Vitamin Imboost, Obat Untuk Meningkatkan Sistem Imun

118
Vitamin Imboost, Obat Untuk Meningkatkan Sistem Imun
Vitamin Imboost, Obat Untuk Meningkatkan Sistem Imun

Bidhuan.id – Apa itu Vitamin Imboost? Imboost merupakan suplemen yang berguna dalam meningkatkan metabolisme serta sistem kekebalan tubuh. Obat ini mengandung beberapa zat aktif seperti zinc picolinate sebesar 10 mg dan enchinacea purpurea sebesar 250 mg. Kombinasi dari kandungannya dipercaya mampu meningkatkan dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sekedar informasi bahwa sistem kekebalan tubuh harus benar-benar kita jaga. Jika sistem imun tubuh menurun bisa mengakibatkan tubuh kita mudah terserang penyakit. Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini jangan sampai sistem kekebalan tubuh kita menurun.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kekebalan tubuh seseorang menurun diantaranya:

  • Sering bergadang, kurang tidur bisa menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Kebiasaann ini bisa menurunkan jumlah sel yang berperan dalam melawan kuman. Berdasarkan peneliti University of Chigago, bahwa orang yang tidur selama 4 jam membuat tubuhnya hanya mampu menghasilkan antibodi sebesar 50 persen.
  • Stress, memiliki perasaan selalu berada dalam tekanan dan juga stres bisa menjadi indikasi sistem kekebalan tubuh menurun. Bukan itu saja, kondisi ini berakibat pada pekerjaaan atau kegiatan yang malah semakin kacau. Maka dari itu, hilangkan stress dengan berbagai cara, misalnya berlibur atau bermain game. Melakukan yoga juga bisa menjadi solusi.
  • Selalu serius, serius memang dibutuhkan untuk situasi tertentu. Namun tidak semua kondisi atau hal harus ditanggapi dengan serius. Seseorang harus mampu memposisikan dirinya kapan harus serius dan kapan tertawa. Ternyata, tertawa mampu meningkatkan jumlah sel yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tertawa juga mampu menurunkan stres.

Itulah beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari menjadi sebab sistem imun kita menurun. Selain menghindari beberapa kebiasaan di atas, penting untuk mengkonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh benar-benar terjaga. Suplemen yang mampu memenuhi ekspektasi tersebut adalah vitamin Imboost.

Suplemen ini sebenarnya memiliki beberapa varian, misalnya Imboost tablet, Imboost force extra strength, Imboost kids sirup, Imboost force, Imboost force sirup. Setiap varian tersebut biasanya diberikan dengan menyesuaikan usia pasien dan kondisi tubuhnya. Obat ini bisa ditemukan dengan cukup mudah di apotek terdekat.

Baca: Imunisasi DPT, Apa Fungsi Serta Efek Sampingnya ?

Mengenal Vitamin Imboost

Mengenal Vitamin Imboost
Mengenal Vitamin Imboost

Sebenarnya, bahan utama dari vitamin Imboost yaitu ekstrak tumbuhan bernama echinacea. Tumbuhan ini masih satu keluarga dengan bunga aster. Ekstrak bunga inilah yang dipercaya mampu menjaga kekebalan tubuh serta melindungi seseorang dari gejala pilek dan juga batuk.

Sekedar informasi bahwa echinacea mengandung 4 senyawa aktif yang saling bekerja sama dalam meningkatkan dan menjaga sistem imun. Keempat senyawa tersebut yaitu  glikoprotein, alkamida, urunan asam caffeic, dan polisakarida. Namun memang untuk efek ekstrak tumbuhan ini dalam menangkal penyakit masih mengalami perdebatan.

Namun sampai sekarang, echinacea masih dilaporkan hanya untuk mengurangi gejala flu dan juga pilek dan mempercepat proses pemulihan. Namun ekstrak tumbuhan ini masih belum diketahui mampu mengatasi penyakit. Sementara itu, zinc picolinate berperan dalamm memenuhi kebutuhan zinc bagi ibu hamil. Zinc merupakan zat yang diperlukan untuk perkembangan bayi yang dikandungnya.

1. Manfaat Vitamin Imboost

Seperti apa yang telah kami jelaskan bahwa vitamin Imboost merupakan obat yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Memiliki sistem imun yang bagus membuat kita bisa terhindar dari serangan virus yang bisa menyerang kapan saja.

2. Dosis Obat

Dosis Obat
Dosis Obat

Di bawah ini kami akan menginformasikan terkait takaran dosis yang tepat berdasarkan anjuran medis.

  • Tablet, dosis yang diberikan kepada orang dewasa adalah 1 kaplet yang diminum sebanyak 3 kali sehari.
  • Tablet effervescent, dosis ini harus diminum sebanyak 1 sampai dengan 2 tablet setiap hari.
  • Tablet kunyah, sebenarnya untuk dosis ini diperuntukkan bagi anak-anak dengan ketentuan:
    • Anak-anak yang memiliki usia lebih dari 6 tahun, dosisnya sebanyak 2 tablet dan diberikan 3 kali dalam sehari.
    • Dosis untuk anak-anak di atas 6 tahun, maka dosisnya sebanyak 2 tablet dan diberikan antara 1 sampai 2 kali sehari.
  • Sirup, informasi seputar dosis vitamin Imboost dalam bentuk sirup, yaitu:
    • Anak-anak yang usianya di atas 6 tahun, dosisnya 1 sendok teh dan diberikan 3 kali dalam sehari.
    • Anak-anak yang usianya di bawah 6 tahun, maka dosisnya 1/2 sendok teh untuk  3 kali dalam sehari.

Lalu dalam sediaan apa vitamin Imboost tersedia? Obat ini tersedia dalam beberapa sediaan yaitu:

  • Tablet 4 dan 10 butir (strip) yang di dalamnya mengandung ektrak dari Echinacea purpurea sebanyak 250 mg dan Zinc Piccolinate sebanyak 10 mg.
  • Tablet effervescent yang tersedia dalam tube yang mengandung ektrak dari Echinacea purpurea sebanyak 250 mg dan Zinc Piccolinate sebanyak 10 mg, serta vitamin C sebanyak 500 mg.
  • Imboost Kids (tablet hisap) yang di dalamnya mengandung Echinacea purpurea sebanyak 125 mg dan Zinc Piccolinate sebanyak 2,5 mg
  • Imboost Kids sirup yang mengandung Echinacea purpurea sebanyak 250 mg dan Zinc Piccolinate sebanyak 5 mg.

Baca juga: Imboost Force Kapsul dan Syrup: Manfaat, Dosis, Aturan Minum dan Harga

3. Efek Samping

Lalu bagaimana dengan efek samping yang ditimbulkan akibat mengkonsumsinya? Beberapa efek samping tersebut seperti mual, mati rasa, dan juga merasakan sensasi kesemutan di bagian lidah, bibir, dan juga mulut. Efek samping obat biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, jika anda merasa bahwa efek samping yang anda alami malah semakin parah, segera hubungi dokter. Sementara itu, untuk reaksi alergi yang bersifat serius masih jarang terjadi. Namun reaksi alergi akan semakin tinggi jika vitamin Imboost diminum oleh seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma.

Adapun beberapa reaksi alergi yang muncul adalah sebagai berikut:

  • Pusing parah
  • Ruam
  • Bengkak atau gatal, terutama pada wajah, tenggorokan, dan lidah
  • Sulit bernapas

Efek samping tersebut tidak dialami semua orang yang mengkonsumsinya. Mungkin ada efek samping lainnya yang tidak kami sebutkan. Jika anda memiliki kekhawatiran terhadap efek samping yang bisa anda alami, terutama selain yang sudah kami sebutkan, anda bisa bertanya kepada apoteker maupun dokter.