Cavit D3, Suplemen Untuk Mencegah Kekurangan Kalsium

152
Cavit D3, Suplemen Untuk Mencegah Kekurangan Kalsium
Cavit D3, Suplemen Untuk Mencegah Kekurangan Kalsium

Bidhuan.id – Apa itu Cavit D3? Cavit D3 adalah obat yang diproduksi oleh Merck. Obat ini tergolong sebagai suplemen atau obat vitamin yang di dalamnya mengandung kadar kalsium cukup tinggi. Sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga menyusui yang memang memerlukan kadar kalsium tinggi.

Suplemen ini juga diindikasikan untuk pencegahan osteoporosis pada saat menopause. Osteoporosis merupakan penyakit kekurangan kepadatan pada tulang. Akibatnya, tulang menjadi mudah patah karena keropos. Osteoporosis juga dinamakan sebagai penyakit pengeroposan tulang. Penyakti ini terkadang baru bisa diketahui pada saat seseorang sudah terjatuh maupun mengalami cidera sehingga menyebabkan tulangnya patah.

Penyakit osteoporosis dapat dialami siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Akan tetapi, kondisi seperti ini cenderung lebih banyak terjadi bagi seseorang yang sudah berada pada masa menopause. Alasannya karena kadar estrogen di dalam tubuh yang berperan untuk memadatkan tulang sudah mulai berkurang.

Beberapa gejala umum yang menunjukkan bahwa orang tersebut terkena osteoporosis antara lain:

  • Tulang mudah patah meskipun hanya terkena benturan yang sifatnya ringan
  • Postur tubuh terlihat membungkuk
  • Mengalami nyeri punggung, biasanya disebabkan karena mengalami pengeroposan pada tulang belakang
  • Tinggi badan yang berkurang

Seseorang yang sudah terindikasi menderita penyakit pengeroposan tulang tidak bisa dibiarkan. Harus anda penanganan segera agar penyakitnya tersebut tidak semakin parah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi Cavit D3. Obat ini sudah terbuki mampu mengatasi penyakit osteoporosis karena memang kandungan kalsiumnya cukup tinggi.

Informasi yang berhubungan dengan Cavit D3, akan kami jelaskan di bawah ini:

Manfaat Mengkonsumsi Cavit D3

Manfaat Mengkonsumsi Cavit D3
Manfaat Mengkonsumsi Cavit D3

Seperti penjelasan yang telah kami sampaikan bahwa Cavit D3 adalah suplemen yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Suplemen ini mampu mencegah kondisi kekurangan kalsium yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, Cavit D3 juga bermanfaat untuk mencegah penyakit osteoporosis yang dialami oleh seseorang di masa menopause.

Cavit D3 merupakan obat bebas terbatas. Jadi, kemungkinan anda bisa memperolehnya tanpa resep dokter. Cavit D3 dikemas dalam 1 dos yang setiap dosnya berisi 10 strip. Setiap strip berisi 10 tablet. Suplemen ini memang sudah dipercaya karena kemampuannya yang mampu menghindarkan penyakit pengeroposan tulang di masa menopause.

Baca: 10 Suplemen Kalsium untuk Ibu Hamil dan Menyusui Berserta Harganya

Selain itu, ibu hamil dan ibu menyusui juga tidak akan kekurangan kalsium karena suplemen inilah yang akan memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Jadi, mereka tidak akan mengalami berbagai masalah yang diakibatkan oleh kekurangan kadar kalsium di dalam tubuh.

1. Dosis Obat

Informasi selanjutnya terkait dosis obat ini. Meskipun Cavit D3 tidak termasuk obat keras, bukan berarti dalam mengkonsumsinya bisa sembarangan. Obat ini tetap harus dikonsumsi secara dengan takaran dosi yang ada. Jangan sampai anda melebihi batas dari yang sudah ditentukan karena bisa mengakibatkan masalah yang tidak anda inginkan.

Adapun dosis lazimnya adalah 1 tablet setiap hari. Disarankan untuk mengkonsumsinya ketika makan. Selain itu, selalu konsumsi pada jam yang sama supaya khasiatnya bisa benar-benar anda rasakan. Jika anda ingin mengetahui informasi selengkapnya tentang dosis Cavit D3, silahkan anda tanyakan ke dokter.

2. Efek Samping Cavit D3

Apakah suplemen ini dapat menimbulkan efek samping? Sebenarnya semua obat berpotensi mengakibatkan efek samping. Apalagi jika obat tersebut dikonsumsi tanpa memperhatikan instruksi medis atau tidak dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk efek samping yang umum dialami seseorang yang mengkonsumsinya antara lain:

  • Mual
  • Pusing
  • Sakit kepala

Mungkin ada beberapa efek samping lainnya yang disebabkan karena mengkonsumsi obat ini. Sebaiknya anda tanyakan kepada apoteker atau dokter untuk mendapatkan informasi yang lain tentang efek samping selama anda mengkonsumsinya.

3. Aturan Pakai

Aturan Pakai
Aturan Pakai

Bagaimana dengan aturan pakai Cavit D3? Selengkapnya bisa anda simak penjelasan kami berikut ini.

  • Selalu lihat informasi aturan pakai suplemen ini yang sudah tertera di kemasan obat. Jika anda ingin tahu lebih lengkap, silahkan tanyakan kepada apoteker maupun dokter yang ada di tempat anda.
  • Jangan mengkonsumsi melebihi dosis yang sudah anda dapatkan. Mengkonsumsi dengan dosis tanpa anjuran medis hanya akan membuat anda mengalami beberapa kondisi yang tidak diinginkan.
  • Cavit D3 harus anda minum setiap hari secara rutin. Minum di jam dan waktu yang sama untuk meningkatkan efektivitasnya.
  • Disarankan untuk bertanya kepada dokter jika anda ingin menghentikan penggunaan obat ini.
  • Selain itu, jika di saat yang bersamaan anda juga mengkonsumsi obat-obatan lainnya, silahkan anda informasikan hal tersebut kepada dokter. Tujuannya agar tidak sampai menimbulkan interaksi obat.
  • Hal yang sama juga harus anda katakan kepada dokter jika anda juga memiliki riwayat penyakit tertentu, terutama mengalami alergi obat.
  • Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa obat ini agar anda tidak sampai mengkonsumsi obat yang sudah expired.

Baca: Lameson: Obat Keras untuk Mengobati Peradangan, Rematik, Eksim, Asma hingga Lupus

4. Cara Penyimpanan Obat

  • Selalu simpan obat ini pada tempat yang tidak lembab
  • Jangan simpan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung
  • Simpan Cavit D3 di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak anda
  • Jangan membekukan obat ini atau menyimpannya di kamar mandi
  • Jika ternyata suplemen ini sudah habis masanya dan waktunya dibuang, jangan buang sembarangan. Anda harus membuangnya di tempat yang tepat.

5. Interaksi Obat

Untuk mencegah terjadinya interaksi obat, penting untuk memberi tahu dokter tentang apa saja obat yang sedang anda konsumsi pada waktu itu. Selain itu, anda juga harus menginformasikan kepada dokter tentang riwayat penyakit yang anda alami. Jadi, dokter bisa menentukan dosis terbaik untuk kondisi anda.

Demikian penjelasan kami seputar obat Cavit D3. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mendapatkan informasi tentang salah satu suplemen untuk pencegahan kekurangan kalsium.