7 Obat Pilek Anak Agar Cepat Sembuh dari Flu

171
7 Obat Pilek Anak Agar Cepat Sembuh 100%
7 Obat Pilek Anak Agar Cepat Sembuh 100%

Bidhuan.id – Obat pilek anak yang terbukti ampuh itu apa saja? Ketika buah hati mengalami pilek, semua orang tua akan merasa khawaitr. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh pada buah hati kita masih belum sekuat pada orang dewasa. Flu atau yang merupakan singkatan dari influenza merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus yang terjadi pada saluran pernapasan. Penyakit ini mudah menyebar melalui udara. Maka dari itu, orang yang terserang flu harus sebisa mungkin memakai masker dan menghindarkan kontak terlalu dekat ketika berbicara.

Pada saat buah hati kita terserang pilek, maka ia harus segera diberikan obat pilek anak yang memang sudah terbukti ampuh mengatasi pilek. Anda bisa menentukan sendiri apakah ingin memberikan obat herbal kepada anak anda maupun menggunakan obat-obatan yang dijual di toko obat. Namun sebelum anda memutuskan membeli obat tersebut, pastikan bahwa anda sudah mengecek perihal kandungan dari obat tersebut agar tidak sampai salah memberikan kepada anak anda.

Obat Pilek Untuk Anak Cepat Sembuh

Sudah banyak obat-obatan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pilek yang dialami buah hati anda. Obat-obatan tersebut, ada yang berbentuk tablet dan cair. Ada juga obat yang merupakan obat herbal atau tradisional maupu juga ada obat dijual di apotek dengan berbagai macam merk, kandungan, maupun juga harga.

Di bawah ini akan kami berikan beberapa obat pilek anak terbaik yang bisa menjadi salah satu obat yang anda pilih untuk membuat si kecil lekas sembuh dari pilek yang tentunya menggangu aktivitasnya.

1. Obat pilek anak tradisional

Obat pilek anak tradisional
Obat pilek anak tradisional

Perlu anda tahu bahwasanya pengobatan pilek bagi anak-anak memang harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai anda malah salah memberikan obat yang hanya akan merugikan anak anda. Disarankan agar anda lebih memilih obat tradisional dibandingkan dengan obat kimiawi yang nantinya malah bisa menimbulkan efek samping kepada yang mengkonsumsinya.

Ada beberapa obat tradisional yang bisa anda pilih, antara lain yaitu:

  • Madu

    • Sudah tidak bisa dipungkiri bahwa memang madu memiliki banyak manfaat. Selain digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam, madu juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi pilek pada anak.
    • Kandungan yang ada di dalam madu yang nantinya berperan sebagai anti bakteri dan anti peradangan. Selain itu, dengan meminum madu maka akan membuat badan anak anda menjadi lebih hangat.
    • Untuk membuatnya sangat mudah, anda tinggal langsung meminumkan madu tersebut ke anak anda sebanyak kurang lebih 1 sendok untuk 2 sampai 3 kali dalam sehari.
  • Air garam

    • Air garam juga bisa menjadi solusi terbaik untuk anak anda yang mengalami pilek. Kandungan garam juga berfungsi meredakan pilek yang sering menimbulkan peradangan.
    • Untuk membuatnya tentunya sangat mudah. Anda tinggal memasukkan 1 sendok garam dengan air hangat.
    • Disarankan untuk langsung meminumnya selagi masih hangat agar supaya tenggorokan juga akan semakin reda.
    • Minum ramuan ini minimal 2 kali dalam sehari agar supaya ramuan tersebut dapat bekerja lebih maksimal.
  • Jahe

    • Selain madu, jahe juga merupakan salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan. Kandungan yang terdapat dalam jahe juga akan membantu menghangatkan tubuh anak anda dan juga akan meredakan tenggorokan akibat pilek.
    • Untuk membuat ramuan ini, anda perlu mencucinya terlebih dahulu dan kemudian anda mulai memotongnya menjadi dua bagian.
    • Siapkan air hangat dan kemudian anda masukkan jahe yang anda siapkan tadi ke alam air hangat. Aduk perlahan-lahan sampai dirasa bahwa jahe sudah bercampur dengan air hangat.
    • Minumkan ramuan ini selagi masih hangat sebanyak minimal 2 kali dalam sehari.
    • Dijamin pilek yang dialami anak anda akan cepat reda asalkan anda menggunakannya secara rutin.

Baca: 12 Obat Pilek Anak Yang Bagus dan Terbaik dan Cepat Selesaikan Masalah Flu Pada Anak

2. Obat pilek anak usia 3 tahun dengan OBH Combi Anak

Obat pilek anak usia 3 tahun dengan OBH Combi Anak
Obat pilek anak usia 3 tahun dengan OBH Combi Anak

Obat yang menjadi salah satu pilihan di dalam mengatasi pilek anak adalah OBH Combi Anak. Obat ini mungkin sudah sering anda temukan di televisi karena memang kerap muncul di televisi maupun media sosial. Kandungan yang ada di dalam OBH Combi Anak digunakan sebagai obat untuk mengatasi gejala pilek seperti demam, batuk, dan juga hidung tersumbat serta sakit kepala.

OBH Combi Anak diperuntukkan untuk anak-anak yang berusia 2 sampai dengan 5 tahun. Harga yang harus anda keluarkan untuk membeli obat ini adalah Rp. 11.900 untuk setiap 60 ml. Obat yang terbukti ampuh dan menjadi salah satu solusi terbaik di dalam mengatasi pilek atau juga gejala pilek yang dapat menggangu aktivitas buah hati anda.

Sementara untuk dosisnya adalah sebanyak 3 sendok setiap harinya. Dosis tersebut sama dengan 5 ml sirup per hari. Disarankan untuk meminum obat ini setelah makan guna menghindarkan anak anda dari terkena masalah seperti mual. Dengan meminum obat ini secara rutin, maka pilek yang dialami anak anda akan cepat sembuh.

3. Obat pilek anak ampuh dengan Bodrexin Flu

Obat pilek anak ampuh dengan Bodrexin Flu
Obat pilek anak ampuh dengan Bodrexin Flu

Sama halnya dengna OBH Combi Anak, mungkin anda juga sudah sering menemukan obat ini diiklankan di televisi maupun media sosial. Merk obat yang juga menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi pilek pada anak yang tidak kunjung sembuh. Kandungan acetol yang ada di dalam obat ini bermanfaat sebagai penurun demam yang mana kondisi tersebut juga sering dialami oleh penderita pilek.

Disarankan untuk meminum Bodrexin Flu sebanyak 1 sendok takar untuk 3 kali sehari. Harga yang harus anda keluarkan untuk membeli obat ini adalah Rp. 12.000. Anda bisa mendapatkannya bukan hanya di apotek, melainkan di toko atau kios-kios kecil yang ada di sekitar rumah anda. Bahkan mungkin anda juga bisa membelinya di mini market.

Jika anda memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan dosis maupun hal lain tentang Bodrexin Flu, maka anda bisa mengeceknya sendiri pada bagian kemasan obat tersebut. Selain itu, anda juga bisa bertanya kepada dokter jika memang diperlukan.

4. Panadol Sirup sebagai obat flu dan pilek untuk anak 2 tahun

Obat Panadol memang bukan hanya digunakan untuk pengobatan pusing atua sakit kepala untuk orang dewasa. Obat ini juga berguna di dalam pengobatan bagi anak-anak yang menderita flu atau pilek. Akan tetapi, bentuk obat ini sedikit berbeda jika digunakan untuk anak-anak. Yakni, berbentuk sirup atau obat cair.

Jika buah hati anda masih berusia 2 tahun atau minimal di bawah 6 tahun, maka disarankan untuk meminum Panadol Sirup sebagai pengobatan pilek. Di dalam Panadol Sirup, terkandung setidaknya 160 mg paracetamol untuk setiap takaran sebanyak 5 ml botol. Dosis yang harus diberikan adalah sebanyak 3 sampai dengan 4 kali per hari.

Harga yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp. 40.000 untuk takaran 60 ml juga menjadi salah satu yang menjadi pertimbangan mengapa banyak orang yang lebih memilih Panadol Sirup dibandingkan merk obat yang lainnya. Dengan menggunakan Panadol Sirup secara rutin, maka anak anda bisa segera sembuh dari penyakit pilek dan flu yang sudah cukup lama menyiksanya.

Namun, jika penggunaan Panadol Sirup ternyata tidak memberikan hasil yang positif terhadap kesembuhan anak anda, maka anda harus segera melaporkan kondisi anak tersebut ke dokter.

5. Obat pilek anak cair dengan Sanmol

Obat pilek anak cair dengan Sanmol
Obat pilek anak cair dengan Sanmol

Mungkin tidak banyak dari anda yang mengetahui tentang obat Sanmol. Obat yang juga dijadikan sebagai pilihan utama ini memang sangat berguna di dalam mengobati pilek yang diderita oleh anak-anak. Obat ini juga berfungsi untuk meredakan nyeri yang juga terkadang ditimbulkan oleh seseorang yang menderita flu.

Dosis yang harus diberikan bagi mereka yang hendak menggunakan Sanmol adalah 1 sampai dengan 2 sendok takar untuk diminum sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Perlu diingat bahwasanya setiap takaran harus mengandung 2,5 sampai dengan 5 ml. Tidak diperbolehkan melebihi dosis tersebut karena hanya akan semakin menimbulkan permasalahan pada buah hati anda.

Adapun untuk harga yang harus anda bayarkan untuk membeli Sanmol adalah Rp. 13.000. Harga yang sudah tentu sangat murah dibandingkan dengan harga obat lainnya. Selain itu, khasiat yang ada di dalam obat akan membuat buah hati anda segera sembuh dari pilek yang selama ini mengganggunya.

6. Obat flu anak Triaminic

Obat flu anak Triaminic
Obat flu anak Triaminic

Di dalam Triaminic terkandung zat bernama pseudoepherine yang berfungsi untuk meredakan pilek dan juga hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh. Obat ini menjadi salah satu yang digunakan karena memang khasiatnya sudah terbukti ampuh. Meskipun sebenarnya Triaminic tidak seterkenal obat lainnya yang sudah sering masuk tv, namun bukan berarti khasiat yang ada di dalamnya kurang baik jika dibandingkan dengan obat merk lainnya.

Baca juga: 12 Obat Pilek Anak yang Manjur untuk Mengobati Flu dan Harganya

Untuk harga yang harus anda bayarkan untuk membeli Triaminic adalah Rp. 66.000 per botol. Meskipun harganya dirasa cukup mahal, namun harga tersebut sudah sesuai dengan khasiat yang ada di dalamnya. Untuk dosis yang harus anda gunakan adalah sebanyak 3 kali per hari. Gunakan obat tersebut secara rutin guna membuatnya bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Sementara itu, untuk penyimpanan Triaminic disarankan harus menyimpannya di tempat yang tidak terlalu lembab. Dan yang tidak kalah penting adalah anda harus menyimpannya di tempat tidak berdekatan dengan benda-benda yang bau menyengat.

7. Obat batuk anak di atas 1 tahun dengan Proris

Obat pilek anak selanjutnya yang juga bisa menjadi salah satu pilihan anda di dalam mengatasi pilek buah hati yang tidak mau hilang adalah dengan Proris. Selain digunakan sebagai pereda pilek, Proris juga digunakan sebagai obat yang ampuh untuk menurunkan demam maupun juga nyeri yang biasanya ditimbulkan akibat mengalami flu.

Hal ini dikarenakan Proris mengandung ibuprofen yang nantinya akan berperan sebagai anti peradangan maupun juga anti radang yang sangat ampuh digunakan untuk mengobati masalah pilek pada buah hati anda. Anda harus ingat bahwasanya Proris hanya boleh diminum oleh anak yang sudah berusia di atas 1 tahun. Tepatnya sudah berusia 1 sampai dengan 7 tahun.

Dosis yang harus diberikan untuk anak-anak yang berusia antara 1 sampai dengan 3 tahun adalah 1/2 sendok dan diberikan 3 sampai dengan 4 kali sehari. Sementara itu, dosis yang harus diberikan kepada anak-anak yang usianya di antara 3 sampai dengan 7 tahun adalah sebanyak 3 sampai dengan 4 kali sehari untuk 1 sendok teh. Sama halnya dengan menggunakan obat merk lain, Proris juga harus diminum secara rutin guna meningkatkan kinerja dan keefektifan dari obat ini.