8 Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Rekomendasi dan Perlu Dicoba

2057
8 Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Rekomendasi dan Perlu Dicoba
8 Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Rekomendasi dan Perlu Dicoba

Bidhuan.id – Obat penurun panas anak yang bagus selalu dicari oleh para bunda. Demam atau panas pada anak anak menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua, tidak sedikit sakit panas yang berujung pada penyakit lain yang berbahaya dimana tubuh panas memang hanya sebagai gejala sebuah penyakit atau respon tubuh ketika terjadi perubahan metabolisme, bukan sebagai penyakit utama. Dalam kondisi apapun, sebaiknya anda siap sedia obat penurun panas buat buah hati tercinta. Jika sewaktu – waktu terjadi demam, anda bisa memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu.

Baca juga : obat panas dalam untuk ibu hamil obat medis dan obat herbal

Ketika anak anak terjangkit panas, sebelum membawa ke dokter, Anda dapat memberinya pertolongan pertama dengan istirahat cukup, menambah asupan cairan, dan memberikan obat penurun panas, namun harus disesuaikan juga dengan gejala lain atau kondisi penyertanya. Penjelasan mengenai obat penurun anak yang bagus berikut akan membantu Anda menentukan pengobatan terbaik untuk anak secara mandiri tanpa resep dokter.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Pertama Tempra Syrup

Tempra Syrup adalah merk dagang obat penurun panas anak yang memiliki sediaan atau bentuk berupa larutan cair sehingga mudah dikonsumsi untuk anak. tempra untuk obat penurun panas mengandung Paracetamol 160 g pada setiap satu sendok takarnya. Tempra Syrup bekerja dengan cara meredakan peradangan pada tubuh yang menyebabkan terjadinya panas.

Obat Penurun Panas Tempra
Obat Penurun Panas Tempra

Selain itu juga bisa meredakan jika terdapat bagian tubuh yang nyeri, misalnya panas anak yang terjadi karena kelelahan atau akibat trauma. Tempra Syrup tersedia pada kemasan 30 ml, 60 ml, dan ukuran yang paling besar 100 ml.

Dosis dan cara penggunaannya ialah :

  • Usia < 2 tahun , harus dengan resep dokter.
  • Usia 2 sd 3 tahun , 5 ml (1 sendok takar) diberikan sehari 3 sd 4 kali.
  • Usia 4 sd 5 tahun , 1,5 sendok takar diberikan 3 sd 4 kali.
  • Usia 6 sd 8 tahun , 2 sendok takar diberikan 3 sd 4 kali sehari

Obat diberikan setelah makan dengan air putih. Obat memiliki varian rasa yang manis sehingga tidak akan menyulitkan untuk diberikan pada anak anak dimana anak anak umumnya suka dengan minuman atau jajan yang manis. Imbangi dengan memperbanyak asupan air putih dan istirahat cukup. Jika panas tidak ada penurunan sama sekali dalam waktu 2 hari segera bawa anak ke dokter.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Kedua Termorex

Obat Penurun Panas Termo Rex
Obat Penurun Panas Termo Rex

Termorex ialah obat penurun panas anak yang bagus dengan sediaan larutan atau sirup. Kandungan di dalamnya ialah Paracetamol 160 mg per 1 sendok takarnya. Obat ini bermanfaat untuk meredakan panas yang disertai gejala sakit lain seperti flu, panas karena proses imunisasi dpt, dan panas yang disertai nyeri tubuh misalnya sakit gigi. Termorex tersedia di pasaran dalam kemasan 30 ml dan 60 ml.

Termorex dikonsumsi dengan dosis :

  • Usia 0 sd 1 tahun , ½ sendok takar 3 kali sehari.
  • Usia 1 sd 2 tahun , 1 sendok takar 3 kali sehari.
  • Usia 2 sd 6 tahun , 2 sendok takar 3 kali sehari.
  • Usia 9 sd 12 tahun , 3 sendok takar 3 kali sehari.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Ketiga Dumin

Obat Penurun Panas Dumin
Obat Penurun Panas Dumin

Dumin ialah obat penurun anak yang bagus dengan kandungan Paracetamol 120 mg per 1 sendok takar. Obat memiliki bentuk larutan atau sirup. Obat ini selain ampuh menurunkan panas, juga dapat meringankan nyeri karena sakit kepala dan sakit gigi pada anak anak.

Obat yang dapat dikonsumsi dengan bebas tanpa resep dokter ini memiliki aturan pakai dengan dosis sama seperti Termorex, yakni disesuaikan sesuai dengan umurnya. Dumin hanya tersedia pada kemasan 60 ml.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Ke Empat Pamol

Sesuai dengan namanya, obat penurun anak yang bagus ini juga berisi Paracetamol (Pamol)120 mg per 1 sendok takar. Pamol aman diminum oleh anak anak tanpa menggunakan resep dokter dengan dosis berikut :

  • Usia 3 bulan sd 1 tahun , 1 sendok takar 3 kali sehari.
  • Usia 1 sd 6 tahun , 2 sendok takar 3 kali sehari.
  • Usia 7 sd 12 tahun , 3 sendok takar 3 kali sehari.
  • Usia > 12 tahun , 4 sendok takar 3 kali sehari.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Ke Lima Sanmol

Sanmol ialah obat penurun panas anak yang bagus yang memiliki 2 bentuk sediaan, yaitu tablet dan larutan atau sirup. Obat ini mampu menurunkan panas dan meredakan berbagai macam nyeri. Dalam bentuk sirup, Sanmol memiliki kandungan Paracetamol 120 mg per 1 sendok takar, sedangkan pada bentuk tabletnya berisi Paracetamol 500 mg per tablet. Dosis diberikan sesuai dengan umur sesuai aturan pakai yang tertera dalam kemasan.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Ke Enam Praxion

Praxion memiliki 3 jenis sediaan, yaitu Praxion suspensi yang berbentuk cair dan dikonsumsi dengan sendok takar, Praxion drops memiliki bentuk cair dan diberikan dengan menggunakan pipet tetes, dan Praxion forte suspensi yang memiliki tambahan kandungan berupa vitamin daya tahan tubuh dan diberikan dengan sendok takar.

Penggunaan dapat diberikan pada anak anak sesuai aturan pakai yang telah tertera dalam kemasan dimana telah dituliskan dosis sesuai umur, secara umum dosis tersebut sama dengan dosis untuk pemberian obat penurun panas anak lainnya.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Ke Tujuh Paracetine

Paracetine merupakan obat penurun panas anak yang bagus dengan kandungan paling lengkap dibanding obat penurun panas lainnya, dalam 1 sendok takar Paracetine berisi Paracetamol 120 mg, anti nyeri, antihistamin, dan dekongestan. Dengan kandungannya tersebut, obat ini tidak hanya mampu meredakan panas saja namun juga menyembuhkan batuk, flu, dan sakit kepala. Gunakan obat ini sesuai dengan aturan pakai atau dengan petunjuk dokter.

Obat Penurun Panas Anak yang Bagus Ke Delapan Proris Ibuprofen

Proris Ibuprofen ialah obat penurun panas anak berbentuk sirup atau cair yang sekaligus bisa meredakan radang. Obat ini tidak boleh digunakan anak anak usia di bawah 1 tahun. Dosisnya ialah 20mg per kg berat badan per hari yang dibagi menjadi 3 kali minum, dalam pemberian obat ini Anda harus mengetahui dengan tepat berapa berat badan anak sehingga dapat memberikan dosis tepat sesuai kebutuhan.

Demikian yang bisa penulis ulas secara lengkap pada pembahasan kali ini mengenai obat penurun panas anak yang bagus. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua dan terima kasih.

Baca juga : obat panas anak tradisional dan apotik