5 Jenis Tepung Sebagai Pengganti Tepung Maizena

0
9957
5 Bahan Sebagai Pengganti Tepung Maizena
5 Bahan Sebagai Pengganti Tepung Maizena

Bidhuan.id – Apa anda tahu apa saja bahan yang dijadikan sebagai pengganti tepung maizena? Seperti yang kita tahu bahwa tepung maizena merupakan sebuah tepung yang dibuat dari jagung. Ada beberapa kegunaan dari tepung maizena, seperti membuat saus, sup, atau juga biasanya digunakan untuk membuat kuah masakan yang lainnya agar supaya memiliki tekstur yang lebih kental.

Akan tetapi, terkadang tanpa disadari ternyata tepung maizena yang dibutuhkan tidak cukup atau mungkin belum sempat membelinya di supermarket. Namun anda jangan khawatir karena masih ada beberapa bahan yang ternyata bisa digunakan sebagai pengganti tepung maizena dan memiliki fungsi serta tekstur yang sama.

Pengganti Tepung Maizena

Tepung maizena adalah tepung yang berasal dari hasil pengolahan jagung sehingga kemudian mengandung kadar pati dan juga karbohidrat kompleks. Pada dasarnya, nama maizena sendiri berasal dari sebuah produk yang berasal dari negara Meksiko, namun orang Indonesia malah menyebutnya sebagai tepung jagung atau tepung maizena dan bahkan penyebutan tersebut bertahan sampai sekarang.

Untuk bisa mendapatkan tepung maizena tentu sangat mudah sekali karena banyak dijual di berbagai swalayan maupun juga supermarket. Selain itu, tepung maizena terbukti memiliki banyak manfaat untuk masakan, seperti mengentalkan kuah atau juga bisa dibuat sebagai bahan campuran saus maupun juga sup.

Akan tetapi, apa jadinya jika ternyata kita kehabisan tepung maizena sementara kita benar-benar membutuhkannya? Anda jangan khawatir karena masih banyak bahan lainnya yang bisa anda gunakan sebagai pengganti untuk tepung maizena. Namun sebelum itu, kami ingin membagikan informasi kepada anda seputar resep martabak manis bangka dan original yang juga salah satu bahannya menggunakan tepung maizena.

1. Pengganti tepung maizena yaitu tepung beras

Pengganti tepung maizena yaitu tepung beras
Pengganti tepung maizena yaitu tepung beras

Pengganti tepung maizena yang pertama adalah tepung beras. Anda sudah tentu paham betul bahwa memang tepung beras sangat mudah untuk didapatkan dan bahkan mungkin lebih mudah mendapatkan tepung beras dibandingkan tepung maizena. Tepung beras mampu digunakan untuk mengentalkan makanan.

Yang membedakan antara tepung beras dengan tepung maizena adalah pada takarannya. Jika misalnya anda menggunakan satu sendok tepung maizena, maka anda harus menyamakannya dengan cara memberikan 3 sendok makan tepung beras. Meskipun memiliki beda dalam hal penakaran, namun kekentalan yang disajikan tidak jauh berbeda.

Oleh sebab itu, bagi ibu yang kebingungan karena tepung maizena di dapur tiba-tiba habis sementara anda belum selesai memasak, maka anda bisa langsung menggantinya dengan tepung maizena. Jangan lupa untuk memperhatikan takaran yang sudah kami jelaskan di sebelumnya.

 2. Pengganti tepung maizena yaitu tepung kanji

Pengganti tepung maizena yaitu tepung kanji
Pengganti tepung maizena yaitu tepung kanji

Sama halnya dengan tepung beras, tepung kanji juga merupakan salah satu jenis tepung yang sangat mudah didapatkan. Tepung kanji memang memiliki kegunaan untuk mengentalkan atau mengenyalkan makanan. Salah satu makanan yang menggunakan tepung kanji adalah cilok atau pentol. Hal inilah yang menyebabkan kenapa pentol atau cilok memiliki rasa yang kenyal.

Adapun nama lain dari tepung kanji itu sendiri yakni tepung tapioka yang mungkin sering anda temukan ketika membaca resep sop iga istimewa dan cara membuat bumbu kuah gurihnya. Akan tetapi, anda juga harus benar-benar memperhatikan seberapa banyak takaran yang akan anda gunakan.

Jika anda menggunakan tepung kanji terlalu banyak, maka akan membuat makanan anda benar-benar lengket karena memang sifatnya tidak jauh berbeda dengan sifat lem. Oleh sebab itu, pastikan bahwa anda telah menakar tepung kanji secara benar agar supaya makanan anda tidak terlalu kenyal atau bahkan malah menjadi lengket dan tidak enak dimakan.

3. Pengganti tepung maizena yaitu tepung terigu

Pengganti tepung maizena yaitu tepung terigu
Pengganti tepung maizena yaitu tepung terigu

Apakah anda juga tahu bahwasanya tepung terigu juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan untuk menggantikan tepung maizena? Bagi ibu yang kehabisan tepung maizena di dapur, sementara ibu harus membuat kejutan untuk suami atau anak, maka ibu bisa menggunakan tepung terigu sebagai pengganti tepung maizena. Tidak perlu khawatir karena tingkat kekentalan pada tepung terigu juga tidak kalah dengan tepung maizena asalkan anda benar-benar menakar dengan benar.

Kami sarankan agar belilah tepung terigu yang memiliki kadar protein rendah dan termasuk ke dalam tepung terigu serbaguna. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko swalayan atau kios yang ada di sekitar rumah anda. Sementara untuk warnanya sendiri, tepung terigu cenderung memiliki warna yang lebih keruh dibandingkan dengan tepung maizena.

Baca juga: Cara Membuat Martabak Manis Aneka Rasa dan Topping

Meskipun begitu, ketika anda menakar tepung maizena secara benar untuk masakan anda, maka tentu makanan anda akan tetap lezat dan memiliki kekentalan yang sama dengan ketika anda menggunakan tepung maizena.

4. Pengganti tepung maizena yaitu tepung sagu

Untuk tepung sagu mungkin cenderung lebih sulit didapatkan jika anda tidak mencarinya di supermarket atau toko swalayan yang besar. Tepung sagu dibuat dari bahan berupa sari pati yang berasal dari pohon sagu. Sama halnya dengan kandungan yang ada pada tepung maizena maupun juga tepung terigu, tepung sagu pun di dalamnya juga mengandung amilopektin yang didapat dari kandungan pati.

Kandungan inilah yang nantinya akan membantu proses penyerapan saus maupun juga kuah pada saat dipanaskan. Hal inilah yang kemudian membuat masakan anda menjadi kental. Namun yang harus anda ingat bahwa anda harus benar-benar manakar tepung sagu dengan benar.

Jangan sampai anda menambahkan takaran tepung sagu terlalu banyak karena hal ini hanya akan membuat masakan anda malah menjadi lengket dan bahkan menjadi lembek.

Demikian penjelasan dari kami tentang apa saja pengganti tepung maizena. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

BACA JUGA