12 Obat Bisul Paling Mujarab Di Apotek

600
Ichtyol agar bisul cepat kering dan sembuh
Ichtyol agar bisul cepat kering dan sembuh

Bidhuan.id – Seperti apa obat bisul yang paling mujarab? Bisul merupakan sebuah benjolan yang di dalamnya berisi nanah. Bisul adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Staphylococcus aureus. Bisul kebanyakan muncul di daerah seperti wajah, ketiak, tangan, bokong, leher, atau juga paha. Meskipun bisul umumnya bisa hilang dengan cara dikompres menggunakan air hangat, namun tidak semua bisul dapat disembuhkan dengan cara tersebut.

Hal ini membuat anda harus mengetahui apa saja obat bisul yang sudah terbukti ampuh. Meskipun sebenarnya bisul bukan termasuk salah satu penyakit kulit yang serius, namun jika kondisi ini dibiarkan, maka bisul yang anda miliki akan tambah banyak. Ketika bisul tersebut berada di daerah kulit yang terbuka atau tidak tertutupi oleh pakaian, maka akan membuat rasa percaya diri anda bisa menurun.

Obat Bisul Terbaik Untuk DIjadikan Pilihan

Terdapat beragam obat bisul yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bisul anda. Beberapa obat bisul tersebut ada yang dibuat dari bahan-bahan alami, ada juga obat bisul yang didapatkan dengan membeli di apotek. Namun, dari kesemua obat bisul tersebut, mereka memiliki sistem atau mekanisme kerja yang tidak berbeda. Yakni, dengan mencegah penyebaran bakteri dan meredakan infeksi yang terjadi pada kulit.

Berikut ini akan kami jelaskan tentang apa saja obat bisul yang bisa anda gunakan untuk mengobati bisul yang tak kunjung sembuh. Namun sebelum itu, kami ingin membagikan informasi seputar obat antibiotik paling ampuh untuk kempeskan bisul yang sudah dibahas beberapa waktu yang lalu.

1. Obat bisul paling ampuh yaitu Mupicorin

Obat bisul paling ampuh yaitu Mupicorin
Obat bisul paling ampuh yaitu Mupicorin

Mupicorin merupakan salah satu merk obat bisul yang disarankan untuk mengatasi bisul anda. Obat ini termasuk ke dalam salep antibiotik yang bekerja dengan melawan bakteri penyebab bisul. Selain itu, Mupicorin akan bekerja dengan cara menghambat penyebaran enzim isoleusil-tRNA sintetase. Enzim inilah yang nantinya akan menimbulkan infeksi pada kulit anda.

Di dalam Mupicorin juga mengandung zat bernama polyethylene glycol yang dapat diserap oleh tubuh dengan baik. Namun, Mupicorin merupakan obat resep sehingga untuk anda yang ingin menggunakan obat ini, maka harus mendapatkan resep dari dokter. Jika Mupicorin digunakan dalam waktu lama, maka bisa menyebabkan terganggunya fungsi ginjal dan juga gatal.

2. Bisul di ketiak dengan Gentamicin

Bisul di ketiak dengan Gentamicin
Bisul di ketiak dengan Gentamicin

Gentamicin adalah obat salep yang antibiotik yang juga efektif untuk mengatasi bisul yang membandel dan tidak cukup hanya dengan dikompres. Cara kerja dari gentamicin adalah dengan menghambat dan membunuh bakteri sehingga tidak sampai menyebar ke suluruh tubuh.

Sama halnya dengan penggunana Mupicorin, gentamicin juga harus anda gunakan sesuai dengan instruksi dokter. Jika anda tidak menerapkan petunjuk dokter, maka penggunaan gentamicin untuk mengatasi bisul malah tidak berjalan efektif. Bahkan, penggunaan gentamicin yang tidak sesuai juga menjadi sebab mengapa bisul yang anda alami malah tidak sembuh dan bahkan menyebar ke bagian yang lainnya.

Baca: Cara Pengobatan Jerawat Dengan Serum Vitamin C yang Tepat

Dosis umum gentamicin adalah sebanyak 3 sampai dengan 4 kali. Anda tinggal mengoleskannya ke kulit yang mengalami bisul. Pengobatan ini harus dilakukan secara rutin agar hasil yang anda dapatkan bisa memuaskan. Dengan begitu, kesembuhan yang akan anda dapatkan pun akan berlangsung lebih cepat.

3. Benzocaine untuk obat bisul di kepala

Masih membahas mengenai obat bisul yang berbentuk salep. Benzocaine merupakan salah satu merk obat bisul terbaik yang banyak digunakan oleh orang dewasa. Cara kerja dari obat yang satu ini tidak jauh berbeda dengan obat bius. Benzocaine akan membantu meredakan infkeksi pada kulit serta membantu meringankan rasa sakit yang biasanya dialmi oleh para penderita bisul.

Oleh sebab itu, ketika anda mengoleskan benzocaine hanya sedikit saja, maka rasa sakit yang anda alami akan langsung hilang. Maka dari itu, ketika anda mengoleksan benzocaine, maka cukup oleskan sedikit saja. Oleskan hanya ke bagian yang memiliki bisul atau infeksi lulit.

Jika anda menggunakan benzocaine dengan kadar yang berlebihan, kemungkinan akan menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu, obat salep yang satu ini juga bisa mengakibatkan anda menderita kemerahan dan ruam kulit. Yang perlu anda ingat, jika ketika menggunakan benzocaine masih belum mendapatkan hal yang positif, maka segeralah untuk menghubungi dokter.

4. Clindamycin efektif sebagai obat bisul di bokong

Obat bisul paling mujarab yaitu Clindamycin
Obat bisul paling mujarab yaitu Clindamycin

Sekarang kita berpindah ke obat salep yang berbentuk obat oral. Clindamyin merupakan obat yang digunakan untuk mengobati bisul yang bersifat serius. Dengan kata lain, jangan gunakan Clindamyin jika bisul yang anda alami tidak termasuk penyakit kulit serius. Cara kerja dari Clindamyin adalah dengan melakukan penghambatan terhadap produksi protein yang dilakukan bakteri.

Clindamyin juga merupakan obat antibiotik. Artinya, ketika anda hendak menggunakan obat ini, maka sebaiknya pahami betul mengenai dosis dan bagaimana cara penggunaan Clindamyin yang benar. Jika anda tiba-tiba menghentikan penggunaan Clindamyin atau obat lain yang tergolong ke dalam obat antibiotik, maka bisa menyebabkan penyebaran bakteri yang semakin meningkat.

Baca juga: 13 Obat Bisul Antibiotik Paling Ampuh Kempeskan Bisul Membandel dan Harga di Apotik

Maka dari itu, jika anda ingin berhenti untuk tidak menggunakan Clindamyin, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberikan solusi terbaik untuk tidak membuat bakteri menyebar ke kulit anda.

5. Diprogenta untuk obat bisul agar cepat pecah

Obat bisul memang kebanyakan tergolong ke dalam antibiotik. Hal ini karena antibiotik tersebut yang akan bekerja memperlambat serta membunuh penyebaran bakteri. Obat bisul yang juga menjadi salah satu yang dianjurkan yaitu Diprogenta. Obat ini memang sudah terbukti dapat mengempeskan bisul dalam waktu singkat, asalkan anda menggunakannya secara tepat.

Bagi anda yang ingin mendapatkan Diprogenta, maka anda bisa pergi ke apotek. Dosis yang harus anda gunakan adalah 2 kali dalam sehari. Namun dosis tersebut kemungkinan juga bisa berubah. Alasannya adalah harus disesuaikan dengan kondisi anda. Oleh sebab itu, sebaiknya bicarakan dosis Diprogenta kepada dokter jika ternyata anda termasuk seseorang dengan riwayat penyakit tertentu.

Untuk harga yang harus anda bayar ketika ingin membeli Diprogenta adalah Rp. 80.000 untuk setiap 5 mg. Harga yang terbilang sesuai dengan khasiat yang terkandung di dalam obat Diprogenta.

6. Betasin sebagai pengobatan bisul agar tidak kambuh

Harga untuk Betasin adalah Rp. 57.000 per tube. Harganya memang cukup mahal, namun dengan kualitas yang ada pada obat ini, rasanya harga tersebut masih terbilang wajar. Betasin sendiri menjadi salah satu obat salep yang juga banyak direkomendasikan untuk pengobatan bisul. Kandungan gentamicin dan juga betamethasone di dalam obat ini yang nantinya akan membunuh bakteri yang mengakibatkan bisul tak kunjung sembuh.

Dosis yang harus anda gunakan yakni sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari. Akan tetapi, penggunaan Betasin tidak disarankan untuk jangka panjang. Jika anda tetap menggunakan Betasin dalam waktu yang lama, bisa-bisa anda mengalami beragam masalah yang tidak anda inginkan. Bagi anda yang ingin menggunakan salep Betasin, maka silahkan anda datang ke apotek terdekat di rumah anda.

7. Obat bisul bernanah paling mujarab yaitu Penicillin

Bagi anda yang merasa tidak cocok dan tidak memberikan hasil ketika menggunakan obat berbentuk salep, maka kami menyarankan anda untuk menggunakan Penicillin. Obat ini tergolong ke dalam obat telan alis obat yang cara mengkonsumsinya dengan cara dimasukkan ke dalam mulut. Dengan menggunakan Penicillin secara rutin, maka bisul akan cepat hilang dan tidak akan datang lagi.

Untuk harga dari Penicillin terbilang murah. Anda harus membelinya dengan harga Rp. 22.000 untuk setiap tube nya jika ingin menggunakan Penicillin. Akan tetai, yang disayangkan dari Penicillin adalah ia termasuuk obat tidak bebas. Dengan kata lain, bagi anda yang hendak menggunakan Penicillin, maka siapkan resep dokter terlebih dahulu dan barulah anda bisa datang ke apotek dekat rumah anda.

Baca juga: 13 Obat Bisul Alami Cepat Sembuh untuk Mengobati Bisul Paling Mujarab

8. Asam Fusidat untuk bisul cepat sembuh

Bisul anda tidak mau hilang meskipun sudah diberikan beragam obat? Coba gunakan Asam Fusidat. Cara kerja dari Asam Fusidat adalah dengan menghentikan perkembangan dan penyebaran bakteri. Selain itu, obat ini juga akan mengurangi rasa gatal yang sangat mengganggu apalagi jika yang terjadi di daerah yang terkea keringat.

Asam Fusidat juga merupakan obat salep sehingga bagi anda yang ingin menggunakannya, tinggal anda oleskan pada bagian kulit yang mempunyai bisul. Anda harus mengoleskan Asam Fusidat sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari. Dengan menggunakan Asam Fusidat secara rutin, maka bisul yang anda miliki akan cepat mengempes. Sementara itu, untuk harga dari Asam Fusidat adalah Rp 40.000 untuk setiap tube.

9. Ichtyol agar bisul cepat kering dan sembuh

Salah satu obat bisul yang mungkin masih banyak belum diketahui adalah Ichtyol. Padahal, obat ini merupakan salah satu obat terbaik yang terbukti ampuh untuk mengobati bisul dalam waktu singkat. Ichtyol merupakan obat berbentuk salep yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan obat salep yang lainnya.

Ichtyol berwarna hitam yang bekerja dengan cara menghambat serta membunuh bakteri yang menyebabkan bisul. Disarankan untuk mengoleskan Ichtyol sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sehari di area kulit yang terdapat bisul. Sebelum anda mengoleskan Ichtyol, dianjurkan untuk mencuci atau membersihkan bisul anda terlebih dahulu. Untuk harga dari Ichtyol terbilang sangat murah, yakni hanya Rp. 7.000 per tube-nya.

10. Obat bisul di apotek yaitu Meixam

Obat bisul di apotek yaitu Meixam
Obat bisul di apotek yaitu Meixam

Meixam mungkin juga termasuk ke dalam salah satu obat bisul yang banyak orang belum tahu. Harga untuk membeli Meixam adalah Rp. 4.700 per tube. Keunggulan dari Meixam adalah ia bukan hanya untuk orang dewasa, melainkan juga bisa digunakan untuk anak-anak. Ketika menggunakan obat ini, dianjurkan agar mengkonsumsinya setelah anda makan agar nantinya Meixam bisa bekerja secara lebih optimal.

11. Flucloxacillin untuk pengobatan bisul paling efektif

Flucloxacillin untuk pengobatan bisul paling efektif
Flucloxacillin untuk pengobatan bisul paling efektif

Obat bisul yang juga menjadi salah satu dari sekian obat bisul yang terbaik adalah Flucloxacillin. Obat ini dijual dengan harga Rp. 40.000 untuk setiap stripnya. Flucloxacilin merupakan solusi terbaik bagi bisul yang tidak kunjung sembuh.

12. Obat gatal dan bisul paling mujarab yaitu Cephalexin

Obat ini berbentuk salep dan menjadi obat antibiotik yang dianjurkan untuk anda yang menderita bisul membandel. Beberapa efek samping akibat menggunakan obat ini seperti sakit kepala, demam, ruam, sakit perut, dan lain-lain.