15 Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik Lengkap Beserta Penjelasannya

265

Bidhuan.id – Apa perbedaan sel prokariotik dan eukariotik? Jika Anda pernah belajar ilmu biologi di bangku sekolah atau kuliah, tentu Anda pernah mengenal sel. Sel dalam ilmu biologi dikenal sebagai unit paling kecil dan fungsional dasar dari semua makhluk hidup. Semua organisme pasti memiliki sel, baik yang tersusun dengan kompleks maupun yang sangat sederhana. Termasuk Piramida Makanan yang berlangsung pada masing – masing makhluk hidup.

Sel memang merupakan penyusun utama sekaligus bagian terkecil dari suatu organisme namun berhubungan langsung dengan semua aktivitas di dalam tubuh organisme tersebut. Tugasnya sangat spesifik demi menjamin keberlangsungan hidup sehingga perannya tidak bisa diremehkan meskipun dalam sistemnya juga membutuhkan bagian lain dari tubuh.

Sel menjadi dasar dari semua reaksi tubuh untuk mempertahankan kehidupan. Di dunia ini ada 2 jenis struktur sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Apa perbedaan kedua jenis sel tersebut dan penjelasannya, ayo baca artikel ini sampai selesai.

Pengertian Sel Prokariotik

Sel prokariotik ialah sel yang belum memiliki membrane inti atau inti sel di dalamnya tidak terbungkus membran inti. Sel prokariotik dimiliki oleh makhluk hidup yang memiliki sistem sederhana seperti pada bakteri atau sianobacteria. Istilah sel prokariotik sendiri berasal dari bahasa Yunani. Pro artinya sebelum, dan kariota artinya biji atau kacang. Sehingga diartikan biji (inti sel) belum tertutup bungkus (membran sel).

Pengertian Sel Eukariotik

Nama sel eukariotik juga berasal dari bahasa Yunani, au artinya baik dan akriotik artinya biji atau kacang. Arti keseluruhannya ialah sel yang telah memiliki sebuah membran inti atau inti selnya telah terbungkus oleh membran inti.

Karena telah terbungkus dan memiliki pelindung, maka sel eukariotik akan terlihat jelas perbedaannya dengan bagian lain. Sel eukariotik dimiliki oleh beberapa hewan dan tumbuhan yang tersebar di seluruh tubuh.

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Karena memiliki susunan dasar yang berbeda, jelas sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki berbagai macam perbedaan baik dari segi kinerja maupun fungsinya untuk tubuh makhluk hidup, berikut selengkapnya perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik dari berbagai sisi.

  1. Susunan inti sel

Sel prokariotik tidak memiliki sebuah membran inti atau sering disebut nucleusnya tidak nyata, hanya tersebar di bagian sitoplasma sehingga susunannya sulit untuk dikenali, sedangkan sel eukariotik memiliki sebuah inti sel yang nyata dan memiliki membran inti sehingga dalam tubuh makhluk hidup jika diamati dengan alat khusus akan mudah dikenali susunan dan letaknya.

  1. Ukuran

Sel prokariotik memiliki ukuran diameter 0,2 – 2,0 µm sedangkan ukuran diameter sel eukariotik ialah 10 – 100 µm. Jelas bahwa ukuran sel eukariotik lebih besar daripada sel prokariotik karena sel eukariotik telah memiliki lapisan atau bungkusan khusus (membran inti).

  1. Organel

Organel hanya ada di sel eukariotik yang semua bagiannya telah tersusun oleh membran inti, membran inti yang membentuk organel tersebut ada berbagai macam tergantung dari jenis makhluk hidup itu sendiri, diantaranya ialah mitokondria,lisosom, reticulum endoplasma, dan organel sel lainnya.

  1. Flagela

Flagela pada sel eukariotik disusun oleh banyaknya mikrotubula, sedangkan pada sel prokariotik, flagella tersusun dari kandungan 2 protein.

  1. Glikokaliks

Sel prokariotik memiliki glikokaliks yang berbentuk seperti kapsul dan memiliki lapisan lendri, sedangkan sel eukariotik tidak memilikinya karena telah terlindung oleh membran inti.

  1. Dinding sel

Dinding sel yang kompleks dimiliki oleh sel prokariotik, dinding selnya memiliki kandungan peptidoglycan, sedangkan sel eukariotik memiliki dinding sel dari kompisisi kimia yang lebih sederhana.

  1. Membran sel

Jika sel prokariotik memiliki pelindung khusus yang di dalamnya terdapat karbohidrat serta sedikit steroid, sedangkan membran sel yang dimiliki oleh sel eukariotik memiliki kandungan yang lebih lengkap dan lebih banyak karbohidrat serta steroidnya, perbedaan ada dan tidaknya membran sel ini membuat sel eukariotik bisa berfungsi sebagai reseptor.

  1. Sitoplasma

Sel eukariotik memiliki sitoskeleton dan aliran sitoplasma, dan hal tersebut tidak dimiliki oleh sel prokariotik.

  1. Ribosom

Ribosom adalah salah satu komponen penting di dalam sel, ribosom ini tersusun dari protein. Ribosom dimiliki oleh sel prokariotik dan sel eukariotik namun ukurannya berbeda, ukuran ribosom pada sel prokariotik lebih luas dan besar dibandingkan dengan ukuran ribosom milik sel eukariotik.

  1. Kromosom

Pada sel prokariotik terdapat kromosom sirkular namun tidak memiliki kandungan histon, sedangkan sel eukariotik memiliki kormosom berbentuk multiple linear dan memiliki kandungan histon di dalamnya.

  1. Pembelahan sel

Adalah suatu proses membagi sel induk menjadi dua atau lebih sel anak. Sel prokariotik membelah diri dengan cara biner (membelah diri secara sederhana) sehingga jumlahnya bsia emnajdi banyak dalam waktu yang singkat, dan sel eukariotik membelah diri dengan cara mitosis (membelah diri dengan berbagai fase).

  1. Cara reproduksi

Merupakan cara berkembang atau memperbanyak diri. Reproduksi sel dilakukan dengan cara meiosis (dengan mengurangi jumlah kromosom di tubuhnya untuk menghaislkan sel baru) dan dengan cara konjugasi (dengan cara transfer genetic ke sel lainnya hingga terjadi penyatuan dan terbentuk sel baru).

Sel prokariotik tidak bisa melakukan meiosis dan melakukan konjugasi dalam sistem reproduksinya, sedangkan sel eukariotik melakukan reproduksi dengan cara meiosis.

  1. Permeabilitas

Yaitu parameter atau ukuran kemampuan untuk meloloskan diri. Sel prokariotik memiliki permeabilitas selektif sedangkan pada sel eukariotik tidak.

  1. Kloroplas

Kloroplas merupakan bagian khusus yang mengandung klorifil (zat hijau), kloroplas terdapat pada hampir semua jenis tumbuhan namun tidak terdpaat pada semua sel, kloroplas ini hanya terdapat pada tumbuhan yang memiliki sel prokariotik dalam susunan tubuhnya.

  1. Operon

Operan adalah unit ekspesi yang mengatur tindakan dari sebuah sel atau gen, operon berhubungan dengan genetika. Hanya dimiliki oleh sel prokariotik

Itulah perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik serta penjelasan lengkapnya, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda.