Miris! Gaji Supir Transjakarta Lulusan SLTP 3 Kali Lipat Dokter Internship

0
5850
gaji supir dokter internship

Miris! Gaji Supir Transjakarta Lulusan SLTP 3 Kali Lipat Dokter Internship. Seorang dokter mulai membandingkan gaji dokter baru lulus untuk program dokter internship yang lebih rendah tiga kali lipat dari seorang supir Transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih resmi telah membuka lowongan supir bus Transjakarta dengan gaji tertinggi sebesar tiga kali upah minimum provinsi DKI Jakarta atau setara Rp 9 juta lebih dengan kualifikasi minimal lulusan SLTP.

Dikutip dari CNNindonesia.com, Setidaknya ada tiga jenis penghasilan yang akan diberikan pada para sopir yang bergabung.

“Untuk bus single take home pay-nya adalah dua kali upah minimum provinsi (UMP), sementara bus gandeng tiga kali UMP,” kata Kosasih dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/1).

Pada 2016 ini UMP di DKI Jakarta akan menyentuh angka Rp 3,1 juta. Itu artinya sopir bus single akan meraup gaji sekitar Rp6,2 juta, sedangkan sopir bus gandeng mendapatkan Rp9,3 juta.

Sejumlah persyaratan diberikan Kosasih bagi siapa saja yang berminat menjadi sopir bus yang beroperasi di jalur khusus tersebut. Namun syarat utama yang harus dipenuhi adalah mereka bisa memarkirkan bus-bus berukuran besar tersebut, khususnya bus gandeng.

“Iya dong (harus bisa parkir), masa bisa mengendarai tapi tak bisa parkir. Tiap kali berhenti di halte itu sama dengan memarkirkan,” ujarnya.

Syarat lain yang ditetapkan bagi pelamar sopir adalah surat izin mengemudi (SIM) B1 umum dan B2 umum. Namun diakui Kosasih PT Transjakarta kesulitan mencari pemilik SIM B1 atau B2 karena SIM itu bukanlah SIM bersifat umum.

“Setelah SIM itu lengkap kami akan tes cara mengemudinya, karena akan percuma syarat lengkap tapi tak bisa mengemudikan bus,” kata Kosasih.

Selain syarat-syarat itu, untuk sopir sendiri PT Transjakarta mematok pendidikan terakhir para calon pendaftar minimal tamatan sekolah menengah pertama. Tak lupa, para calon juga harus sehat, tidak buta huruf ataupun buta warna, serta tak mengkonsumsi narkoba.

Muncul status seorang dokter baru-baru ini yang membandingkan antara gaji dokter internship dengan yang diperoleh dari seminar internship dan itupun baru direncanakan akan naik menjadi sebesar 3.2 juta.

Gaji dokter internship

Menjadi pertanyaan adalah, profesi dokter yang diperoleh dari hasil kuliah yang begitu lama dan sulit ternyata imbalan jasa yang diperolehnya setelah lulus tidak sebanding dengan lulusan SLTA dan sederajat, bahkan SLTP.

Terlebih program dokter intership adalah sebuah pengabdian di daerah tertinggal yang akan menyelamatkan dan menyehatkan banyak jiwa di daerah tersebut.

BACA JUGA