5 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Untuk Diet

663
Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu Oatmeal
Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu Oatmeal

Bidhuan.id – Apakah anda tahu apa saja makanan yang mengandung karbohidrat? Seperti yang kita tahu bahwasanya karbohidrat merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena nanti akan diubah atau diolah menjadi energi. Seseorang yang memiliki kadar karbohidrat yang rendah akan terlihat mudah lelah dan lemas sehingga ia tidak bisa beraktivitas dengan baik.

Dan bagi anda yang saat ini sedang menjalani diet, anda harus tetap memilih makanan yang mengandung karbohidrat sehingga kebutuhan tubuh anda akan karbohidrat bisa terpenuhi karena diet bukan berarti anda harus mengurangi kebutuhan tubuh anda akan karbohidrat.

Dengan kata lain, yang harus anda lakukan adalah dengan mengubah menu makanan anda, namun kadar karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh masih tetap terpenuhi. Salah satu yang harus anda lakukan adalah dengan memilih makanan yang bukan hanya mengandung karbohidrat, melainkan juga mengandung serat yang tinggi.

Sebelum kami memberikan ulasan lebih lengkap tentang apa saja makanan yang di dalamnya mengandung karbohidrat, kami sarankan agar anda mempelajari informasi lainnya yaitu Makanan Pencegah Kehamilan Secara Alami.

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Seseorang yang mengkonsumi makanan yang di dalamnya mengandung karbohidrat dan juga serat yang tinggi atau yang juga disebut dengan karbohidrat kompleks, membuat zat tersebut bisa bertahan lebih lama di dalam tubuh karena cenderung sulit untuk dicerna. Dengan memakan makanan tersebut, maka anda bisa merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Asupan makanan anda pun akan cenderung lebih sedikit. Maka dari itu, diet dengan mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat dan berserat tinggi menjadi salah satu pilihan yang paling tepat yang bisa anda coba.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa referensi tentang apa saja makanan yang bisa anda konsumsi selama anda menjalani diet.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat : Kentang

Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu Kentang
Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu Kentang

Kentang menjadi salah satu sumber makanan yang di dalamnya mengandung karbohidrat dan juga serat yang tinggi yang wajib untuk anda konsumsi bagi anda yang sedang menjalani diet. Di dalam karbohidrat, terkandung pati resisten atau yang juga disebut dengan pati yang tidak bisa dicerna.

Dengan begitu, tubuh anda akan merasa lebih kenyang dalam waktu yang lama dibandingkan dengan anda mengkonsumsi nasi. Maka dari itu, anda bisa mengganti nasi dengan kentang selama anda dalam masa atau selama melakukan diet.

Terlebih lagi jika nanti anda memakan kentang beserta kulitnya karena ternyata kulit kentang memiliki kadar serat  dan juga vitamin C yang cukup tinggi yang tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

Akan tetapi, penyajian kentang tidak dengan cara digoreng karena hal ini hanya akan menambah kadar lemak pada kentang tersebut. Yang harus anda lakukan adalah dengan merebus atau mengukusnya dan baru anda makan.

Baca: 21 Manfaat Susu kedelai dan Apakah aman tidakkah untuk ibu hamil ?

2. Makanan yang mengandung karbohidrat : Beras Merah

Sama halnya dengan kentang, beras merah juga mengandung kadar serat yang tinggi sehingga sangat disarankan bagi anda yang menjalani diet. Jika anda saat ini sedang mengkonsumsi nasi putih, maka kami sarankan agar anda menggantinya dengan nasi merah karena selain mengandung karbohidrat, nasi merah juga mengandung zat yang akan membuat anda bisa lebih kenyang dalam waktu yang lama.

Bahkan, nasi merah juga menjadi salah satu makanan yang paling banyak direkomendasikan untuk seseorang yang menderita kencing manis atau yang lebih kita kenal dengan sebutan penyakit diabetes. Alasannya adalah karena kadar serat yang cukup tinggi akan membantu di dalam mengontrol gula darah.

3. Makanan yang mengandung karbohidrat : Pasta Gandum

Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu Pasta Gandum
Makanan yang mengandung karbohidrat yaitu Pasta Gandum

Pasta gandum ternyata juga mengandung kadar serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasi putih. Bahkan ada yang mengatakan bahwasanya kadar serat pada pasta gandung mencapai 2 sampai 3 kali lipat dengan kadar serat yang ada pada nasi putih.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa pasta gandum banyak direkomendasikan bagi anda yang saat ini sedang menjalani diet karena kandungan serat inilah yang nantinya akan membuat anda bisa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

4. Makanan yang mengandung karbohidrat : Roti Gandum

Tidak jauh berbeda dengan pasta gandum, roti gandum juga merupakan salah satu makanan untuk anda yang saat ini sedang menjalani diet. Kadar serat yang terdapat pada roti gandum kurang lebih mencapai 7 gram sehingga menjadikan roti gandum merupakan roti yang memiliki kadar serat lebih tinggi dibandingkan roti putih.

Maka dari itu, roti gandum banyak direkomendasikan untuk anda yang sedang menjalani diet karena dengan mengkonsumsi roti gandum, maka anda bisa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

5. Makanan yang mengandung karbohidrat : Oatmeal

Makanan yang satu ini bukan hanya menjadi menu makanan yang direkomendasikan bagi anda yang sedang menjalani diet, namun ternyata oatmeal merupakan makanan yang akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah serta mampu menjadi makanan yang akan mengontrol kadar gula dalam darah.

Baca: 10 Manfaat Susu Prenagen Esensis Untuk Kebutuhan Ibu Hamil Paling Lengkap

Dengan begitu, oatmeal menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang kami sarankan untuk anda konsumsi, baik anda yang saat ini menjalani diet, maupun anda yang sedang menderita penyakit kencing manis.Dan sama halnya dengan makanan lain yang sudah kami jelaskan, mengkonsumsi oatmeal akan membuat anda kenyang lebih lama.

Kami sarankan ketika anda ingin mengkonsumsi oatmeal, jangan mengkombinasikannya dengan makanan jenis lain karena hal ini hanya akan membuat makanan yang anda konsumsi memiliki kadar gula yang tinggi.