Tahapan Penyakit Sifilis yang Harus Bidhuaners Ketahui

0
3217
sifilis Treponema pallidum

Tahapan Penyakit Sifilis yang Harus Bidhuaners Ketahui. Apa itu penyakit sifilis? Penyakit sifilis (Syphillis) merupakan salah satu jenis infeksi penyakit menular seksual yang terjadi akibat hadirnya bakteri yang dikenal dengan nama Treponema pallidium.

Penyakit sifilis ini dapat dideteksi dari adanya luka kecil tanpa rasa sakit di organ kelamin, anus atau bahkan di rongga mulut. Luka kecil ini disebut dengan chancre dan seringkali tidak terlihat. Sehingga biasanya sifilispun terjadi selama bertahun – tahun dan tanpa disadari akan mengakibatkan kerusakan pada organ tertentu jika tidak ditangani.

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini ditularkan ketika adanya interaksi seksual baik seks biasa maupun seks oral. Lantas, seperti apa tahapan penyakit sifilis yang harus bidhuaners tahu?

Kami akan berikan uraian informasinya untuk bidhuaners. Yuk simak!

Tahapan Penyakit Sifilis yang Harus Bidhuaners Tahu 

Disini kami akan jelaskan bahwa ada beberapa tahapan dari penyakit sifilis. Apa sajakah tahapan penyakit sifilis ini?

Tahapan pertama penyakit sifilis adalah…

Sifilis Primer

Sifilis primer ini terjadi sesaat setelah infeksi bakteri. Sifilis primer diawali dengan luka chancre yang muncul pada kelamin atau rongga mulut. Kemudian dilanjutkan ke tahapan kedua yaitu…

Sifilis Sekunder

Sifilis sekunder adalah keadaan dimana penderita sifilis mengalami ruam di kulit dan terasa gatal di tenggorokan. Biasanya ruam ini tidak disadari kemunculannya tetapi tiba – tiba saja sudah parah.

Selain ruam, gejala lain yang dirasakan ketika penderita masuk kedalam tahapan sifilis sekunder adalah pusing, lelah, demam, penyusutan berat badan, kerontokan rambut dan gejala lainnya.

Kemudian setelah sifilis sekunder dirasakan, tahapan selanjutnya adalah…

Sifilis Tersier

Kondisi sifilis tersier adalah tahapan paling parah dalam penyakit sifilis. Mereka yang mengalami tahapan sifilis tersier, jika tidak diobati akan menimbulkan kebutaan. Bahkan pendengaran juga bisa terganggu dan mental juga bisa terganggu.

Karena itu penting untuk mencegah terjadinya penyakit sifilis ini. Semoga informasi yang kami uraikan kali ini mengenai Tahapan Penyakit Sifilis yang Harus Bidhuaners Tahu bermanfaat. Jaga kesehatan bidhuaners dan beri pengobatan yang maksimal jika terserang penyakit sifilis.

BACA JUGA