10 Obat Bisul Alami Yang Terbukti Ampuh Dan Cepat Untuk Bisul Membandel

197
Obat bisul anak dengan kunyit
Obat bisul anak dengan kunyit

Bidhuan.id – Apa saja obat bisul alami yang akan membuat bisul anda cepat sembuh?  Tidak ada orang yang berkeinginan untuk memiliki penyakit. Setiap orang yang terkena penyakit tentu akan membuat perasaannya tidak bahagia dan setiap saat akan memikirkan mengenai penyakitnya tersebut. Salah satu penyakit yang mengakibatkan kita tidak bisa tidur dan malah mengakibatkan kehilangan rasa percaya diri adalah bisul.

Bisul merupakan sebuah penyakit karena jamur. Penyakit ini juga akan menimbulkan nanah dan tidak jarang juga akan berdarah. Penyakit bisul bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Ada orang yang terkena penyakit bisul di punggung, tangan, kaki, perut, dan bahkan ada yang terkena bisul di wajah. Jika bisul tersebut terkena keringat, maka akan menimbulkan rasa gatal. Maka dari itu, anda harus segera mengobatinya dengan obat bisul alami. Banyak obat bisul alami yang bisa anda manfaatkan yang mana bahan-bahannya tidak terlalu sulit dibuat.

Selain itu, pengobatan dengan bahan-bahan alami juga cederung tidak menimbulkan efek samping. Dengan begitu, obat ini bisa digunakan dalam waktu yang lama. Berbeda dengan obat bisul yang ada di apotek yang mana beberapa diantaranya tidak bisa digunakan untuk pengobatan jangka panjang.

Obat Bisul Alami Cepat Sembuh

Seperti apa yang sudah kami jelaskan bahwa banyak obat bisul dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa anda buat sendiri. Bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit sehingga siapapun bisa menggunakannya. Di bawah ini akan kami berikan beberapa refernsi mengenai obat bisul dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa anda manfaatkan.

1. Obat bisul anak dengan kunyit

Pengobatan bisul alami untuk anak anda yang mengalami penyakit kulit tersebut adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Rempah yang satu ini merupakan bahan yang wajib dan harus ada di setiap dapur. Alasan mengapa kunyit bisa digunakan sebagai pengobatan bisul adalah karena sifatnya yang merupakan anti bakteri.

Selain mengobati bisul, kunyit juga merupakan obat panu yang juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi panu yang tidak kunjung sembuh. Penggunaan kunyit untuk obat bisul pun sangat mudah. Anda harus menyipkan minimal 2 ruas kunyit yang sudah anda cuci. Kemudian anda kupas dan tumbuk kunyit tersebut.

Setelah itu, anda harus mengoleskannya ke bagian kulit yang terkena bisul. Pengobatan ini disarankan untuk dilakukan dalam waktu minimal 2 kali sehari. Yakni di waktu pagi dan juga sore hari. Namun harus diingat bahwa kemungkinan akan menimbulkan sedikit rasa perih sehingga pastikan anak anda tahan dengan rasa perih tersebut.

2. Obat bisul supaya cepat pecah dengan minyak pohon teh

Obat bisul supaya cepat pecah dengan minyak pohon teh
Obat bisul supaya cepat pecah dengan minyak pohon teh

Siapa yang menyangka jika minyak pohon teh merupakan salah satu obat alami untuk solusi bagi para penderita bisul. Minyak pohon teh mengandung zat yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan juga anti bakteri. Dengan begitu, bakteri yang menyebabkan bisul pun akan cepat mati.

Untuk penggunaan minyak pohon teh tentunya tidak sulit. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengoleskannya ke kulit atau ke bisul anda. Oleskan secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan. Selain itu, anda juga harus memperhatikan mengenai pelarangan agar tidak mengoleskan minyak tersebut ke bagian kulit yang masih terdapat luka.

Minyak kelapa memang terbukti untuk mengatasi mampu mengatasi beragam masalah kulit yang tak kunjung sembuh. Dengan mengoleskan minyak kelapa secara rutin, maka bisul yang anda miliki akan cepat pecah. Dengan begitu, anda bisa terbebas dari bisul yang selama ini mengganggu.

3. Bawang putih sebagai pengobatan bisul alami

Bawang putih sebagai pengobatan bisul alami
Bawang putih sebagai pengobatan bisul alami

Siapa yang tidak tahu bawang putih, salah satu bumbu dapur yang bahkan setiap harus harus selalu ada dalam masakan ini merupakan salah satu bahan yang bisa bermanfaat untuk pengobatan bisul. Bawang putih memang mengandung zat yang berperan sebagai anti peradangan. Obat bisul dengan menggunakan bawang putih merupakan salah satu obat terampuh yang akan membuat bisul anda cepat pecah.

Baca juga: Cara mengobati bisul secara tradisional

Yang perlu anda lakukan adalah dengan menumbuk bawang putih sampai halus. Setelah itu, anda harus mulai menaruh bawang putih tersebut ke kulit. Ingat, seperti halnya ketika menggunakan kunyit, anda akan sedikit merasakan perih di bagian bisul anda tersebut. Meskipun begitu, rasa perih yang anda alami merupakan hal yang wajar karena memang merupakan cara kerja dari obat ini.

Anda harus menggunakan obat ini secara rutin. Jika ternyata obat ini masih belum memberikan hasil positif, maka silahkan anda mulai menghubungi dokter dan memberitahu mengenai kondisi anda.

4. Daun sirih sebagai obat bisul agar tidak kambuh lagi

Daun sirih sebagai obat bisul agar tidak kambuh lagi
Daun sirih sebagai obat bisul agar tidak kambuh lagi

Obat bisul alami yang keempat dan bisa juga menjadi solusi bagi anda yakni daun sirih. Daun sirih memang sudah tidak diragukan lagi akan beragam manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan dunia kuliner. Daun sirih bukan hanya merupakan obat bisul untuk orang dewasa, melainkan juga bisa menjadi solusi obat bisul bagi anak-anak.

Penggunaan daun sirih untuk obat bisul sangat mudah. Anda harus merebus daun sirih tersebut dan kemudian anda kompreskan ke kulit anda. Lakukan pengobatan tersebut sampai daun sirih benar-benar telah kering. Biasanya pengobatan menggunakan daun sirih dilakukan dua kali dalam sehari.

Daun sirih juga bisa menjadi solusi untuk pengobatan bisul jangka panjang. Dijamin jika anda menggunakan pengobatan tersebut dengan rutin, maka bisul yang anda alami akan cepat sembuh.

5. Obat bisul alami dengan daun sirsak

Obat bisul alami dengan daun sirsak
Obat bisul alami dengan daun sirsak

Selain menggunakan daun sirih, daun sirsak juga bisa menjadi salah satu obat bisul alami yang bisa anda manfaatkan. Anda bisa dengan mudah menemukan daun sirsak di sekitar rumah anda. Disarankan agar anda menggunakan daun sirsak yang masih memiliki daun hijau. Jangan menggunakan daun sirsak yang sudah kering atau warnanya sudah berubah.

Daun sirsak mengandung antioksidan yang berperan untuk pengobatan bisul secara alami. Penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan daun sirih. Anda perlu menumbuknya dan kemudian anda letakkan di kulit anda yang terkena bisul. Anda harus tahu bahwasanya nantinya obat tersebut akan menyebabkan rasa perih di daerah bisul.

Akan tetapi, kami yakin anda tidak mengalami masalah dengan bisul tersebut. Dengan begitu, obat ini bisa menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa anda gunakan.

6. Obat bisul alami di wajah dengan daun ciplukan

Obat bisul alami di wajah dengan daun ciplukan
Obat bisul alami di wajah dengan daun ciplukan

Mungkin sekarang untuk menemukan daun ciplukan sedikit lebih sulit. Tumbuhan yang satu ini memang sudah jarang tumbuh. Padahal, daun ciplukan merupakan salah satu obat alami yang bisa anda gunakan untuk pengobatan bisul. Selain itu, daun ciplukan juga tidak menimbulkan efek samping.

Anda bisa menggunakan daun ciplukan tersebut sebagai pengobatan bisul yang selama ini menggangu anda. Untuk pengobatannya sama dengan ketika anda menggunakan daun sirsak atau daun sirih. Hanya saja anda nanti harus meletakkan di wajah anda. Jangan sampai terkena mata atau malah tertelan. Pastikan bahwa daun ciplukan tersebut sudah kering dan barulah anda bisa mulai mengeluarkannya.

Baca juga: Salep antibiotik untuk bisul yan dijual di apotek

7. Obat bisul dan gatal dengan akar pule pandak

Mungkin untuk penggunaan akar pule pandak masih banyak yang belum tahu. Bahkan, ada yang tidak tahu bahwa ada sebuah obat yang bernama akar pule pandak. Akar pule pandak biasanya merupakan solusi bagi anda yang mengalami susah tidur. Selain itu, obat ini ternyata terbukti ampuh untuk mengatasi bisul yang tidak kunjung sembuh.

Pengobatan menggunakann akar pule pandak bisa menjadi salah satu pilihan terbaik ketika pengobatan sebelumnya sudah tidak terbukti memberikan hasil. Akar pule pandak tersebut nantinya akan anda gunakan sebagai obat minum. Selain untuk mengatasi bisul, akar pule pandak juga bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalai gatal-gatal.

8. Obat bisul alami untuk gejala bisul

Seperti kata pepatah bahwa mencegah lebih baik dibandingkan mengobati. Meskipun bisul merupakan penyakit yang tekadang bisa datang kapan saja, namun sebenarnya anda masih bisa mengatasi atau mencegah penyakit tersebut. Banyak cara yang bisa anda lakukan sebagai tindakan pencegahan bisul.

Biasanya bisul akan dimulai oleh rasa gatal dan kemudian timbul bintik-bintik kecil. Jika anda melihat bahwa kulit anda mulai muncul bintik-bintik, maka sudah seharusnya anda harus segera mencegahnya. Beberapa obat yang bisa anda pilih antara lain bawang merah, bawang putih, tanaman jombang, temulawak, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, maka pengobatan bisul yang dilakukan dengan mudah agar supaya bisul yang anda alami tidak sampai semakin parah yang tentu pengobatannya lebih rumit dan membutuhkan waktu lama.

9. Obat bisul dan jerawat dengan bunga matahari

Pengobatan yang lain secara alami untuk pengobatan bisul adalah dengan bunga matahari. Mungkin anda sudah tidak asing dengan bunga matahari, namun kami yakin bahwa anda masih belum tahu bentuk asli dari bunga matahari tersebut. Bunga matahari merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi bisul dan juga jerawat.

Jerawat maupun juga bisul merupakan salah satu masalah kulit yang bisa membuat siapapun akan langsung kehilangan kepercayaan dirinya. Untuk pengobatan dengan bunga matahari cukup mudah. Anda perlu menyiapkan minyak wijen. Kemudian matahari yang kemudian anda harus mensangrainya sampai kering.

Setelah itu, anda harus menumbuk bungan matahari tersebut hingga halus dan juga mulailah untuk mencampurkannya dengan minyak wijen dan anda aduk hingga menjadi seperti adonan. Setelah itu, anda tinggal oleskan ramuan tersebut ke kulit. Dijamin jika pengobatan tersebut rutin anda lakukan, maka bisul yang anda miliki akan cepat sembuh.

10. Obat untuk jerawat bisul dengan memanfaatkan daun anyang-anyang muda

Obat bisul alami terakhir yang juga bisa anda manfaatkan adalah dengan menggunakan daun anyang-anyang muda. Untuk penggunaan daun ini tidak jauh berbeda dengan ketika anda menggunakan daun yang lainnya. Anda perlu mencuci dan kemudian menumbuknya hingga halus. Setelah itu, yang perlu anda lakukan adalah meletakkan daun anyang-anyang tersebut ke kulit yang memiliki jerawat bisul. Pengobatan ini akan terbukti ampuh dan efektif jika anda menggunakannya secara rutin. Dengan begitu, jerawat bisul akan pecah dan hilang dengan sendirinya.