Obat Batuk Dextral Forte: Bahan Aktif, Dosis, Efek Samping

704
Obat Batuk Dextral Forte - Bahan Aktif Dosis Efek Samping
Obat Batuk Dextral Forte - Bahan Aktif Dosis Efek Samping

Bidhuan.id – Dextral adalah salah satu obat batuk yang bisa kita temui dengan mudah di apotik dengan harga yang terjangkau. Manfaat dari obat Dextral Forte ini adalah untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh adanya alergi yang biasanya disertai oleh flu. Untuk obat dextral sendiri sebenarnya ada beberapa jenis obat yang ditawarkan dengan merk Dextral. Ada obat Dextral yang berbentuk kapsul atau kaplet, dan syrup.

Harga dari obat ini adalah sekitar Rp 10.500,- per satu strip dengan isi 10 tablet per strip dan bisa dengan mudah ditemukan di apotik – apotik terdekat.

Batuk sendiri bisa diakibatkan oleh beberapa hal dan jenis – jenis obat batuk yang ada dipasaran juga disesuaikan dengan kondisi batuk yang kita alami. Obat batuk pilek Dextral kegunaan, dosis, efek samping, dan harga di apotik memiliki bentuk yang berbeda dengan Dextral Forte. Dan kali ini, saya akan membagikan informasi seputar salah satu jenis obat Dextral.

Bahan Aktif, Dosis, dan Efek Samping Obat Dextral Forte

dextral forte
dextral forte

Tentunya untuk mengetahui cara kerja ataupun fungsi dari suatu obat terutama obat dextral yang sedang kita bahas kali ini penting untuk diketahui. Pasalnya, apabila obat yang dikonsumsi berbeda, tentunya akan berbeda pula efek yang akan ditimbulkannya. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu kita ketahui.

Bahan Aktif Dextral Forte

Mengetahui adanya kandungan bahan aktif pada suatu obat tertentu bisa membantu kita mengetahui jenis obat apa saja yang harus kita hindari. Tentunya apabila obat tertentu mengandung bahan aktif yang membuat kita alergi, maka kita bisa menghindarinya.

Waspada! bahaya 8 jenis obat bebas jika penggunaannya salah tentunya perlu diwaspadai. Penggunaan obat yang salah karena pemilihan jenis obat yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatan juga bisa fatal akibatnya. Terlebih apabila kita harus mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka waktu yag cukup lama. Oleh karena itu, pengetahuan akan bahan aktif dan penggunaan obat sangatlah penting.

Beberapa kandungan bahan aktif dalam obat ini adalah Dextromethorphan HBr, Phenylpropanolamine, dan Chlorpheniramine Maleate. Bahan aktif pertama yaitu Dextromethorphan HBr adalah bahan aktif yang berfungsi untuk mencegah dan menahan adanya refleks batuk. Dan karena cara kerjanya adalah untuk mencegah kita untuk batuk maka obat ini tidak disarankan bagi yang memiliki kondisi batuk berdahak. Karena tentunya batuk berdahak akan membutuhkan obat yang bisa membantu mengeluarkan dahak seperti salah satu dari 4 obat pengencer dahak untuk mengobati batuk berdahak.

Selanjutnya, ada bahan atau zat aktif yang disebut Phenylpropanolamine. Bahan aktif ini berfungsi untuk membantu untuk melegakan pernapasan. Dan untuk bahan aktif Chlorpheniramine Maleate, memiliki fungsi untuk meredakan gejala alergi yang ada dan menyebabkan kondisi batuk itu sendiri. Selain tiga jenis bahan atau zat aktif ini, masih ada juga beberapa bahan aktif lainnya yang perlu diketahui dalam obat ini.

Dosis Obat Dextral

Penggunaan dosis obat tertentu sebenarnya akan tetap lebih baik apabila diberikan oleh dokter, terutama apabila obat tersebut bukanlah obat bebas. Mengetahui adanya mekanisme kerja antibiotik itu bagaimana dan obat lainnya tentu akan membantu kita untuk mengetahui cara kerja suatu obat tertentu.

Selain itu, dengan mengetahui aturan pakai suatu obat tertentu maka kita akan mulai mengetahui aturan dosis obat – obatan yang akan kita konsumsi. Untuk obat ini, ada dua jenis dosis yang perlu diperhatikan yaitu dosis dewasa dan anak – anak. Untuk dosis dewasayang berusia diatas 12 tahun maka bisa mengkonsumsi obat ini sebanyak 1 tablet dan dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari.

Sedangkan untuk anak – anak dengan usia 6 – 12 tahun, dosis yang bisa dikonsumsi adalah sebanyak setengah tablet sebanyak 3 kali sehari. Karena untuk obat anak akan sulit dan membuat orang tua khawatir, maka ada 12 obat batuk pilek anak di apotik, herbal dan tradisional lengkap yang referensinya bisa ditemukan di website ini. Tentunya kondisi konsumsi dosis ini bisa berbeda dengan kondisi seseorang. Apabila seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu dengan alergi bahan aktif tertentu pada suatu obat maka jangan ragu untuk memeriksakan kondisi ke dokter.

Efek Samping Obat Dextral

Efek Samping Obat Dextral

Apapun yang kita konsumsi tentunya akan memberikan efek pada tubuh kita. Baik itu efek baik ataupun efek buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan kita. Dan hal ini juga berlaku pada obat. Dan untuk konsumsi obat ini sendiri juga ada beberapa efek samping yang bisa timbul. Beberapa efek samping yang mungkin timbul adalah rasa kantuk, mual, dan mulut yang terasa kering.

Efek samping berupa rasa kantuk bisa dibilang adalah hal yang wajar. Dengan memiliki rasa kantuk dan memberikan tubuh kita beristirahat maka tubuh akan menjadi lebih maksimal dalam membantu menyembuhkan kondisi kesehatan kita. Untuk rasa mual, bisa dibantu diatasi dengan 15 makanan penghilang mual saat hamil praktis, efektif tanpa bahan kimia. Dan tentunya, apabila ada efek samping lain yang timbul dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama maka tentu kita perlu untuk memeriksakan diri kita ke dokter.

Efek samping yang lebih berat bisa terjadi apabila ternyata ada kondisi kesehatan tertentu yang tidak seharusnya mengkonsumsi obat ini. Misalnya, seseorang dengan kondisi tekanan darah tinggi maka orang tersebut tidak seharusnya mengkonsumsi obat ini. Obat ini memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah. Apabila Anda masih tidak mengetahui tensi normal (tekanan darah) berdasarkan usia anak – dewasa, maka jangan ragu untuk segera melakukan pengecekan.

Baca: Dextral obat apa? Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga di Apotik

Itulah infomasi yang bisa saya berikan mengenai salah satu obat dextral. Temukan juga artikel kesehatan lainnya yang bisa ditemukan di website ini. Seperti, 4 obat batuk kering untuk anak – anak dan orang dewasa. Semoga dengan berbagai artikel kesehatan yang disediakan disini bisa membantu Anda untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan dan obat – obatan yang bisa membantu mengatasi kondisi kesehatan yang sedang Anda dialami.