14 Cara Mengusir Cicak Ini Dijamin Enggak Akan Balik Lagi!

203

Bidhuan.id –  Sudah tahu cara mengusir cicak paling ampuh? Dibandingkan dengan hewan lain seperti rayap atau tikus, cicak sebenarnya tidak terlalu menganggu, umumnya jarang yang memperhatikan keberadaannya karena memang cicak jarang kontak langsung dengan manusia.

Yang sering membuat jengkel adalah kotorannya, dibuang begitu saja hingga mengenai perabotan rumah atau lantai. Ada pula cicak yang menaruh telurnya sembarangan di lubang kecil, seperti lubang pintu atau menyelinap ke meja makan dan mencicipi makanan yang ada disana. Tentu menjijikkan dan membuat semakin jengkel.

Sebab itu perlu untuk dipahami cara mengusir cicak agar tidak mengganggu. Sebenarnya cicak memiliki beberapa efek bahaya bagi manusia, yakni kotoran cicak mengandung bakteri eschericia coli yang berbahaya. Kulit, lidah, dan air liurnya juga mengandung bakteri dan racun berbahaya. Sebab itu, jika ada benar atau makanan yang terkena cicak harus segera dicuci bersih atau dibuang saja. Jangan sampai terjadi seperti contoh kasus pelanggan Holycow yang Gigit Kepala Cicak di Tiramisunya.

Cara Mengusir Cicak Paling Ampuh

Jika Anda salah satu yang terganggu dengan cicak, kali ini kami memberikan beberapa cara mengusir cicak dari rumah Anda. Apa saja? Berikut selengkapnya.

  1. Pakai Obat Anti Nyamuk

Cicak menjadikan serangga dan nyamuk sebagai makanannya, jika Anda mengusir kedua hewan tersebut dengan memakai obat anti nyamuk, otomatis cicak akan pergi karena tidak menemukan makanan di rumah Anda. Semprotkan obat nyamuk secara rutin di pagi dan sore di dalam area rumah Anda terutama di sudut-sudut ruangan. Selain bisa dijadikan Obat Demam Berdarah dengan mencegah datangnya nyamuk, obat anti nyamuk ini terbukti ampuh menyingkirkan cicak – cicak yang merajalela.

  1. Bersihkan Rumah

Cicak sering bersembunyi di kolong meja, langit-langit rumah, atau di balik perabotan. Usir cicak dengan membersihkan rumah Anda secara menyeluruh dan semprotkan obat nyamuk saat menemuinya, dengan demikian cicak akan mati dan secara otomatis Anda membuat rumah lebih rapi dan lebih nyaman.

  1. Tutup Jalan Masuk Cicak

Agar tidak ada cicak dari luar memasuki rumah Anda, halangi dengan kawat nyamuk. Pasang kawat nyamuk di ventilasi rumah Anda agar cicak tak bisa masuk karena cicak tak bisa melewati lubang yang lebih kecil dari tubuhnya.Untuk celah kecil diantara pintu, Anda bisa memasang double tape disana untuk menjebaknya, cicak yang terperangkap nantinya bisa Anda buang tanpa membunuhnya.

  1. Tutup Makanan

Jangan sampai makanan Anda bisa dijangkau cicak, tutup selalu makanan Anda dengan tudung saji atau alat lainnya, atau letakkan di dalam kulkas saat malam hari. Banyak makanan berserakan bisa mengundang cicak untuk mencicipinya, begitu pula makanan berupa remah-remah atau sisa yang mungkin berjatuhan, sebab itu, rutin bersihkan meja makan dan lantai dapur Anda.

  1. Pakai tembakau

Cicak tidak suka dengan bau tembakau, bisa membuatnya kabur dan tak mau mendekat. Cara mengusir cicak bisa Anda lakukan dengan menaburkan tembakau di lokasi yang biasa menjadi kediamannya atau tempat sembunyinya.Letakkan di dalam plastik yang telah Anda lubangi agar tak berantakan di lantai. Simpan di kolong meja, bawah ranjang, belakang lemari, dan tempat cicak bertengger lainnya.

  1. Pasang AC

Cicak adalah hewan berdarah panas yang tidak suka dengan udara dingin, jika Anda memasang AC di rumah, secara otomatis akan mengusirnya karena cicak akan kedinginan, namun cara ini memang tidak bisa dipakai oleh semua orang karena biayanya yang terbilang mahal. Jika Anda memiliki AC, tak ada salahnya untuk rutin menghidupkannya agar cicak terganggu dan pergi dari rumah Anda.

  1. Pakai Bulu Merak

Cicak konon adalah hewan yang takut dengan bulu merak, bulu merak memiliki corak seperti mata burung sehingga cicak akan menganggapnya sebagai predator. Cara mengusir cicak dengan bulu merak ini bisa Anda coba untuk mengurangi populasi cicak di sekitar Anda. Cara ini hanay sebagai alternatif sebab memang sulit untuk mendapatkan bulu merak.

Cara Mengusir Cicak Alternatif

1.Jebak dengan Gelas

Cicak mahir menempel di dinding, namun ia kesulitan untuk menempel di gelas kaca. Anda bisa menjebaknya dengan memakai gelas kaca tinggi yang diisi dengan minuman atau makanan sisa. Saat telah masuk ke dalamnya, ia akan sulit untuk keluar dan Anda bisa membuangnya.

2.Pelihara Kucing

Kucing dikenal sebagai hewan yang suka bermain dengan benda bergerak. Memelihara kucing memang tidak bisa membunuh semua cicak di rumah Anda, namun akan membantu mengurangi populasinya. Kucing Anda akan senang menangkap dan memainkannya hingga cicak lelah dan mati dengan sendirinya. Jika kucing sedang lapar, ia juga akan memakannya.

3.Bunuh dengan Karet Gelas

Cara ini mungkin terasa menyulitkan pada awalnya, Anda akan terbiasa saat sering melakukannya. Cicak yang Anda lihat di langit-langit rumah tembak dengan karet gelang, tubuhnya akan hilang keseimbangan dan terjatuh, nah Anda bisa menangkap dan membuangnya.

4.Memakai Pelapis Dinding

Ada jenis cat dinding yang lebih halus dan terasa licin saat diraba, Anda bisa melapisi dinding rumah dengan cat jenis ini, cicak akan kesulitan untuk melekatkan tubuhnya sehingga sulit untuk naik ke dinding atau langit-langit rumah, dengan demikian cicak akan merasa tidak nyaman tinggal di rumah Anda dan kabur dengan sendirinya.

5.Pakai Kapur Barus

Aroma kapur barus amat menyengat dan tidak disukai oleh cicak, pakai kapur barus di almari pakaian atau tempat lain yang sering disinggahi cicak agar ia merasa terganggu dan pergi menjauh.

6.Menyebar Bubuk Kopi

Bubuk kopi yang harum baunya juga tidak disukaioleh cicak, Anda bisa menebarnya dengan cara meletakkan di plastik yang telah dilubangi agar cicak enggan untuk mendekat kesana.

7.Memakai Bawang

Cicak tidak menyukai bawang putih dan bawang merah. Kupas dan taruh kedua bawang ini di ventilasi rumah atau tempat yang biasa menjadi jalan masuk cicak untuk mencegahnya masuk ke rumah Anda. Selain ampuh untuk Obat Penurun Panas Anak, bawang ternyata ampuh juga untuk mengusir cicak.

Itulah cara mengusir cicak yang bisa Anda terapkan. Tak ada salahnya mengusir cicak daripada Anda yang merugi karenanya. Semoga berhasil.