tangan berada di bagian samping, dan anda harus menitik beratkan tumpuan pada kaki sebalah kiri.
  • Selanjutnya, anda harus mengangkat kaki kanan anda dan posisikan pada bagian paham bagian dalam kaki kiri.
  • Posisikan kedua tangan ke atas seperti halnya ketika anda akan berdoa.
  • Tarik nafas dan rentangkan kedua tangan, dimana telapak tangan anda harus berhadapan satu sama lain tapi jangan sampai bersentuhan.
  • Tahan kurang lebih 30 detik dan buang nafas secara perlahan-lahan. Ulangi pada posisi yang berlawanan.