Dextral Obat Apa : Manfaat, Indikasi, Kontraindikasi, Dosis, cara Penggunaan dan Efek Samping

1037
Dextral Obat Apa - Manfaat Indikasi Kontraindikasi Dosis cara Penggunaan dan Efek Samping
Dextral Obat Apa - Manfaat Indikasi Kontraindikasi Dosis cara Penggunaan dan Efek Samping

Bidhuan.id – Dextral obat apa? Bagi Anda yang pernah menderita flu atau batuk dan memperhatikan obat yang diberikan oleh dokter atau yang dibeli di Apotek, dan menemui obat Dextral dalam paket obat yang ditebus. Mungkin Anda bertanya tanya Dextral obat apa, apakah sebagai bahan utama untuk menyembuhkan batuk kering dan tenggorokan gatal atau hanya sebagai obat pendampingnya.

Dextral
Dextral

Dextral obat apa? Dextral memang dapat dipadukan dengan obat lain sesuai tujuan penggunaannya, misalnya untuk sakit flu yang disertai batuk berdahak yang tak kunjung sembuh, tentu akan berbeda dengan obat sakit flu yang disertai batuk kering atau demam. Nah, untuk lebih memahami Dextral obat apa dan segala hal hal penting tentang Dextral, yuk simak informasi lengkapnya.

Baca juga : 5 obat batuk alami untuk batuk kering dan berdahak tanpa efek samping

Dextral Obat Apa?

Dextral ialah obat kombinasi untuk meredakan sakit batuk. Dextral memiliki mafaat untuk mengatasi batuk karena alergi, hidung gatal, bersin bersin, dan hidung tersumbat, bersin, flu. Meskipun Dextral ialah obat yang dijual bebas di Apotek tanpa resep dokter, namun dalam penggunaannya harus hati hati, harus memperhatikan indikasi dan kontraindikasi, dosis, serta efek samping yang mungkin terjadi.

Di Apotek, Dextral tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan cair atau sirup. Adapun kandungan detail dalam Dextral ialah :

  • Dekstrometorfan HBr 10 mg.
  • Gliseril guaiacolate 50 mg.
  • Fenilpropanolamin HCl 12,5 mg.
  • Klorfeniramin maleat 1 mg.

Manfaat Dextral

Manfaat Dextral
Manfaat Dextral

Tiap kandungan dalam Dextral memiliki manfaat khusus untuk meredakan batuk, yaitu :

  • Dekstrometorfan

Bermanfaat untuk meredakan batuk kering, zat ini bekerja dengan cara menekan atau menghambat refleks batuk pada tubuh di pusat syaraf otak. Zat ini tak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang dan penggunaan pada penderita asma atau prokok berat harus dengan resep dokter.

  • Gliseril Guaiacolate

Memiliki cara kerja untuk mengencerkan dahak di trakhea dan bronki serta merangsang dahak tersebut untuk keluar melalui faring.

  • Fenilpropanolamin

Zat ini bermanfaat untuk menyusutkan pembuluh darah yang terdapat di area hidung bagian dalam dan saluran nafas pada paru paru. sebab itu, zat ini ampuh untuk mengatasi iritasi pada hidung terseumbat karena flu dan penyumbatan pada saluran nafas.

  • Klorfeniramin maleat

Ialah zat yang bermanfaat sebagai anti iritasi dan anti alergi, seperti mengatasi rasa gatal di tenggorokan, bersin bersin, pembengkakan di hidung karena flu, mata berair, dan kemerahan pada kulit.

Dengan demikian, secara umum Dextral merupakan obat batuk yang umumnya disebabkan karena alergi. Dextral mampu mengatasi batuk dengan segala rasa tidak nyaman yang menyertai seperti hidung tersumbat atau pilek, tenggorokan kering dan gatal, batuk berdahak, demam, dan bersi bersin.

Indikasi dan Kontraindikasi Dextral

Dextral dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki sakit batuk disertai dengan gejala lain, Dextral aman digunakan oleh anak anak, dewasa, hingga lansia. Dalam penggunaannya sudah terdapat penjelasan mengenai dosis dan aturan pakai di kemasan produk, namun jauh lebih baik untuk menggunakannya dengan konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Indikasi dan Kontraindikasi Dextral
Indikasi dan Kontraindikasi Dextral

Tidak semua orang dapat mengkonsumsi Dextral, penderita batuk dengan kondisi medis berikut dilarang untuk mengkonsumsi :

  • Memiliki alergi pada kandungan obat.
  • Penderita tekanan darah tinggi, jantung, dan kencing manis atau diabetes.
  • Oranag yang mengkonsumsi obat anti depresi.

Dosis dan Cara Penggunaan Dextral

Dosis yang tepat ialah sesuai anjuran dokter, namun secara umum Dextral dapat dikonsumsi dengan dosis berikut :

  • Usia > 12 tahun, 1 tablet sebanyak 3 kali sehari.
  • Usia 6 sd 12 tahun, ½ tablet sebanyak 3 kali sehari.

Cara penggunaan ialah dengan air putih setelah selesai makan.

Efek Samping Dextral

Seperti halnya obat lain yang memang bekerja untuk melawan penyakit dalam tubuh dan bereaksi dengan organ dalam serta metabolisme tubuh, obat Dextral juga berpotensi menimbulkan efek samping, beberapa hal yang mungkin terjadi ialah :

  • Mengantuk.
  • Gangguan pencernaan dan gerak.
  • Detak jantung menjadi lebih cepat.
  • Mulut terasa kering.
  • Sulit buang air kecil.

Efek samping umumnya jarang terjadi jika digunakan dalam dosis yang tepat dan diimbangi dengan gaya hidup sehat, istirahat cukup, dan menjauhi makanan yang merangsang timbulnya batuk seperti makanan berlemak, terlalu asin, atau pedas.

Peringatan dan Perhatian Dextral

Sebelum dan selama Anda menggunakan obat Dextral ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan efektifitas obat dan mendapat manfaat yang lebih besar dari resikonya, perhatikan hal hal berikut :

  • Dilarang menggunakan obat Dextral bagi penderita tekanan darah tinggi yang berpotensi stroke, orang yang memiliki berat badan berlebih, dan orang yang memiliki penyakit lain seperti dijelaskan pada kontraindikasi.
  • Hati hati untuk penderita ginjal, gangguan fungsi hati, dan sulit buang air kecil, harus menggunakan obat atas dasar resep dokter agar tidak mempengaruhi atau memperberat penyakit yang diderita.
  • Obat tidak untuk anak anak di bawah usia 6 tahun.
  • Obat memiliki efek samping mengantuk, dianjurkan untuk tidak melakukan aktifitas berat atau membawa kendaraan secara mandiri selama penggunaan obat.
  • Jika dalam 3 hari penggunaan, batuk tak juga reda, segera hubungi dokter untuk mendapat pemeriksaan dan tindakan medis.
  • Dextral tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui.
  • Simpan obat Dextral dalam ruangan yang sejuk dan jauh dari lembab atau panas, penggunaan untuk anak anak yang mengharuskan membagi tablet menjadi 2 bagian lakukan dengan kondisi tangan yang benar benar bersih dan simpan kembali dalam wadah yang tersedia.
  • Imbangi dengan menghindari makanan yang merangsang batuk dan istirahat cukup agar obat Dextral dapat bekerja secara maksimal.

Demikian yang bisa kami berikan pada ulasan kali ini dengan pembahasan mengenai dextral itu apa. Jika anda menyimaknya dengan baik, pasti pengetahuan anda akan bertambah dan tentu saja bisa membawa manfaat positif bagi anda semua. Salam.

Baca juga : 4 obat batuk tradisional berdahak dan tidak berdahak