8 Obat Mencret Dan Diare Anak Sampai Orang Dewasa

287
Atagip sebagai obat mencret ampuh
Atagip sebagai obat mencret ampuh

Bidhun.id – Seperti apa obat mencret untuk digunakan oleh anak-anak sampai dengan orang dewasa? Mencret merupakan sebuah kondisi dimana fases berbentuk cair. Biasanya, mencret identik dengan penyakit diare meskipun tidak semua orang yang menderita mencret akan selalu terkena diare.

Seseorang yang mengalami mencret, akan membuat perutnya merasa sangat sakit dan juga ia akan sering bolak-balik kamar mandi. Bahkan, mencret juga bisa menyebabkan badan penderitanya menjadi lemas dan kurang bertenaga. Hal ini karena tenaganya sudah digunakan oleh bolak-balik kamar mandi. Maka dari itu, penting bagi anda semuanya untuk menyimak penjelasan dari kami seputar apa saja obat mencret dewasa dan anak yang terbukti manjur dan bisa digunakan oleh semua orang.

Obat Mencret Ampuh 100%

Saat ini memang sudah banyak pengobatan mencret yang bisa anda dapatkan. Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan cara tradisional atau ingin menggunakan cara-cara modern. Cara tradisional adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang memang sudah dari dulu berfungsi untuk mengatasi mencret. Sementara itu cara modern adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa anda beli di apotek dengan berbagai macam merk dan harganya.

Dari kedua jenis pengobatan yang anda jalani, kami lebih menyarankan untuk mencoba memakai pengobatan tradisional terlebih dahulu. Tujuannya adalah tidak semua mencret harus selalu diminumkan obat mencret di apotek. Apalagi jika mencretnya tidak terlalu parah. Lalu apa saja obat mencret yang memang terbukti ampuh tersebut? Di bawah ini akan kami berikan referensinya untuk anda.

Baca: 4 Merk Obat Mencret Dewasa yang dijual di Apotik

1. Obat mencret anak

Obat mencret anak
Obat mencret anak

Seperti apa yang sudah kami jelaskan di awal bahwa mencret bisa dialami bukan hanya oleh orang dewasa, melainkan juga dialami oleh anak-anak. Pengobatan terhadap anak-anak sudah tentu berbeda dengan pengobatan yang diberikan atau dilakukan kepada orang dewasa. Mengenai mencret, obat yang disarankan untuk pertama kali diminum adalah larutan rehidrasi oral. Fungsi dari larutan ini adalah untuk mengatasi masalah dehidrasi atau kekurangan cairan dan juga elektrolit yang terjadi ketika anak mengalami mencret.

Di dalam larutan tersebut, terkandung elektrolit yang akan berguna di dalam mengembalikan cairan tubuh. Namun yang harus anda ingat bahwa larutan tersebut tidak memiliki fungsi di dalam mengatasi mencret yang dialami oleh anak anda. Fungsi dari pemberian larutan ini adalah untuk mengganti atau mengisi cairan tubuh yang banyak terkuras bersamaan dengan fases yang keluar.

Dengan begitu, anak anda tidak akan mengalami kelalahan maupun juga lemas yang biasanya dialami oleh seseorang yang menderita mencret. Berikan minuman ini minimal 1 sampai dengan 2 kali dalam sehari.

Baca: 4 Obat Diare Dewasa Terbaik Yang Tersedia Di Apotek

2. Obat mencret alami dengan makan pisang

Obat mencret alami dengan makan pisang
Obat mencret alami dengan makan pisang

Apakah anda tahu jika ternyata pisang bisa menjadi salah satu pengobatan mencret dan diare yang terbukti ampuh? Alasan mengapa pisang bisa dijadikan sebagai pengobatan mencret yang ampuh adalah karena di dalamnya mengandung suatu zat yang bernama pektin. Kandungannya memang cukup tinggi dimana pektin sendiri merupakan zat yang diperlukan untuk memadatkan feses.

Yang perlu anda lakukan adalah dengan rutin makan pisang, minimal 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Dengan membiasakan diri makan pisang, maka ketika anda buang air besar feses anda akan padat sehingga anda bisa sembuh dari mancret yang mengganggu anda tersebut. Selain itu, pisang juga akan membantu mengurangi rasa sakit pada perut yang seringkali dialami oleh seseorang yang mengalami masalah pada saluran pencernaannya.

3. Pengobatan mencret untuk bayi 100% manjur

Pengobatan mencret untuk bayi 100% manjur
Pengobatan mencret untuk bayi 100% manjur

Penanganan pada bayi yang mengalami mencret harus dilakukan dengan berhati-hati. Salah memberikan obat malah bisa menyebabkan kondisi bayi semakin memburuk. Selain itu, penanganan mencret pada bayi juga cenderung lebih sulit dibandingkan dengan orang dewasa meskipun obatnya tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Bagi bayi yang mengalami mencret, maka penanganan pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan obat untuk mencegah dehidrasi.

Obat tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah ASI yang harus diberikan dalam waktu lebih lama dibandingkan kondisi biasa. Selain itu, bayi tersebut disarankan untuk diberikan oralit sebanyak 1/2 gelas air. Pengobatan ini hanya boleh dilakukan terhadap bayi yang usianya kurang dari 1 tahun. Sementara itu, 1 gelas larutan oralit diberikan kepada bayi yang sudah berusia di atas 1 tahun.

Baca juga: Lodia, Merk Obat Diare Yang Ampuh Mengobati Diare Tak Kunjung Sembuh

Setelah itu, jika mencret yang dialami tidak kunjung sembuh maka disarankan untuk memberikan obat antibiotik. Namun, pemberian obat antibiotik ini sudah tentu harus benar-benar pas dengan usia dan kondisi bayi. Jika anda tidak tahu mana obat antibiotik yang cocok untuk bayi anda, maka lebih baik anda bertanya kepada dokter.

4. Obat mencret untuk ibu hamil

Obat mencret untuk ibu hamil
Obat mencret untuk ibu hamil

Sekarang kami akan menjelaskan mengenai obat apa yang sekiranya paling tepat diberikan kepada ibu hamil yang menderita mencret atau diare. Sama halnya dengan anak-anak, penanganan mencret terhadap ibu hamil juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal ini karena obat yang diminum oleh ibu hamil jangan sampai memberikan masalah atau dampak negatif terhadap bayi yang dikandungnya.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan jenis obat yang akan diberikan kepada ibu hamil di dalam mengatasi mencret. Salah satu obat yang diberikan adalah berupa air kelapa. Air kelapa ternyata menjadi salah satu pengobatan mencret yang terbukti manjur digunakan untuk mengatasi masalah mencret atau diare yang dialami oleh ibu hamil.

Selain berguna sebagai larutan atau ciaran oralit, air kelapa juga memiliki fungsi yakni sebagai antioksidan. Dipercaya jika kandungan yang terdapat dalam air kelapa akan berfungsi meningkatkan stamina serta membantu melancarkan sirkulasi darah. Namun diingat, pengobatan dengan air kelapa terhadap ibu hamil hanya berfungsi mengatasi dehidrasi saja.

Jika ternyata mencret yang dialami tidak kunjung sembuh, maka tidak ada cara lain selain anda memberitahu dokter tentang kondisi yang anda alami tersebut. Dengan begitu, nanti dokter akan langsugn menyarankan anda meminum obat tersebut atau melakukan cara-cara tertentu demi kesembuhan untuk ibu hamil dan bayi.

5. Obat mencret dewasa dengan Loperamide

Obat mencret dewasa dengan Loperamide
Obat mencret dewasa dengan Loperamide

Obat mencret dan juga diare yang disarankan untuk digunakan oleh orang dewasa adalah Loperamide. Loperamide merupakan salah satu merk obat untuk penanganan mencret dan juga diare yang terbukti ampuh. Kandungan yang terdapat di dalam obat inilah yang nanti akan membantu membuat feses menjadi padat. Dengan begitu, mencret yang dialami akan semakin lama semakin sembuh.

Baca: 5 Obat Sakit Perut Dan Masalah Lambung Tanpa Efek Samping

Cara kerja dari Loperamide adalah dengan menghambat kinerja usus sehingga makanan yang masuk ke dalam usus bisa tertahan dalam waktu yang lebih lama dan pada akhirnya feses pun menjadi padat. Loperamide bukan hanya termasuk obat untuk orang dewasa saja. Obat ini juga bisa diminum oleh anak-anak yang berusia lebih dari 12 tahun. Apalagi jika mencret yang dialami tersebut sudah masuk ke tahap akut.

Ada hal penting yang perlu anda pahami sebelum anda mulai membeli dan menggunakan obat ini. Loperamide hanya digunakan sebagai obat yang mampu mengatasi berbagai gejala yang berhubungan dengan mencret atau diare. Artinya, bagi anda yang sudah menderita diare atau mencet dalam waktu lama atau kondisinya sudah sangat parah, maka yang harus anda lakukan adalah dengan segera menghubungi dokter.

6. Atagip sebagai obat mencret ampuh

Mungkin tidak sedikit dari anda yang masih belum tahu bahwasanya ada sebuah obat bernama Atagip yang berfungsi untuk mengatasi mencret atau diare pada orang dewasa. Atagip bsia menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda maupun keluarga anda yang terkena diare atau mencret. Atagip hanya boleh digunakan oleh orang dewasa serta anak-anak yang usianya sudah melebihi 12 tahun.

Jadi, untuk anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun dan hendak mengkonsumsi Atagip, maka lebih baik menggunakan obat lainnya. Bahkan anak-anak di bawah 12 tahun masih lebih disarankan untuk menggunakan pengobatan tradisional sehingga tidak menimbulkan efek samping yang hanya akan merugikan atau membuat kondisi anak anda menjadi lebih buruk.

Dosis dari Atagip adalah 2 tablet yang nantinya harus diminum setelah buang air besar. Penggunaan Atagip tidak boleh sampai melebihi 12 tablet dalam waktu 1 hari atau 24 jam. Jika diare atau mencret yang diderita sudah tidak ada tanda-tanda kesembuhan, maka disarankan untuk langsung menghubungi dokter.

7. Apa obat mencret paling mujarab?

Pertanyaan yang satu ini kerap ditanyakan oleh mereka yang merasa bahwa obat-obatan yang selama ini diminum tidak memberikan hasil yang memuaskan. Sebenarnya pengobatan terhadap mencret atau diare terbilang manjur bukan hanya bergantung pada merk obat yang diminum. Pengobatan tersebut juga bergantung kepada kesesuaian antara merk obat dengan seseorang yang mengkonsumsinya.

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi adalah dosis dan juga apakah anda mengkonsumsinya secara rutin atau malah tidak. Maka dari itu, faktor terpenting yang harus anda perhatikan adalah bukan hanya merk obatnya melainkan juga takaran dosis dan seberapa sering dan rutin anda mengkonsumsi obat tersebut apakah sesuai dengan ketentuan atau tidak.

Baca juga: 20 Penyebab Diare, Gejala, Ciri dan Cara Mengatasinya

8. Obat mencret untuk ibu menyusui

Obat mencret untuk ibu menyusui
Obat mencret untuk ibu menyusui

Selain ada obat mencret yang diperuntukkan untuk ibu hamil, ada juga obat yang memang diperuntukkan untuk ibu menyusui. Seperti yang kita tahu bahwa tidak boleh mengkonsumsi obat secara sembarangan bagi ibu hamil dan juga menyusui. Alasannya karena dikhawatirkan obat tersebut nantinya malah mengalir bersamaan dengan ASI dan kemudian terminum oleh anaknya.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan jenis obat yang nantinya akan digunakan oleh ibu hamil di dalam mengatasi masalah diare yang tidak kunjung sembuh. Salah satu pengobatan yang bisa dimanfaatkan adalah daun jambu biji. Daun jambu biji memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui banyak orang. Salah satu manfaat yang terkandung di dalamnya adalah dengan obat alami untuk mengatasi mencret dan diare.

Penggunaan daun jambu biji nantinya akan diambil perasannya dan langsung diminum. Caranya pun sangat sederhana dimana anda harus menyiapkan beberapa lembar daun jambu biji yang sudah anda cuci sebelumnya. Setelah itu anda bisa merebusnya dengan air secukupnya dan kemudain anda saring lalu anda minum. Selain itu, anda juga bisa langsung memakannya yakni dengan meremas daun tersebut dan campurkan dengan garam halus.