5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami Tanpa Efek Samping

574
5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami Tanpa Efek Samping
5 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami Tanpa Efek Samping

Bidhuan.id – Seperti apakah cara mengatasi gusi bengkak? Memang tidak bisa kita pungkiri bahwasanya gusi bengkak merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh sebagian orang disamping permasalahan gigi berlubang yang juga siap menghantui kapanpun.

Seseorang yang menderita gusi bengkak bukan hanya akan membuat gusinya mengalami pembengkakan sehingga kemudian terlihat dari luar bahwa seolah-olah pipinya yang bengkak, melainkan orang yang mengalami gusi bengkak akan menyebabkan orang tersebut memiliki nafas yang bau. Maka dari itu, penting untuk memahami seperti apa cara mengatasi gusi bengkak karena masalah yang satu ini tidak bisa anda anggap remeh.

Mengatasi gusi bengkak

Sama halnya dengan Obat Sakit Gigi Berlubang Untuk Pria dan Wanita, terdapat beberapa cara yang juga bisa anda pahami untuk membantu mengatasi gusi bengkak yang anda alami karena seperti yang sudah kami jelaskan bahwasanya masalah gusi bengkak tidak bisa anda anggap remeh karena jika dibiarkan maka semakin lama akan bertambah parah yang semakin menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, orang yang mengalami gusi bengkak secara otomatis akan menurunkan nafsu makan karena ketika ingin mengunyah sesuatu, maka orang tersebut akan mengalami sakit. Bahkan, untuk berbicara pun ia juga akan merasakan sakit pada bagian gusi yang bengkak tersebut sehingga kemudian nafsu makannya pun akan berkurang yang kemudian berdampak pada berat badan yang menurun.

Dan cara yang akan kami berikan di bawah merupakan cara-cara alami karena untuk menghindari anda mengalami efek samping dibandingkan harus mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

1. Mengatasi gusi bengkak dengan garam

Mengatasi gusi bengkak dengan garam
Mengatasi gusi bengkak dengan garam

Sama halnya dengan gigi berlubang, garam juga merupakan bahan yang anda butuhkan untuk mengobati gusi bengkak yang sekarang anda derita. Yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan garam secukupnya dan kemudian anda campurkan dengan segelas air.

Setelah itu, anda aduk sampai tercampur merata dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur dan bukan untuk anda minum. Jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal, maka anda disarankan untuk berkumur menggunakan air garam kurang lebih sebanyak 3 kali dalam sehari, yakni pada waktu pagi, siang, dan juga sore hari.

Kandungan yang ada pada garam memang dipercaya mampu membuat gusi yang bengkak semakin lama akan mengecil sehingga kemudian anda bisa sembuh dari kondisi yang sangat mengganggu anda tersebut.

2. Mengatasi gusi bengkak dengan minyak cengkeh

Mengatasi gusi bengkak dengan minyak cengkeh
Mengatasi gusi bengkak dengan minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa menjadi bahan pengobatan alami yang bisa anda pilih untuk mengobati gusi bengkak. Kandungan yang ada pada minyak cengkeh dipercaya mampu mengatasi peradangan yang ada pada gusi berdarah tersebut sehingga lama kelamaan pembengkakan bisa diatasi.

Adapun mengenai cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan minyak cengkeh sangat mudah, yakni anda harus menyiapkan minyak cengkeh secukupnya dan kemudian tinggal mengoleskan pada bagian gusi anda yang mengalami pembengkakan.

Lakukan cara ini kurang lebih 2 kali sehari, yakni di waktu pagi dan sore hari. Selama beberapa hari, maka pembengkakan yang ada pada gusi anda akan semakin reda sehingga kemudian anda bisa benar-benar sembuh.

3. Mengatasi gusi bengkak dengan jeruk nipis

Mengatasi gusi bengkak dengan jeruk nipis
Mengatasi gusi bengkak dengan jeruk nipis

Selain berfungsi sebagai Cara Menghilangkan Flek Hitam dan Jerawat Hingga Bersih, ternyata jeruk nipis juga sangat bermanfaat di dalam mengobati gusi bengkak yang cenderung sulit untuk disembuhkan meskipun anda telah menggunakan berbagai macam pengobatan lainnya.

Jeruk nipis memang memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan yang akan berguna di dalam mengatasi pembengkakan pada gusi yang tak kunjung sembuh. Yang harus anda lakukan yaitu dengan menyiapkan satu jeruk nipis yang sudah dalam kondisi matang dan kemudian anda cuci sampai bersih lalu membelahnya menjadi dua.

Peras jeruk tersebut dan lalu anda tambahkan air hangat sebanyak satu gelas. Aduk secara perlahan-lahan sampai perasan jeruk nipis dan air bisa tercampur secara merata. Sama halnya dengan pengobatan menggunakan garam, anda juga harus menggunakan ramuan dari jeruk nipis ini untuk berkumur sebanyak kurang lebih 3 kali dalam sehari.

Kami menyarankan agar anda menggunakan obat kumur tersebut beberapa saat sebelum anda tidur malam dan juga pada saat anda baru bangun pagi. karena obat ini akan bekerja lebih efektif sehingga dalam beberapa hari, maka gusi anda tidak akan bengkak lagi.

Baca: 4 Obat Sakit Gigi Berlubang Dan Cenat – Cenut Paling Ampuh dan Cepat Mengobati Sakit Gigi

4. Mengatasi gusi bengkak dengan madu

Memang tidak bisa kita ragukan lagi mengenai khasiat madu yang bukan hanya sangat bermanfaat untuk dunia makanan atau kuliner dan kecantikan, melainkan madu juga sangat bermanfaat untuk dunia kesehatan, salah satunya adalah sebagai pengobatan alami terhadap gusi bengkak.

Kandungan zat aktif di dalamnya yang sekaligus berperan sebagai anti peradangan membuat madu menjadi bahan yang efektif untuk mengobati pembengkakan gusi yang anda alami.

Sama halnya dengan ketika anda menggunakan minyak cengkeh, anda nantinya hanya perlu mengoleskan madu secukupnya pada bagian gusi yang sakit. Lakukan pengobatan seperti ini kurang lebih 3 kali sehari guna memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

5. Mengatasi gusi bengkak dengan bawang merah

Bawang merah juga bisa menjadi salah satu pengobatan ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Memang tidak banyak orang tahu jika ternyata bawang merah mampu meredakan gusi bengkak yang anda alami asalkan anda menggunakannya sesuai dengan cara-cara yang benar.

Yang perlu anda lakukan adalah melembutkan bawang merah tersebut dan oleskan pada gusi anda yang bengkak. Akan tetapi, cara ini jarang diminati karena kebanyakan orang tidak tahan dengan bau yang keluar dari bawang merah.