Kisah Inspiratif Sadiq Khan, Anak Supir Bus Jadi Walikota Muslim London Pertama

0
2840
sadiq khan

Kisah Inspiratif Sadiq Khan, Anak Supir Bus Jadi Walikota Muslim London Pertama. Sejarah tercipta di Inggris ketika London memilih Sadiq Khan sebagai wali kota, seorang putra supir bus asal Pakistan yang sempat dituduh memiliki kaitan dengan ekstremisme.

Hasil pemungutan suara Kamis (05/05), memperlihatkan calon Partai Buruh ini meraih 56,8% suara sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif meraih 43,2% suara, dengan tingkat partisipasi 45,3% dari jumlah pemilih.

Khan yang lahir di London pada tahun 1970 dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik perempuannya di Tooting, daerah di London selatan dengan etnis beragam.

“Cerita saya adalah cerita tentang London. Ayah saya adalah seorang supir bus dan ibu saya penjahit. London memberikan saya kesempatan untuk berkembang, dari rumah susun dan menjalankan usaha yang berhasil dan menjabat di kabinet,” kata Khan, anggota parlemen pihak oposisi, Partai Buruh, dikutip dari bbc.

Berikut profil lengkapnya sesuai dengan biografi di situs pribadinya http://www.sadiq.london/

Saya lahir di London dan telah tinggal di sini sepanjang hidup saya. Istri saya adalah Londoner juga dan kita membesarkan dua anak perempuan kami di sini. kisah keluarga kami adalah salah satu cara London telah membantu kami berhasil.

Orang tua saya pindah ke London dari Pakistan pada 1960-an. Ayah saya mendapat pekerjaan yang layak sebagai sopir bus dan orang tua saya bisa mendapatkan dewan terjangkau rumah sehingga mereka bisa menghemat deposit untuk membeli tempat mereka sendiri.

Saudara-saudara saya, dan kakak saya semua mendapat pendidikan negara-sekolah fantastis di Tooting dan kesempatan untuk pergi ke pendidikan yang lebih tinggi atau lebih tanpa harus menjalankan utang besar. Aku punya tempat universitas berdasarkan bakat saya daripada kemampuan saya untuk membayar. Adikku mendapat magang berkualitas tinggi.

Sebagai seorang pengacara hak asasi manusia, saya membela orang-orang yang mengalami diskriminasi, dan akhirnya membantu menjalankan perusahaan dengan 50 karyawan. Aku melihat tangan pertama diskriminasi dapat memiliki dampak pada kehidupan masyarakat dan ini telah membuat saya bertekad untuk melawannya dimana pun aku melihatnya. 

Pada tahun 2005 saya terpilih menjadi anggota parlemen untuk Tooting dan itu adalah salah satu momen paling membanggakan dalam hidup saya. Untuk mewakili daerah di mana Anda dibesarkan adalah hak istimewa yang besar dan salah satu yang saya telah menikmati.

Pos menteri pertama saya adalah sebagai Menteri Negara Untuk Komunitas, bekerja dengan orang-orang dari semua agama untuk mempromosikan pemahaman yang lebih besar, termasuk menanggulangi anti-Semitisme dan Islamophobia.

Kemudian saya menjadi Muslim pertama sebagai Menteri Transportasi dan pertama di Asia untuk menghadiri Kabinet. Sebagai menteri bisa membantu memastikan proyek, yang sangat penting untuk kebutuhan transportasi London dan menjadi kenyataan.

Aku menuju kampanye melalui Partai Buruh di London pada Pemilu 2015. Pada apa adalah hari yang gelap untuk Buruh di seluruh negeri, di London kita benar-benar meningkat suara kami dan memenangkan kursi dari kedua Tories dan Demokrat Liberal.

Hidupku tidak semua politik. Saya menghabiskan waktu sebanyak yang saya bisa dengan keluarga saya dan saya cukup beruntung bahwa saudara-saudara saya semua masih tinggal di dekat saya di London Selatan sehingga saya bisa melihat mereka cukup banyak.

Saya juga penggemar berat olahraga, terutama sepak bola, tinju dan kriket. Aku berlari 2014 London Marathon, dan saya senang telah mengangkat lebih dari £ 20.000 untuk direbut Dana Evening Standard dalam melakukannya.

Tambahan informasi dari Wikipedia bahwa Sadiq diangkat menjadi Menteri Negara urusan Komunitas pada tahun 2008 oleh Perdana Menteri Gordon Brown dan menjadi orang Pakistan Britania kedua yang menjabat di pemerintahan. Kemudian Khan kemudian menjadi Menteri Negara untuk Transportasi dan bergabung dengan kabinet bayangan Ed Miliband sebagai Secretary of State for Justice bayangan dan Lord Chancellor bayangan pada tahun 2010. Pada 16 Januari 2013, ia juga diangkat sebagai Menteri untuk London bayangan, pada 11 Mei 2015, ia mengundurkan diri dari kabinet bayangan ini untuk menjadi calon wali kota Partai Buruh. Pada 11 September 2015, Khan diusung sebagai calon wali kota London oleh Partai Buruh

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut mengucapkan selamat melalui akun twitter pribadinya.

BACA JUGA