8 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami Dan Dengan Metode Medis

117
8 Cara Mencegah Kehamilan Secara Alami Dan Dengan Metode Medis

Bidhuan.id – Apakah anda sudah tahu tentang bagaimana cara mencegah kehamilan yang bisa anda pilih? Bagi pasangan yang baru menikah terkadang mereka berkeinginan untuk menunda momongan terlebih dahulu. Mereka berpendapat bahwasanya mereka masih ingin menikmati masa-masa pasangan setelah menikah. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa mereka masih terlalu muda untuk memiliki seorang anak.

Tak ayal mereka mencari cara mencegah kehamilan yang terbukti ampuh. Dengan begitu, meskipun telah berhubungan badan, pasangannya tidak akan merasa khawatir karena ia tidak akan hamil. Menunda kehamilan juga bukan hanya berlaku bagi pasangan yang baru menikah saja. Pasangan yang memang sudah memiliki anak cukup karena mengikuti program pemerintah pun juga sudah tidak berkeinginan untuk memiliki anak.

Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Yang Aman?

Memang ada banyak cara untuk mencegah kehamilan yang bisa anda pilih, baik dengan menggunakan cara-cara herbal atau dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun tidak semua cara-cara yang bisa anda pilih tersebut aman untuk anda gunakan. Bahkan, ada beberapa cara yang terkesan berbahaya ketika anda menggunakannya dalam waktu yang lama. Maka dari itu, anda harus benar-benar memikirkan tentang metode atau cara untuk mencegah kehamilan secara tepat sesuai dengan kondisi anda.

Penjelasan yang akan kami berikan mengenai apa saja yang harus anda lakukan untuk mencegah kehamilan bukan hanya berlaku bagi anda yang baru menikah, melainkan cara yang kami jelaskan juga berlaku bagi anda yang memang sudah tua dan tidak diperbolehkan menambah momongan lagi.

Khusus untuk pasangan yang baru menikah, pastikan bahwa anda telah memikirkan keputusan anda untuk menunda kehamilan. Alasanya adalah usia muda merupakan usia produktif untuk memiliki momongan dan menjadi ibu. Oke, langsung saja anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Baca: 10 Makanan Pencegah Kehamilan Secara Alami Setelah Berhubungan

1. Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan
Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan

Cara yang paling sederhana untuk bisa mencegah kehamilan pasca berhubungan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali merk alat kontrasepsi yang bisa anda dapatkan, baik secara online maupun dengan membelinya di mini market.

Beragam merk alat kontrasepsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan kondom tersebut memiliki kualitas dan keunggulan masing-masing. Beberapa yang terkenal adalah seperti Fiesta dan juga Durex. Kedua merk alat kontrasepsi ini memang menjadi salah satu pilihan dan banyak masyarakat yang sudah menggunakannya. Hal ini karena memang kualitas dari kedua alat kontrasepsi ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Cara penggunaan alat kontrasepsi itu pun juga tidak jauh berbeda. Tinggal langsung dipasangkan pada alat kelamin pria ketika sudah dalam kondisi ereksi. Pastikan bahwasanya alat kontrasepsi tersebut terpasang dengan rapat dan tidak sampai ada bagian yang tidak melekat atau memasangnya kurang ke dalam.

Selain itu, cara kerja dari alat kontrasepsi itu pun juga sama saja. Yakni, dengan menampung sperma ketika sudah keluar agar supaya tidak sampai masuk ke dalam organ kewanitaan. Alat kontrasepsi merupakan salah satu cara mencegah kehamilan yang terbukti aman tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki resiko, terutama untuk jangka panjang.

Cara lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan melakukan ejakulasi di luar. Cara seperti ini bahkan sudah berlangsung selama ratusan tahun yang lalu dengan nama yakni “Azl” atau juga “Azal”. Namun, untuk bisa melakukan ejakulasi di luar, seorang pria harus benar-benar paham dan sadar kapan kira-kira spermanya mau keluar sehingga ia tidak sampai mengeluarkannya di dalam.

2. Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan pengaman

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan pengaman
Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan pengaman

Jika penjelasan di awal mengenai tentang penggunaan alat kontrasepsi sebagai alat untuk mencegah kehamilan, maka kali ini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai bagaimana cara mencegah kehamilan tanpa menggunakan alat pengaman. Jika tidak menggunakan alat pengaman tentu saja cara yang akan anda lakukan termasuk aman dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Ada beragam cara yang bisa anda lakukan. Namun cara yang paling umum yakni dengan mengetahui kapan masa subur wanita. Biasanya, masa subur wanita akan dimulai pada beberapa hari sebelum maupun sesudah ia mengalami menstruasi. Untuk itu, penting bagi pasangan anda mengetahui kapan tanggal suburnya. Hal ini bertujuan agar supaya ketika berhubungan, maka tidak akan terjadi proses ovulasi.

Dengan kata lain, waktu anda berhubungan badan adalah pada saat istri anda tidak dalam kondisi subur. Oleh karena itu, penting wanita untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita. Selain itu, hindari berhubungan seks ketika di pagi hari dimana pagi hari merupakan kondisi pria subur. Dengan begitu, anda bisa mengurangi resiko mengalami kehamilan meskipun sudah melakukan hubungan badan dalam rentan waktu yang sering.

3. Cara mencegah kehamilan setelah sperma masuk

Cara mencegah kehamilan setelah sperma masuk
Cara mencegah kehamilan setelah sperma masuk

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa dengan buang air kecil setelah sperma masuk merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa wanita wajib buang air kecil sesaat setelah mereka berhubungan badan. Hal ini karena organ wanita rawan terkena ISK atau infeksi saluran kemih yang diakibatkan oleh bakteri. Dengan buang air kecil, maka bakteri yang ada di dalam akan ikut keluar.

Baca: 30 Cara Mencegah Kehamilan dengan Mudah paling Ampuh secara Medis dan Alami

Kemudian sebuah pertanyaan muncul mengenai teori yang mengatakan jika buang air kecil sesaat setelah berhubungan badan bisa mencegah kehamilan. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya teori ini masih belum didukung oleh hasil penelitian atau studi yang valid. Pendapat tersebut hanya berdasarkan pada perkiraan dimana sperma yang masuk akan ikut keluar bersamaan dengan air kencing.

Akan tetapi, anda perlu tahu bahwa kami tidak menyarankan anda menerapkan cara yang ketiga ini. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa untuk poin ketiga masih belum didukung oleh bukti-bukti yang valid. Cara ini hanya berdasarkan perkiraan yang mana masih belum diketahui kebenarannya. Maka dari itu, anda harus menghindari cara tersebut karena hanya akan membuat pasangan anda tetap hamil.

4. Mencegah kehamilan pasca berhubungan 1 minggu

Bisakaha mencegah kehamilan setelah berhubungan dalam kurun waktu 7 hari atau 1 minggu? Biasanya pertanyaan ini muncul bagi pasangan yang mungkin lupa untuk menggunakan pengaman ketika berhubungan badan. Selain itu, kemungkinan mereka bertanya hal tersebut karena lupa jika mengeluarkan sperma di dalam menjadi salah satu alasan mengapa pasangan bisa cepat hamil.

Lantas sebenarnya apakah bisa mencegah kehamilan setelah berhubungan dalam waktu 1 minggu? Perlu anda tahu bahwa sebenarnya masih belum ditemukan bukti-bukti yang akurat mengenai apakah hal tersebut bisa dicegah atau tidak. Namun ada beberapa makanan pencegah kehamilan dan obat cegah hamil yang bisa anda manfaatkan.

Beberapa makanan pencegah kehamilan antara lain seperti nanas dan durian. Kedua buah ini memang menjadi salah satu buah yang konon dapat mencegah kehamilan. Buah ini harus dikonsumsi dalam waktu yang cukup sering, minimal dua kali dalam sehari. Kandungan yang ada di dalam buah inilah yang akan membuat kontraksi pada rahim sehingga bisa membantu mencegah kehamilan.

Selain itu, disarankan juga untuk minum minuman bersoda seperti fanta. Kandungan soda di dalamnya juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kehamilan. Namun yang harus anda ingat adalah bahwa makanan dan minuman yang sudah kami jelaskan sebelumnya akan memberikan rasa panas di perut, terutama di bagian rahim. Maka dari itu, anda disarankan harus berhati-hati agar rahim anda tidak mengalami masalah.

Dengan kata lain, meskipun anda bisa menerapkan cara keempat ini, bukan berarti setiap kali anda berhubungan harus mengkonsumsinya. Hal ini hanya akan mengakibatkan permasalahan pada rahim anda. Kami lebih menyarankan agar anda menggunakan cara-cara aman seperti alat kontrasepsi atau ejakulasi di luar.

5. Mencegah kehamilan ketika sudah berhubungan badan selama 2 minggu

Sebenarnya penjelasan kali ini tidak ada bedanya atau bahkan bisa dikatakan sama ketika anda ingin mencegah kehamilan setelah anda berhubungan badan dalam waktu 1 minggu. Anda bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Namun jangan menggunakan cara ini untuk jangka waktu yang lama karena hanya akan menimbulkan gangguan pada rahim.

6. Mencegah kehamilan di saat masa subur

Mencegah kehamilan di saat masa subur
Mencegah kehamilan di saat masa subur

Apakah bisa mencegah kehamilan ketika pasangan dalam masa subur? Tentu saja bisa. Ada beragam cara yang bisa anda gunakan untuk mencegah kehamilan meskipun pasangan anda dalam masa subur. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan pil KB, menggunakan alat kontrasepsi, atau melakukan ejakulasi di luar.

Cara-cara tersebut memang mampu membuat pasangan anda tidak hamil, meskipun ia sedang dalam masa subur. Khusus untuk alat kontrasepsi dan juga ejakulasi di luar, kedua cara ini bukan hanya mampu menghindarkan pasangan dari kehamilan, melainkan merupakan cara yang aman meskipun digunakan dalam waktu yang lama.

7. IUD sebagai cara untuk mencegah kehamilan

Apakah anda pernah tahu apa itu IUD? IUD merupakan singkatan dari Intrauterine Device yang merupakan potongan berbentuk huruf T yang terbuat dari plastik atau tembaga. Biasanya, alat tersebut akan ditaruh di bagian rahim. IUD tembaga merupakan cara yang terbukti mampu mencegah kehamilan dalam waktu 10 sampai dengan 15 tahun.

Sementara itu, untuk IUD hormon bisa digunakan untuk mencegah kehamilan dalam jangka waktu 3 sampai dengan 5 tahun. Kedua pilihan ini bisa anda tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

8. Mencegah kehamilan dengan program KB

Mungkin cara mencegah kehamilan kali ini sering anda dengar karena tidak jarang diiklankan oleh pemerintah. KB atau Keluarga Berencana merupakan sebuah program yang dicanangkan pemerintah untuk menekan angka kelahiran. Terdapat beberapa jenis KB, yakni KB suntik, KB implan, maupun KB yang berbentuk pil.

Anda bisa memilih sendiri mana jenis KB yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing dari KB tersebut tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Namun, kesemua jenis KB tersebut tidak bisa dipungkiri telah banyak membantu menekan angka kelahiran.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga informasi bermanfaat dan dapat digunakan sebagai solusi untuk anda yang ingin menunda kehamilan atau memang tidak ingin hamil karena faktor usia atau karena anda mengalami kondisi tertentu.