Obat Pengencer Dahak : Macam Nama Obat di Apotek dan Penjelasannya

1831
Obat Pengencer Dahak - Macam Nama Obat dan Penjelasannya
Obat Pengencer Dahak - Macam Nama Obat dan Penjelasannya

Bidhuan.id – Ketika Anda mengalami sakit batuk, umumnya Anda akan segera mengobati baik dengan obat alami, membeli obat di Apotek, atau menjalani pengobatan di dokter. Jika Anda melakukan pengobatan sakit batuk secara mandiri atau tanpa resep dari dokter, harus diketahui terlebih dahulu sakit batuk yang diderita merupakan sakit batuk yang berdahal atau tidak.

Baca juga 4 obat batuk kering untuk anak anak dan orang dewasa

Sebab jika mendapat obat yang tidak sesuai, sakit batuk tersebut dapat semakin bertambah berat dan berbahaya karena sakit batuk berhubungan erat dengan kerja saluran nafas. Pada kesempatan kali ini, penulis membahas mengenai mengobati sakit batuk berdahak dengan tepat yakni menggunakan obat pengencer dahak.

Obat Pengencer Dahak
Obat Pengencer Dahak

Apa Itu Dahak dan Penggunaan Obat Pengencer Dahak?

Dahak ialah lendir (mukus) yang seringkali terdapat pada sakit batuk yang mengganggu dan menyumbat saluran pernafasan sehingga membuat kerja paru paru menjadi lebih berat. Ketika terjadi batuk itu sendiri sebenarnya merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan dahak tersebut agar tidak menyumbat dan tidak menyebabkan sesak.

Jika sakit batuk berdahak diobati dengan obat batuk kering yang tidak terdapat kandungan obat pengencer dahak maka akan berbahaya sebab mengakibatkan dahak semakin tidak bisa keluar dan pernafasan terasa semakin sesak. Sebab itulah, dahak harus disembuhkan tidak dengan cara ditekan yakni menggunakan obat pengencer dahak.

Obat Pengencer Dahak

Pada dasarnya, obat pengencer dahak yang berada di pasaran baik yang dijual secara bebas ataupun dengan resep dokter memiliki kandungan 2 zat dasar yaitu Mukolitik (mengencerkan dahak) dan Ekspektoran (mengeluarkan dahak melalui batuk). Masing masing zat tersebut penulis ulas selengkapnya dalam pembahasan berikut.

  1. Obat Pengencer Dahak Mukolitik

Mukolitik adalah sejenis obat yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Obat ini bekerja dengan cara melepas ikatan zat pembentuk dahak yakni sulfidril pada mucuprotein dan mukopolisakarda sehingga kedua zat tersebut melemah kekuatannya dan menurunkan konsistensi menjadi lebih encer.

Obat Pengencer Dahak Mukolitik
Obat Pengencer Dahak Mukolitik

Hasil akhirnya ialah dahak tidak lagi bersifat kental dan menjadi mudah dikeluarkan dari tenggorokan dan saluran pernafasan terasa jauh lebih lega bebas dari dahak. Obat pengencer dahak dengan kandungan mukolitik dapat membantu pasien yang terkena penyakit paru paru dan batuk yang kronis.

  • Indikasi dan Kontraindikasi

Obat pengencer dahak mukolitik dapat dikonsumsi dan bermanfaat untuk : Orang dengan penyakit saluran pernafasan akut seperti radang paru paru, bronkitis asmatik, dan bronkitis akut, Untuk pengobatan kondisi batuk berdahak yang kental dan tebal, Untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Obat pengencer dahak mukolitik tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang alergi zat mukolitik, memiliki penyakit ginjal, dan memiliki penyakit hati.

  • Merk Dagang

Obat pengencer dahak mukolitik dapat dipasarkan atau dijual di Apotek dengan sediaan berupa bentuk tablet atau larutan cair (sirup). Obat dikonsumsi secara oral atau melalui mulut, beberapa contoh merk obat pengencer dahak yang memiliki kandungan mukolitik ialah : Ambroxol, Siladex, Bisolvon, Bromifar, Dantusil, Flucadex, Komik, Oskadon, dsb.

  1. Obat Pengencer Dahak Ekspektoran

Ekspektoran ialah obat pengencer dahak yang bekerja dengan cara merangsang dahak keluar dari saluran pencernaan. Ekspektoran mampu merangsang selaput lendir lambung yang akan menimbulkan refleks batuk memicu pengeluaran dahak sehingga tingkat kekentalan berkurang dan dahak dikeluarkan dengan mudah.

Obat Pengencer Dahak Ekspektoran
Obat Pengencer Dahak Ekspektoran
  • Indikasi dan Kontraindikasi

Obat pengencer dahak ekspektoran dapat digunakan dan bermanfaat untuk : Orang yang menderita batuk berdahak tahap ringan hingga berat atau akut, Mengobati radang pada bronkus.

Obat pengencer dahak ekspektoran tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi terhadap zat ekspektoran dan memiliki penyakit pada lambung.

  • Merk Dagang

Obat pengencer dahak ekspektoran dapat ditemukan di Apotek dalam beragam merk diantaranya : GG (guifenesin guaiakolat), Wood’s ekspektoran, Bodrex, Hexon, Ikadryl, OBH, Flutamol, Mextril, Decolsin, dsb.

Penggunaan Obat Pengencer Dahak dengan Benar

Ikuti resep dokter atau baca aturan pakai pada kemasan obat pengencer dahak sebelum mengkonsumsi. Obat pengencer dahak dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Hindari membelah atau mengunyah jika obat pengencer dahak berbentuk tablet kecuali dengan saran dari dokter.

Konsumsi obat pengencer dahak dapat dilakuakn dengan bebas tanpa resep dokter. Penggunaan untuk anak anak sebaiknya menggunakan sendok takar yang telah disediakan, sedangkan penggunaan pada ibu hamil dan ibu menyusui harus dengan resep dokter.

Disarankan banyak minum air putih selama mengkonsumsi obat pengencer dahak. Imbangi dengan gaya hidup sehat, istirahat cukup minimal 8 jam sehari, makan makanan yang sehat, dan hindari makanan yang menyebabkan batuk berdahak itu sendiri semakin parah.

Dosis Obat Pengencer Dahak

Obat pengencer dahak dengan umumnya dikonsumsi dengan dosis 2-3 kapsul atau tablet per hari bagi orang dewasa dan 2-3 sendok takar bagi anak anak. Gunakan obat pengencer dahak sesuai dosis yang tertera pada kemasan produk atau konsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker atau dokter jika Anda membutuhkan informasi dan petunjuk yang lebih jelas sesuai kondisi atau kondisi dahak yang dialami.

Efek Samping Obat Pengencer Dahak

Penggunaan obat pengencer dahak umumnya menimbulkan efek samping yang wajar atau tidak berbahaya selama digunakan dalam dosis yang tepat, namun terdapat pula kondisi yang harus diwaspadai jika dahak tak kunjung mereda dan timbul rasa tidak nyaman.

Efek samping yang umum terjadi ialah pusing, mengantuk, dan sedikit mual. Jika terjadi muntah, sakit perut, ruam atau kemerahan pada kulit, dan masalah pada ginjal segera konsultasi pada dokter untuk mendapat tindakan medis.

Baca juga 4 obat batuk kering dan tenggorokan gatal yang terbukti mujarab