11 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Secara Alami Dan Di Apotek

117
Obat Batuk Untuk Ibu Hamil

Bidhuan.id – Apa yang anda ketahui mengenai obat batuk untuk ibu hamil? Pada dasarnya batuk merupakan sebuah kondisi wajar yang bisa dialami siapapun. Batuk merupakan sebuah respon alami dari tubuh untuk mengeluarkan zat yang berpotensi berbahaya. Mekanisme pengeluaran zat tersebut melalui batuk. Batuk memiliki dua macam jenis. Yang pertama batuk kering dan batuk basah atau batuk berdahak.

Seseorang yang mengalami batuk biasanya akan sembuh tanpa pengobatan apapun. Akan tetapi, tidak sedikit juga batuk tersebut tak kunjung sembuh. Kondisi tersebut akan membuat siapapun merasa khawatir, terlebih jika dialami oleh ibu hamil. Oleh sebab itu, penting bagi anda mempelajari apa saja obat batuk untuk ibu hamil yang bisa anda gunakan.

Beberapa merk obat batuk untuk ibu hamil tersebut bisa anda buat dengan bahan-bahan tradisional sampai dengan yang anda beli di toko obat alias apotek.

Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman

Ada beragam obat batuk yang memang diperuntukkan untuk ibu hamil. Obat batuk tersebut tentu saja harus merupakan obat batuk yang aman karena juga berhubungan dengan janin yang dikandung. Jika seseorang sembarangan mengkonsumsi obat batuk, maka dikhawatirkan malah bisa menggangu kesehatan bayi yang sedang dikandungnya.

Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa daftar nama obat batuk apa saja yang bisa dan boleh diberikan kepada ibu hamil. Meskipun begitu, obat tersebut harus tetap diminum dengan takaran dosis yang tepat. Jika tidak, maka batuk yang dialami malah akan semakin parah dan malah menggangu kondisi kandungannya.

1. Obat batuk untuk hamil 8 bulan

Obat batuk untuk hamil 8 bulan
Obat batuk untuk hamil 8 bulan

Obat batuk yang diperuntukkan bagi ibu yang mengandung 8 bulan adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti yang kita tahu bahwa jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaatkan, baik untuk orang hamil maupun tidak. Beberapa manfaat dari jeruk adalah sebagai bahan kecantikan, pereda tenggorokan gatal dan juga untuk meredakan sariawan.

Selain itu, jeruk nipis juga merupakan obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk yagn dialami oleh ibu hamil. Selain itu, penggunaan sebagai obat batuk juga tidak akan menimbulkan efek samping. Bagi anda yang ingin menggunakan jeruk nipis, maka anda bisa membuatnya sebagai jus.

Selain itu, anda bisa memakannya secara langsung. Disarankan untuk menggunakan obat ini secara rutin, minimal pagi dan sore hari. Dengan begitu, batuk yang anda alami akan cepat sembuh.

2. Silex sebagai obat batuk bagi ibu hamil di apotek

Silex sebagai obat batuk bagi ibu hamil di apotek
Silex sebagai obat batuk bagi ibu hamil di apotek

Siapa yang tidak tahu silex? Obat batuk yang satu ini bahkan sudah banyak yang menggunakannya. Banyak orang yang sudah percaya dan membuktikan sendiri khasiat yang terkandung di dalam silex. Harga yang harus dikeluarkan untuk membeli silex adalah Rp. 60.000. Memang harga yang mahal, namun sesuai dengan khasiat yang terkandung di dalamnya.

Tidak heran jika silex menjadi obat pilihan utama bagi ibu hamil yang mengalami batuk. Anda harus menggunakan obat batuk silex dengan takaran dosis yang sesuai seperti apa yang ada pada kemasan obat tersebut. Obat ini terbukti akan mengatasi batuk yang anda alami dalam waktu yang singkat.

Namun ada hal penting yang harus anda ingat, jika anda mengalami masalah pada penggunaan silex, maka anda harus tidak diperbolehkan melanjutkan penggunaan obat ini. Anda sebaiknya harus segera menghubungi dokter guna memperoleh penanganan segera.

3. Obat batuk untuk ibu hamil muda

Obat batuk untuk ibu hamil muda
Obat batuk untuk ibu hamil muda

Bagi anda yang saat ini sedang hamil muda dan mengalami batuk, maka anda bisa memanfaatkan jus jeruk. Jus jeruk juga menjadi salah satu obat yang dipilih bagi anda yang menjalani kehamilan di trisemester pertama. Jeruk tidak akan menimbulkan efek samping bagi anda yang mengkonsumsinya. Bahkan, gangguan lain yang anda alami seperti sariawan maupun bibir kering pun bisa disembuhkan dengan menggunakan jeruk.

Sama halnya dengan penggunaan obat lainnya untuk ibu hamil, penggunaan jeruk pun harus diberikan sesuai dengan takarannya. Gunakan sebanyak 2 kali setiap harinya guna mendapatkan pengobatan yang lebih efektif. Selain itu, anda juga harus menggunakan jus jeruk tersebut secara rutin. Minum satu gelas penuh sampai habis. Disarankan untuk menggunakan jeruk tanpa campuran gula atau pemanis apapun, kecuali madu.

Namun tidak sedikit juga yang menyarankan agar menghindari minum jus jeruk ketika batuk karena hanya akan menyebabkan masalah pada ibu hamil.

Baca: 4 Merk Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil dan Janin

4. Batuk ketika hamil tua dengan mengkonsumsi laserin

Batuk ketika hamil tua dengan mengkonsumsi laserin
Batuk ketika hamil tua dengan mengkonsumsi laserin

Mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar merk obat yang satu ini. Laserin seringkali diiklankan, baik di media sosial maupun elektronik. Harga yang lebih murah dibandingkan dengan silex juga menjadi salah satu pertimbangan mengapa lebih memilih menggunakan laserin. Ya, obat ini dijual dengan harga sebesar Rp. 20.000. Harga yang terbilang turun 3 kali lipat jika dibandingkan dengan obat silex.

Dengan rutin mengkonsumsi laserin, maka batuk yang tak kunjung sembuh tersebut akan bisa sembuh. Asalkan anda harus menggunakannya secara tepat, baik mengenai dosis dan waktu mengkonsumsi obat ini. Jika anda menggunakan sesuai medis, maka anda bisa sembuh lebih cepat dari batuk yang anda alami.

5. Obat batuk ketika hamil 7 bulan dengan mengkonsumsi benacol

Obat batuk ketika hamil 7 bulan dengan mengkonsumsi benacol
Obat batuk ketika hamil 7 bulan dengan mengkonsumsi benacol

Mungkin anda masih belum tahu jika ada brand yang bernama benacol sebagai obat batuk ibu hamil. Benacol merupakan salah satu obat batuk yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil. Obat ini merupakan salah satu obat yang direkomendasikan karena memang khasiatnya sudah tidak perlu dipertanyakan. Untuk harga yang harus anda keluarkan cenderung lebih murah, yakni Rp. 15.000 setiap botolnya.

Meskipun harganya lebih murah dibandingkan laserin atau bahkan silex, namun batuk yang anda alami akan cepat sembuh dengan meminum benacol secara rutin. Namun anda harus tahu bahwasanya benacol hanya diperbolehkan untuk diminum sebagai pengobatan jangka pendek. Jika anda ingin menggunakan obat batuk benacol untuk jangka panjang, silahkan anda tanyakan hal tersebut kepada dokter.

6. Komix sebagai obat batuk untuk ibu hamil

Pernahkah anda mengetahui obat komix? Tentu mayoritas atau bahkan semuanya mengatakan bahwa anda mengetahuinya. Obat komix sendiri sering muncul di televisi. Obat ini memiliki kegunaan untuk mengobati batuk, khususnya batuk berdahak atau batuk basah. Harga untuk komix sendiri bermacam-macam. Kurang lebih anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 5000 per sachet jika anda membeli yang ukuran sachet.

Namun apakah komix merupakan obat batuk yang aman untuk ibu hamil? Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan. Obat komix masuk ke dalam kategori C. Dengan kata lain, komix bisa menimbulkan resiko jika diminum oleh ibu hamil. Hal ini nantinya juga dikhawatirkan malah dapat menggangu kesehatan bayi yang dikandung.

Di bawah ini merupakan beberapa kategori obat berdasarkan FDA atau Badan Pengawas Obat dan juga Makanan dari Amerika Serikat:

  • A: Tidak menimbulkan resiko
  • B: Tidak ditemukan resiko dalam beberapa studi yang telah dilakukan
  • C: Berpotensi mengalami resiko
  • D: Terdapat bukti positif mengenai resiko
  • X: Berhubungan dengan kontraindikasi
  • N: Tidak diketahui

7. Obat batuk ambroxol untuk ibu hamil

Ambroxol bukan hanya digunakan sebagai obat batuk. Obat ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu dapat juga digunakan sebagai obat pilek. Ambroxol banyak yang berpendapat bahwa ia cocok dan tidak akan menimbulkan gangguan jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk harga dari obat ini sebesar Rp. 500 per tablet. Harga tersebut sangat murah sekali, namun obat ini tetap memiliki khasiat yang tidak kalah dengan obat lainnya yang lebih mahal.

Namun, jika obat ambroxol dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, maka disarankan agar ia memegang resep dokter. Hal ini bertujuan agar ibu hamil tidak sampai mengalami permasalahan selama mengkonsumsi ambroxol. Terlebih lagi, penggunaan ambroxol tidak sampai menyebabkan permasalahan pada bayi yang sedang dikandung.

8. Obat batuk mextril untuk pengobatan batuk berdahak

Jika batuk yang dialami anda berupa batuk berdahak, maka mextril bisa menjadi solusi terbaik. Obat ini memang memiliki manfaat yang salah satunya sebagai pengobatan batuk berdahak yang diderita oleh ibu hamil. Adapun harga yang harus anda keluarkan jika ingin memperoleh mextril adalah sebesar Rp. 15.000 per botol. Harga tersebut cenderung lebih murah dibandingkan obat lainnya.

Baca: Obat Batuk Silex untuk Ibu Hamil: Kegunaan, Efek samping, Dosis dan Harga

Khasiat dari mextril sudah terbukti dan sudah banyak pasien yang telah membuktikannya. Yang harus anda perhatikan adalah penggunaannya harus sesuai dengan apa yang sudah ada di kemasan obat ini. Jika anda ingin menggunakan mextril dalam waktu lama, sebaiknya anda bicarakan perihal tersebut dengan dokter.

9. Obat batuk untuk ibu hamil dan menyusui dengan air perasan kencur

Kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat mudah anda dapatkan. Kencur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat batuk. Selain itu, obat ini juga bukan hanya diperbolehkan diminum oleh ibu hamil, ibu menyusui pun juga tidak masalah jika harus menggunakan air perasan kencur.

10. Obat batuk ibu hamil usia 5 bulan

Bagi anda yang sekarang usia kandungannya mencapai 5 bulan, maka kami sarankan agar menggunakan air rebusan jahe sebagai obat batuk alami dan ampuh. Kita tahu bahwa jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat jahe adalah sebagai obat batuk, baik untuk seseorang dalam kondisi hamil atau tidak.

Kandungan yang ada pada jahe memang akan membantu meredakan batuk dan tenggorokan sakit. Untuk penggunaanya sangat mudah. Anda perlu menyiapkan satu atau minimal 2 ruas jahe yang sudah anda cuci. Kemudian anda rebus menggunakan api sedang.

Ketika sudah dan airnya berkurang sedikit, anda tinggal menyaring dan meminum air rebusan jahe tersebut. Minum ramuan ini minimal dua kali per hari untuk hasil yang lebih memuaskan.

11. Obat batuk merk Alco Plus DMP untuk ibu hamil

Obat batuk untuk ibu hamil yang juga bisa menjadi pilihan bagi anda adalah alco plus DMP. Untuk mendapatkannya, anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 55.000 per botol. Harga yang sebanding dengan khasiat yang ada pada obat tersebut. Obat ini bukan hanya berfungsi untuk meredakan batuk, melainkan juga efektif sebagai obat pereda pilek.

Hal ini karena alco plus DMP mengandung pseudophedrine yang memang termasuk ke dalam zat anti bakteri sehingga batuk yang anda alami akan cepat sembuh.