Tensi Normal, Rendah, Dan Tinggi Berdasarkan Usia

395
Tensi Normal
Tensi Normal

Bidhuan.id – Apakah anda tahu seperti apa tensi normal itu? Tensi normal atau yang juga disebut sebagai tekanan darah normal terjadi ketika angka yang dicapai tidak berada dalam posisi yang tinggi dan juga tidak berada di dalam posisi yang rendah. Perlu anda tahu bahwa tekanan darah merupakan indikasi yang dapat memberikan informasi mengenai seberapa kuat jantung anda di dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Mengetahui tensi normal sangat penting karena anda bisa mengira-ngira sendiri ketika anda tes atau memeriksakan tekanan darah dan kemudian muncul angka, maka anda bisa tahu apakah tekanan darah yang anda miliki termasuk normal, rendah, atau bahkan tinggi.

Untuk anda yang ingin tahu informasi selengkapnya seputar tekanan darah normal, tinggi, dan juga rendah, maka simak penjelasan yang akan kami berikan khusus untuk anda. Tapi sebelum itu, kami mengajak anda membahas informasi yang juga sebelumnya telah kami ulas yakni mengenai Tensi Normal (Tekanan Darah) Berdasarkan Usia Anak – Dewasa.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Tensi Normal

Perlu anda ketahui bahwasanya tekanan darah normal yang dimiliki oleh orang dewasa adalah berkisar antara 120/80 sampai dengan 100/60 dan itupun masih dianggap normal. Memang tekanan darah setiap orang berbeda-beda karena hal ini dipengaruhi oleh faktor usia maupun juga faktor jenis kelamin.

Dengan kata lain, tekanan darah normal yang dimiliki oleh pria cenderung berbeda dengan tekanan darah yang dimiliki wanita maupun juga anak-anak. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi sebab terpengaruhinya tensi darah atau tekanan darah pada seseorang.

Beberapa faktor tersebut antara lain seperti berikut:

  • Dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari yang dikerjakan
  • Dipengaruhi oleh aktivitas tertentu yang dilakukan
  • Dan juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi tubuh seperti kesehatan jantung, lemak, psikologis, dan lain sebagainya

Memahami tentang perbedaan hipertensi dan hipotensi

Apakah anda pernah mendengar istilah hipertensi dan juga hipotensi? Kedua istilah ini memang saling dibandingkan, namun tidak semua orang mengetahuinya. Jika anda ingin tahu tentang kedua istilah tersebut, maka silahkan simak informasi di bawah ini:

Baca: Obat Amlodipine: Obat Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Angin Duduk

1. Hipotensi

Hipotensi
Hipotensi

Hipotensi merupakan sebuah istilah yang mengindikasikan bahwa kondisi tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang cenderung rendah. Kondisi tekanan darah tersebut berkisar antara 90/60 mm/Hg. Sebenarnya seseorang yang mengalami hipotensi cenderung tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena masalah ini tergolong masalah jinak alias masih bisa dikendalikan atau diatasi, asalkan masih belum mengalami beberapa kondisi seperti:

  • Pusing
  • Sesak nafas
  • Kehausan
  • Kelelahan
  • Konsentrasi yang menurun
  • Gangguan penglihatan, dan lain sebagainya

Namun anda harus ingat bahwa meskipun cenderung termasuk bisa dikendalikan, jika anda biarkan hipotensi menyerang anda, maka bisa menimbulkan kerusakan pada bagian otak dan juga jantung.

2. Hipertensi

Hipertensi
Hipertensi

Untuk istilah yang satu ini kami yakin tidak sedikit dari anda yang sudah mengetahuinya. Perlu anda tahu bahwa jika kondisi yang dialami ketika tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang mencapai angka 120/80 mm/Hg atau yang juga dinamakan sebagai prehipertensi.

Sementara itu, jika kondisi tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang mencapai angka 140/90 mm/Hg atau bahkan lebih, maka hal ini dinamakan sebagai hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi termasuk penyakit yang cenderung sulit diprediksi karena sebelumnya tidak ditunjukkan dengan tanda-tanda seperti halnya ketika seseorang menderita hipotensi.

Jika seseorang yang menderita hipertensi tidak kunjung memperhatikan pola makan dan juga pola hidupnya, maka ia bisa berakhri dengan menderita stroke dan bahkan sampai menimbulkan serangan jantung yang berujung kepada kematian. Beberapa orang yang diketahui memiliki resiko yang lebih besar terkena hipertensi adalah orang yang memiliki berat badan berlebih, memiliki kebiasaan merokok, pecandu alkohol, jarang berolahraga, suka mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asin, dan juga seseorang yang berusia di atas 55 tahun.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, hipertensi juga bisa terjadi berdasarkan faktor genetik atau keturunan. Dengan kata lain, penyakit ini tergolong merupakan penyakit turunan seperti halnya penyakit diabetes.

3. Batas tensi normal sesuai dengan usia

Setelah sebelumnya anda sudah mengetahui tentang definisi dan juga perbedaan mengenai hipertensi dan juga hipotensi, maka di bawah ini kami akan memberikan penjelasan seputar batas tekanan darah yang bisa dikatakan normal berdasarkan ketegori usia karena seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwasanya tekanan darah normal yang dimiliki seseorang cenderung berbeda.

Baca: 5 Obat Penambah Darah yang Bagus mengatasi Gejala Kurang Darah

  • Tekanan darah di bawah 2 tahun: Adapun tekanan darah normal bagi anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun adalah ketika angkanya mencapai kurang dari 104/70 mmHg. Dan dikatakan anak tersebut menderita tekanan darah tinggi jika tensi darahnya mencapai angka lebih dari 112/74 mmHg
  • Sementara tekanan darah bagi mereka yang berusia antara 3 sampai dengan 5 tahun: Dikatakan normal jika tensi darahnya mencapai kurang dari 108/70 mmHG dan dikatakan bahwa anak tersebut menderita hipertensi jika tensi darahnya mencapai angka lebih dari 116/76 mmHg
  • Adapun anak-anak usia 6 sampai 9 tahun: Dikatakan normal jika tensinya kurang dari 114/74 mmHg dan hipertensi jika lebih dari 122/78 mmHg
  • Anak-anak usia 10 sampai 12 tahun: Tensi normal jika kurang dari 122/78 mmHg dan hipertensi jika lebih dari 126/82 mmHg
  • Usia 13 sampai 15 tahun: Normal jika tensi darahnya < 130/80 mmHg dan hipertensi jika > 136/86 mmHg
  • Usia 16 sampai 20 tahun: Normal jika < 136/84 mmHg dan hipertensi jika > 140/90 mmHg
  • Usia 20 sampai 45 tahun: Normal jika tensi darahnya mencapai < 120 sampai dengan 125/75 sampai dengan 80 mmHg dan hipertensi jika > 135/90 mmHg
  • Untuk usia 45 sampai 60 tahun: Normal jika < 135 sampai 140/85 mmHg dan hipertensi jika > 140 sampai 160/90 sampai dengan 95 mmHg
  • Usia lebih dari 65 tahun: Tensi normal jika < 150/85 mmHg dan hipertensi jika > 160/90 mmHg.