5 Obat Diare Herbal Dan Apotek Paling Mujarab

572
5 Obat Diare Herbal Dan Apotek Paling Mujarab
5 Obat Diare Herbal Dan Apotek Paling Mujarab

Bidhuan.id – Apa saja obat diare herbal yang terbukti ampuh? Sebenarnya kali ini kami bukan hanya akan memberikan informasi mengenai obat herbal untuk pengobatan diare, melainkan juga beberapa merk obat diare ternama yang dijual di apotek yang bisa anda dapatkan untuk mengobati diare yang anda alami.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia memiliki banyak obat diare, baik berupa herbal maupun kimiawi yang bisa anda beli di apotek yang mana beberapa obat tersebut harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu karena memang merupakan obat resep.

Obat diare tersebut ada yang menimbulkan efek samping ataupun tidak. Namun perlu anda ketahui bahwa sebenarnya efek samping di sini tidak semuanya akan dialami oleh setiap orang atau pasien yang mengkonsumsi obat diare, melainkan ia bisa mengalami atau merasakan efek samping tersebut jika sebelumnya ia memiliki masalah berupa penyakit atau kondisi tertentu lainnya.

Obat Diare Herbal dan Apotek

Berikut ini akan kami berikan beberapa referensi mengenai obat-obatan apa saja yang bisa anda gunakan untuk mengatasi diare yang tak kunjung sembuh yang tentu saja akan mengganggu seluruh aktivitas anda.

1. Obat diare dengan menggunakan yogurt

Obat diare dengan menggunakan yogurt
Obat diare dengan menggunakan yogurt

Tahukah anda bahwa yogurt ternyata bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi diare yang anda alami? Yogurt memang merupakan salah satu makanan yang sangat mudah anda dapatkan, namun ternyata tidak banyak orang yang tahu mengenai khasiat atau indikasi yang terkandung dalam yogurt bahwa ia berguna untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan.

Hal ini dikarenakan di dalam yogurt terkandung bakteri yang bernama Lactobacillus acidophilus dan juga Bifidobacterium yang memang termasuk bakteri baik dan bermanfaat bagi anda.

Bagi anda yang ingin menggunakan yogurt untuk pengobatan diare, maka yang harus anda lakukan adalah dengan membiasakan diri mengkonsumsi yogurt secukupnya setiap hari. Sekedar tambahan bagi anda yang ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal, maka anda bisa mengkonsumsi pisang karena pisang juga bermanfaat untuk membantu memperlancar pencernaan.

Sebelum itu, silahkan anda simak informasi berikut ini yang masih ada kaitannya dengan diare Leaflet Diare dan tentang perbandingan Entrostop atau Diapet sebagai Obat Anti Diare.

2. Obat diare dengan menggunakan jahe

Obat diare dengan menggunakan jahe
Obat diare dengan menggunakan jahe

Memang tidak bisa dipungkiri lagi khasiat yang terkandung di dalam Jahe. Jahe merupakan bumbu dapur yang selalu menjadi bahan utama atau campuran di dalam pembuatan obat karena memang jamur memiliki manfaat untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan saluran pernapasan dan pencernaan.

Ternyata jahe juga mampu digunakan untuk membantu mengobati diare yang tak kunjung sembuh dimana nanti kandungan yang ada di dalam jahe akan membantu dalam mengatari nyeri yang dialami pada saat menderita diare.

Untuk cara penggunaannya sendiri pun tidak jauh berbeda dengan ketika anda ingin mengatasi gangguan pada saluran pernapasan. Anda hanya perlu memotong jahe menjadi beberapa bagian dan lalu anda parut. Jangan lupa untuk menambahkan madu dan lalu anda tinggal memakannya.

Kami tidak menganjurkan anda langsung minum setelah melakukan pengobatan ini. Cara lain yang juga boleh anda lakukan adalah mencampurkannya dengan teh hangat seperti halnya ketika membuat teh jahe.

3. Obat diare dengan menggunakan loperamide

Obat diare dengan menggunakan loperamide
Obat diare dengan menggunakan loperamide

Loperamide merupakan merk obat yang cukup terkenal dan memang telah dipercaya akan khasiat yang terkandung di dalamnya untuk mengatasi diare. Adapun cara kerja dari loperamide adalah dengan memperlambat cara kerja usus besar sehingga akan memberikan waktu untuk menyerap makanan.

Pada tahap ini, fases anda akan menjadi lebih padat sehingga tidak akan cair ketika anda buang air besar. Indikasi atau kegunaan loperamide yang juga bisa anda rasakan adalah obat ini akan membantu anda agar supaya tidak menglami dehidrasi dimana seseorang yang menderia diare akan sangat beresiko mengalami dehidrasi atau kekuarangan caicaran pada tubuh.

Untuk dosis dari loperamide bisa anda peroleh melalui resep dokter atau informasi yang ada di kemasan obat ini. Untuk dosis umumnya adalah sebanyak 4 mg dan harus dikonsumsi pada waktu pertama kali buang air besar, kemudian akan dilanjut sebanyak 2 mg pada saat selesai buang air besar lagi.

Baca: Pilihan Obat Herbal Diare yang Terbukti Ampuh

4. Obat diare dengan menggunakan bismuth subsalicylate

Bismuth subsalicylate merupakan merk lain yang juga bisa menjadi alternatif bagi anda. Obat yang satu ini juga cukup terkenal dimana cara kerja dari Bismuth subsalicylate adalah dengan mencegah perkembangan bakteri yang menjadi salah satu penyebab anda menderita diare.

Obat ini akan memberikan keuntungan bagi anda karena juga akan bekerja untuk membantu memperkuat dinding pada lambung anda dan juga usus karena Bismuth subsalicylate mengandung zat aktif bernama gen sitoprotektif. Kegunaan lainnya adalah dengan mengkonsumsi obat ini secara teratur, maka anda akan terhindar dari mual.

5. Obat diare dengan menggunakan attapulgite

Attapulgite akan membantu membuat fases anda menjadi lebih padat karena cara kerja obat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan loperamide yang akan memperlambat kinerja usus besar.

Anda bisa mengkonsumsi attapulgite baik sebelum atau ketika sudah makan, namun kami menyarankan agar supaya anda mengkonsumsi obat ini sesaat setelah makan agar supaya mampu dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi attapulgite secara rutin, maka anda juga bisa terhindar dari dehidrasi yang juga menjadi salah satu masalah yang sering dialami para penderita diare.

Demikian informasi dari kami mengenai apa saja obat diare herbal dan apotek yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.