Telat Menstruasi, Simak 6 Cara Mempercepat Haid yang Aman

0
3576

Bidhuan.id – Bagaimana cara mempercepat haid? Menstruasi merupakan keadaan keluarnya darah dari bagian rahim seorang perempuan yang diakibatkan karena tidak terjadi aktivitas pembuahan pada sel telur. Bagi seorang perempuan, proses terjadinya menstruasi sendiri bisa dikatakan normal apabila terjadi dalam kurun waktu 21-35 hari sekali secara rutin dengan lama waktu menstruasi selama 3 hingga 7 hari. Apabila siklus Haid Datang Bulan atau Menstruasi yang Telat, disarankan tak perlu bingung. Anda bisa melakukan konsultasi secara langsung kepada ahlinya yakni dokter atau pun memanfaatkan obat – obatan khusus yang dijual bebas di apotik. Namun bisa juga memanfaatkan obat – obatan tradisional.

1.Cara Mempercepat Haid dengan Olahraga Teratur

Cara melancarkan haid yang pertama adalah olahraga secara teratur. Aktivitas Olahraga yang dimaksud disini adalah olahraga seperti jogging, berenang atau sekolah berbadan laki santai. Dengan cara olahraga teratur ini diklaim efektif melancarkan peredaran darah anda, sehingga siklus Menstruasi di prediksi lembar normal pasca melakukan jenis olahraga ini. Sedikit catatan, kendati olahraga ini bisa melancarkan haid. Lakukan kegiatan ini tidak terlalu berlebihan atau sewajarnya.

2.Cara Mempercepat Haid Istirahat yang cukup

Haid tidak teratur juga dapat di sebapkan kurangnya istirahat yang cukup, sehingga hormon kortisol melampaui batas normal sehingga mengganggu keseimbangan hormon progesteron dan hormon estorogen yang berdampak pada tidak lancarnya siklus haid sehingga istirahat yang cukup membantu tubuh kita lebih rileks sehingga bisa menjaga hormon pengatur haid.Usahakan anda tidur secara 7-8 jam dalam semalam.

3.Cara Mempercepat Haid dengan Makan Makanan Pelancar Haid

Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat siklus haid anda akan tepat teratur. Ada sejumplah makanan palancar haid yang bisa anda konsumsi di antaranya :

  • Sayur Sayuran

Karena sayur sayuran diperkaya oleh sejumlah vitamin, mineral dan nutrisi sehingga dapat melancarkan haid anda.

  • Buah Buahan

Buah juga efektif melancarkan haid buah seperti nanas di sarankan karena pasalnya kandungan buah dengan daging berwarna kuning tersebit dipercaya dapat merelesaksi otot sehingga darah haid dapat keluar dengan mudah.

4.Minuman Tradisional

Selain makanan dan  buah buahan minuman tradisioanal juga sangat ampuh mempelancar haid ramuan tradisioanal meliputi

  • Kunyit

Kunyit itu sendiri mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinfilmasi. Sehingga dapat melancarkan siklus haid anda, untuk membuat minuman dari kunyit cukup anda menghulsakan kunyit dengan cara di parut setelah anda parut baru anda rebus dengan.

  • Jahe

Selain berfungsi menghatkan tubuh jahe juga sangat efektif melancarkan haid anda, jahe mengandung vitamin A, B, C, karbohidrat dan mineral. Untuk membuat minuman jahe sangatlah muda dengan cara jahe di rebus sesudah di rebus ambil air rebusan jahe tersebut dan beri gula secupkunya.

  • Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang bersifat sebagai anti jamur, anti bakteri dan anti virus sehingga sangat efektif untuk melancarkan haid di sarankan untuk anda ambil kelapa hijau yang lagi baru di petik langsung dari pohonhya

5.Perbanyak Minum Air Putih

Bila anda jarang minum air putih mungkin saja penyebap salah satu penyebap tidak lancarnya siklus haid anda, karena air putih adalah sumber mineral bagi tubuh kita. Untuk itu rajinlah minum air putih sebanyak mungkin.

6.Hindari Aktifitas Belebihan

Aktifitas yang telalu padat juga dapat mempengaruhi siklus haid anda di karenakan tubuh anda menjadi letih sehingga hormon tidak fungsi dengan baik.

Selain menggunakan bahan alami untuk melancarkan haid juga bisa menggunakan dengan obat-obatan yang gunanya untuk melancarkan siklus haid anda obat – obatan tersebut juga bisa kita jumpai di berbagi toko alfarmart apotik. Obat tersebut antara lain :

  • Kapsida kembang bulan

Obat ini beredar luas di pasaran selain melancarkan datang bulan obat ini juga dapat mengatasi jerawat, gatal-gatal, dam bisulan. Obat ini di jual dengan harga sekitar 12 rb saja.

  • Kiranti sehat datang bulan

Kiranti sehat datang bulan ini adalah obat yang tidak dalam bentuk kapsul melainkan minuman, kiranti ini juga dapat juga mengurangi rasa nyeri haid dan menguranngi rasa kejang di perut. Ajuran minum obat ini yaiti 3 kali sehari sebulum dan sesudah haid, kiranti ini mempunyai 2 varian yaitu sebelum dan sesudah obat ini di jual dengan harga kisaran 8 rb.

  • Femilax tablet

Femilax adalah obat pelancar datang bulan yang di produksi oleh konimex dalam bentuk tablet saja tapi ada juga yang di olah untuk di minum dalam bentuk jamu bebas gula. Obat ini juga dapat memperlancar datang bulan sekaligus mengurangi nyeri datang bulan. Sebagai obat jamu, femilax juga di racik dengan mengunakan bahan seperti kencur, kunyit, asam jawa dan bahan lainya obat ini di jual deng harga sekitar 8 rb.

  • Pil tuntas

Jika anda mengalami keterlambatan datang bulan maka anda bisa coa beli pil tuntas ini. Di dalam kemasanya obat ini pak nya terdiri 12 pil dengan harga 8 rb di apotik.

  • Em kapsul

Em kapsul adalah obat pelancar Ada bulan sekaligus merawat organ kewanitaan, keputihaan, nyeri haid dan bau tak sedap obat ini di jual sekitar 17 rb  pcs.

  • Mediol

Mediol adalah obat penambah hormon yang berguna untiuk menginduksi hormon sehingga siklus haid di buat dengan lancar. Sayangnya obat sangat berbahaya jika anda tidak tahu kalau anda sedang hamil sehingga tidak di anjurkan untuk wanita yang sedang hamil.

Obat ini bisa di dapatkan di apotik tapi dengan mengunakan resep dokter, mengenai harganya memang obat lebih mahal dari obat datang bulan lainya. Namun obat ini sangat ampuh untuk memperlancar datang bulan, apalagi kalau terlambatnya sangatlah lama hingga sampai 2-3 bulan.

Nah sekarang tinggal anda, ada banyak cara untuk memperlancar menstruasi bisa mengunakan bahan alami yang lebih aman dan efektif maupun dengan obat obatan yang banyak kita jumpai di toko maupun di apotik, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda.

BACA JUGA