Apa Itu Flowchart? (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Simbol, Jenis dan Contoh)

252
apa itu flowchart
apa itu flowchart

Bidhuan.id – Apa itu flowchart? Flowchart merupakan salah satu cara penyajian algoritma agar lebih mudah dipahami. Suatu bagan atau rancangan dalam menjelaskan dan menggambarkan arus atau tahapan dalam jalannya sebuah proses atau dalam penyelesaian suatu masalah yang ada. Selain itu, flowchart juga akan sangat membantu dalam membangun sebuah rancangan secara logis. Ada tahapan atau alur berupa input, proses dan ouput yang bisa dijelaskan dengan beragam simbol yang digunakan dalam pembuatan flowchart.

Setelah mengetahui apa itu flowchart, selanjutnya juga harus diketahui apa tujuan inti dan fungsi dari pembuatan flowchart, simbol yang digunakan dalam pembuatan flowchat, model-model dan jenis flowchart yang biasa digunakan. Semua ini akan membuat kita lebih bisa memahami menguraikan sesuatu secara sistematis.

Pengertian Flowchart Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian dari flowchart (diagram alir) adalah sebuah gambaran berupa diagram dengan alur-alur yang jelas dari suatu proses atau program. Namun, ada juga beragam definisi dari para ahli. Berikut adalah pengertian flowchart menurut para ahli.

  • Jogiyanto, Ia mendefinisikan flowchart sebagai sebuah bagan (chart) yang menunjukkan alir atau arus (flow) di dalam sebuah program atau prosedur sistem secara logika.
  • Sariadin Siallagan, mengartikan flowchart sebagai bagan atau suatu diagram alir yang (mempergunakan) memanfaatkan simbol atau tanda untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang terjadi.
  • Pahlevy, dengan definisi yang tidak jauh berbeda, ia menyatakan bahwa flowchart (bagan alir) merupakan suatu gambaran berbentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu proses atau program, yang menyatakan dan menjelaskan arah alur program tersebut.
  • Krismiaji, dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi dan Akutansi”, ia menyebutkan bahwa flowchart adalah sebuah teknik analitis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek dari sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.
  • Indrajani, Sementara itu, flowchart menurut pandangan Indrajani adalah suatu gambaran berupa grafik dari sebuah langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program atau proses.

Tujuan Flowchart

Dari berbagai definisi flowchart diatas dapat dilihat bahwa tujuan flowchart ini adalah untuk menggambarkan dengan jelas suatu penyelesaian masalah secara sederhana, rapi, terurai dan mudah dipahami menggunakan simbol-simbol standar yang disertakan di dalamnya. Flowchart akan menjelaskan setiap alur kerja atau proses sesingkat dan sejelas mungkin sehingga lebih mudah dipahami. Flowchart ini dapat membantu menemukan solusi dari suatu masalah yang mungkin saja muncul dalam pembangunan sebuah sistem.

Fungsi Flowchart

Fungsi Flowchart
Fungsi Flowchart

Selain tujuan ada pula fungsi flowchart yang bisa digunakan dalam berbagai bidang. Agar lebih jelas lagi mengenai manfaat flowchart ini, berikut adalah fungsi flowchart dalam penggunaannya.

1. Fungsi Flowchart dalam Mengelola Alur Kerja

Fungsi flowchart dalam mengelola alur kerja, flowchart berperan untuk menetapkan karakter dari metode yang digunakan dalam mencapai tujuan. Gunanya untuk mencapai hasil yang maksimal dan bermutu berdasarkan strategi yang digunakan. Bisa dikatakan bahwa flowchart berada dalam posisi tertinggi dan terpenting dalam pembuatan strategi untuk pencapaian hasil kerja.

2. Fungsi Flowchart dalam Membuat Desain / Merancang Proyek Baru

Fungsi flowchart dalam membuat desain / merancang proyek baru yakni menggambarkan serangkaian metode kerja yang telah dirancang yang melibatkan kerjasama atau keputusan bersama. Sistem flowchart ini akan memudahkan dalam membuat desain yang diinginkan.

3. Fungsi Flowchart dalam Mengaudit Proses Kerja

Selain itu, ada pula fungsi flowchart dalam mengaudit proses kerja, yakni sebagai penyelidik dalam sebuah proses untuk menemukan sebuah kecacatan atau bagian-bagian yang tidak bekerja dengan baik. Juga untuk menemukan bagian mana yang perlu dilakukan pembaharuan. Sehingga tergambar dengan jelas jalannya setiap proses yang sedang berlangsung.

4. Fungsi Flowchart dalam Memodelkan Metode Bisnis

Fungsi flowchart dalam memodelkan metode bisnis adalah untuk menggambarkan penyampaian hasil yang ingin dicapai atau perkiraan dari tujuan bisnis yang hendak dicapai. Pemodelan metode bisnis menggunakan flowchart ini akan menggambarkan dengan jelas serangkaian tugas mulai dari yang sederhana hingga yang paling rumit. Sehingga hasil yang ng ingin dicapai bisa diprediksi.

5. Fungsi Flowchart dalam Dokumentasi Proses Kerja

Fungsi flowchart dalam dokumentasi proses kerja adalah sebagai media dokumentasi setiap langkah dan proses kerja. Mendokumetasikan setiap proses menggunakan flowchart  jauh lebih efisien dibanding menggunakan metode narasi dalam bentuk tulisan.

6. Fungsi Flowchart dalam Mempresentasikan Algoritma

Fungsi flowchart dalam mempresentasikan algoritma adalah flowchart bisa memenuhi penentuan algoritma dalam bentuk pemograman yang biasanya jadi tahapan awal untuk menyelesaikan suatu proyek rancangan baru. Yang biasa digunakan adalah SDL (Specification and Description Language), yakni bahasa yang mampu mendeskripsikan setiap perilaku dalam pemrograman. Hal ini dikarenakan flowchart memiliki beragam simbol untuk pemetaan untuk sistem yang telah dirancang.

Simbol-simbol Flowchart

Simbol-simbol Flowchart
Simbol-simbol Flowchart

Flowchart pada dasarnya dibuat berdasarkan pemikiran logis dalam menganalisa permasalahan yang ada dalam dunia bisnis. Jadi tidak ada ketentuan mutlak dalam pembuatan flowchart ini. Namun ada beberapa simbol yang biasa digunakan dalam pembuatan flowchart secara umum. Dengan mengetahui simbol-simbol standar dalam flowchart, maka kita bisa merancang sebuah flowchart untuk berbagai kepentingan. Simbol-simbol flowchart ini terbagi dalam tiga kategori, yakni:

1. Flow Direction Symbols (Simbol Arus)

Kegunaan dari Flow Direction Symbols (Simbol Arus) ini adalah sebagai simbol penghubung dalam diagram. Ada empat macam simbol dalam kategori ini dengan fungsinya masing-masing, yaitu:

  • Flow Direction Symbols / Connecting Line, digunakan untuk menghubungkan simbol-simbol yang ada dalam diagram untuk menjelaskan arus suatu proses.
  • Communication Link, merupakan simbol untuk transmisi dari dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Connector, berfungsi untuk menyambung proses satu ke proses berikutnya namun masih dalam satu halaman yang sama.
  • Offline Connector, berfungsi untuk menyatakan sambungan dari suatu proses ke proses lainnya untuk halaman yang berbeda.

2. Processing Symblos (Simbol Proses)

Untuk Processing Symblos (Simbol Proses) ini kegunaannya adalah untuk menunjukkan serangkaian proses yang ada. Setiap simbol dalam kategori ini memiliki fungsi yang berbeda dalam menyatakan setiap proses dalam diagram. Berikut adalah simbol proses yang digunakan dalam flowchart.

  • Processing, simbol ini berguna untuk menunjukkan pengolahan yang akan dilakukan.
  • Manual Operation, simbol untuk menunjukkan data yang tidak diolah oleh komputer.
  • Decision, simbol untuk memilih proses yang hendak dilakukan berdasarkan kondisi tertentu.
  • Predefined Process, menunjukkan penyimpanan yang sedang atau akan digunakan untuk harga awal.
  • Terminal, simbol untuk memulai dan mengakhiri program.
  • Offline Storage, Simbol yang digunakan untuk menunjukkan data yang akan disimpan pada media tertentu.
  • Manual Input Symbol, berfungsi untuk menunjukkan data yang akan diinput manual menggunakan keyboard.

3. I/O Symbols (Simbol Input-Output)

Simbol ini digunakan untuk menunjukkan bagian masukan dan keluaran dalam diagram alur. Beberapa simbol standar yang digunakan dalam kategori ini adalah,

  • Input / Output, simbol ini digunakan untuk menunjukkan masukan dan keluaran dalam jenis apapun.
  • Punched Card, digunakan untuk menunjukkan masukan dan keluaran yang berasal dari card.
  • Disk Storage, simbol ini menunjukkan masukan dan keluaran dari disk.
  • Magnetik Tape, menandakan masukan dan keluaran dari pita magnetis.
  • Document, menyatakan masukan dan keluaran dari jenis dokumen.
  • Display, menunjukkan keluaran melalui monitor.

Jenis-Jenis Flowchart

Diagram alir atau flowchart juga banyak jenisnya, setidaknya ada lima jenis flowchart yang bisa digunakan. Berikut adalah jenis-jenis flowchart, yakni:

1. System Flowchart / Flowchart Sistem

Flowchart sistem ini adalah bagan alir yang digunakan untuk menunjukkan setiap proses kerja dalam sistem. Dalam bagan ini arus kerja ditunjukkan secara mendetail sehingga setiap urutan dan prosedur dalam sistem ini dapat dilihat dengan jelas.

2. Document Flowchart / Flowchart Dokumen

Untuk flowchart dokumen berguna untuk menunjukkan setiap proses dari laporan beserta formulir lengkap dengan tembusannya. Untuk simbol yang digunakan pun masih sama dengan diagram alir sistem atau flowchart sistem.

3. Program Flowchart / Flowchart Program

Flowchart program merupakan sebuah bagan turunan dari flowchart sistem. Flowchart ini akan menggambarkan setiap tahapan yang ada dalam proses sebuah program. Bagan alir yang satu ini akan memudahkan programmer dan analisis sistem dalam memahami suatu program dengan cepat. Sementara ini flowchart program ini juga terbagi dalam dua jenis, yakni flowchart program komputer terperinci dan flowchart logika program.

4. Schematic Flowchart / Flowchart Skematis

Fungsi dari flowchart skematis ini sama dengan flowchart sistem, yakni untuk menggambarkan setiap proses atau prosedur dalam sistem. Begitu juga dengan penggunaan simbol, yang digunakan dalam kedua bagan alir ini masih sama. Namun untuk flowchart skematis ini ada penambahan beberapa simbol sehingga lebih beragam. Lebih kompleks, bagan alir yang satu ini berfungsi untuk menunjukkan gambar-gambar komputer beserta peralatannya.

Tujuan dari flowchart skematis ini adalah untuk memudahkan orang-orang awam yang tidak familiar dengan simbol-simbol flowchart, sehingga lebih mudah dalam membaca dan memahami informasi yang disampaikan. Selain itu, pembuatan flowchart ini juga lebih lama dibanding flowchart lainnya.

5. Process Flowchart / Flowchart Proses

Untuk flowchart proses ini sudah banyak dipakai dalam bidang industri dan analisis sistem. Gunanya untuk melihat prosedur yang sedang berjalan dalam suatu proses produksi. Selain itu juga digunakan untuk melihat jarak antara satu proses ke proses lainnya yang disertai dengan waktu proses yang dibutuhkan.

Contoh Flowchart dan Algoritma

Guna mempelajari bagan alir ini, berikut adalah contoh flowchart dan algoritma sederhana yang mudah dipahami dalam mempelajari flowchart. Contoh algoritma yang digunakan adalah ‘mengirim surat’ dan algoritma ‘menentukan bilangan ganjil atau genap’ serta ‘penerimaan mahasiswa baru’. Berikut contoh algoritma dan flowchartnya yang bisa dipelajari mudah dan dipahami.

Algoritma Mengirim Surat

  1. Tulis sebuah surat
  2. Siapkan amplop surat
  3. Masukkan surat ke dalam amplop yang telah disediakan
  4. Rekatkan amplop surat dengan baik
  5. Tulis alamat pengiriman surat, jika lupa ambil buku alamat dan cari alamat yang dituju, lalu tuliskan pada amplop surat.
  6. Tempelkan perangko pada amplop surat
  7. Bawa surat ke kantor pos untuk dikirimkan

Flowchart Mengirim Surat

contoh flowchart dan algoritma
contoh flowchart dan algoritma

Algoritma Menentukan Bilangan Genap dan Ganjil

  1. Masukkan sebuah bilangan (bilangan bulat)
  2. Bagi bilangan yang sudah dimasukkan dengan angka 2
  3. Jika menghasilkan sisa pembagian ( 0 ) maka bilangan tersebut adalah genap
  4. Jika menghasilkan sisa pembagian bukan (0) maka bilangan tersebut adalah ganjil

Flowchart Menentukan Bilangan Genap dan Ganjil

contoh algoritma dan flowchart
contoh algoritma dan flowchart

Algoritma Pendaftaran Mahasiswa Baru

  • Calon mahasiswa baru datang ke Bagian Pendaftaran
  • Beli dan isi formulir untuk pendaftaran
  • Melakukan Pembayaran uang kuliah semester awal
  • Menyiapkan dan menyerahkan persyaratan pendaftaran
  • Kalau persyaratan tidak lengkap maka mahasiswa harus memenuhi persyaratan lebih dulu dan kembali mengulang prosedur pendaftaran.
  • Mahasiswa mendapat kartu mahasiswa, jadwal untuk masa orientasi kampus, dan mendapatkan jadwal kuliah.
  • Selanjutnya mahasiswa menghadiri orientasi mahasiswa
  • Lalu, mulai melakukan kegiatan kuliah

Flowchart untuk Prosedur Pendaftaran Mahasiswa Baru

contoh flowchart
contoh flowchart

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu flowchart yang meliputi pengertian flowchart menurut para ahli flowchart, tujuan flowchart, fungsi flowchart, jenis flowchart, simbol yang digunakan dalam bagan alir dan beberapa contoh yang bisa pelajari dan dipahami dengan mudah bagi yang ingin mempelajari flowchart.