Obat Batuk Silex: Bahan Aktif, Dosis, Efek Samping

291
Obat Batuk Silex - Bahan Aktif Dosis Efek Samping
Obat Batuk Silex - Bahan Aktif Dosis Efek Samping

Obat batuk silex adalah salah satu jenis obat batuk yang digunakan untuk membantu meredakan kondisi batuk berdahak. Cara kerja dari obat ini adalah dengan mengencerkan lendir atau dahak yang berada dalam saluran pernapasan. Obat ini juga tergolong kedalam 15 obat batuk untuk ibu hamil yang ampuh redakan masalah flu dan harganya.

Untuk mendapatkan obat ini sendiri, kita bisa menemukan dan membelinya dengan mudah di apotik – apotik terdekat. Harganya sendiri adalah sekitar Rp 65.000,- untuk ukuran botol 100 ml. Selain obat ini, temukan juga berbagai rekomendasi obat batuk seperti merk obat batuk yang aman untuk ibu hamil.

Bahan Aktif, Dosis, dan Efek Samping Obat Batuk Silex

Obat batuk silex
Obat batuk silex

Selain mengetahui kegunaan dari obat batuk silex masih ada beberapa hal lainnya yang perlu kita ketahui mengenai obat ini. Beberapa hal tersebut diantara lain adalah dosis pemakaian obat dan juga efek samping yang mungkin timbul sesaat setelah mengkonsumsi obat tersebut. Tidak hanya obat ini tetapi masih ada juga obat lain seperti Nonflamin manfaat, dosis, dan efek samping dari obat. Oleh karena itu kita akan perlu untuk memahami dan menerapkan aturan pakai yang tertera pada kemasan obat.

Bahan Aktif Obat Silex

Dalam suatu obat tertentu tentunya ada bahan aktif yang berfungsi untuk menjalankan fungsi tertentu agar obat tersebut bisa menjalankan fungsinya untuk menyembuhkan suatu kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, dalam beberapa 6 obat sesak nafas efektif dan ampuh di apotik tentunya ada bahan aktif yang bisa membantu melegakan pernapasan. Dan dalam obat syrup Silex ini juga memiliki beberapa bahan aktif.

Beberapa bahan aktif pada obat batuk Silex antara lain adalah Guaifenesin, Thyme, Droserae,dan Althaea. Guaifenesin adalah salah satu bahan aktif yang memiliki fungsi sebagai senyawa ekspektoran yang mampu membantu mengeluarkan dahak dengan lebih mudah.

Cara kerja dari bahan aktif ini sendiri adalah dengan mengurangi daya rekat dari dahak di saluran pernapasan kita sehingga dahak bisa keluar dengan lebih mudah. Bahan aktif selanjutnya adalah Thyme. Thyme sendiri berfungsi sebagai senyawa aktif yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C. Tentunya vitamin C tergolong kedalam 7 jenis vitamin anak yang diperlukan agar buah hati tumbuh pintar dan cerdas dan akan sangat baik apabila kita bisa memberikannya pada anak – anak.

Selain itu, bahan aktif ini jua berfungsi untuk membantu melegakan pernapasan yang tersumbat oleh karena adanya dahak. Droserae adalah bahan aktif yang berfungsi untuk mengencerkan dahak. Kemampuan lainnya dari bahan aktif ini adalah untuk membantu melegakan otot yang kaku. Dan bahan aktif yang terakhir adalah Althaea. Althaea adalah salah satu bahan aktif yang membantu meringankan batuk dan penyembuhan luka dari adanya infeksi. Masih ada beberapa banyak bahan aktif dalam obat batuk silex untuk ibu hamil kegunaan, efek samping, dosis dan harganya yang perlu diketahui.

Dosis Obat Batuk Silex

Dosis Obat Batuk Silex

Sebelum mengkonsumsi obat ini, tentunya ada dosis pemakaian dan aturan pakai yang perlu kita taati. Mungkin kita hanya mengetahui bahwa obat ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, tetapi ternyata obat ini juga aman untuk dikonsumsi oleh anak – anak. Bagi anak – anak yang berusia lebih dari 6 bulan sampai usia 2 tahun, obat ini cocok digunakan sebagai penanganan pertama apabila mereka mengalami batuk. Untuk dosisnya sendiri, berikan sekitar 25-50 mg per pemberian obat.

Biasanya, batuk berdahak anak akan sangat mudah diikuti dengan gejala pilek, oleh karena itu ketahui juga 12 obat batuk pilek anak di apotik, herbal dan tradisional lengkap. Sedangkan untuk anak berusia 2-12 tahun, bisa diberikan sekitar 5 ml syrup Silex sebanyak 3-4x dalam sehari. Dan untuk anak – anak yang berusia lebih dari 12 tahun bisa diberikan sekitar 15 ml syrup Silex sebanyak 3-4x dalam sehari.

Karena obat ini cocok sebagai obat batuk untuk penanganan pertama kondisi batuk, maka apabila kondisi batuk tidak segera membaik, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Penyebab batuk sendiri bermacam – macam, dan bisa saja karena infeksi virus ataupun bakteri. Dan kondisi ini tentunya akan memerlukan obat yang direkomendasikan oleh dokter karena tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi obat batuk yang dijual bebas. Bisa saja obat itu tergolong kedalam antibiotik golongan sefalosporin jenis antibiotik golongan B-Laktam untuk terapi infeksi bakteri.

Efek Samping Obat Batuk Silex

Efek Samping Obat Batuk Silex

Sama seperti obat – obatan jenis lainnya, tentunya dengan mengkonsumsi obat tertentu akan ada efek samping yang bisa timbul. Tetapi kita tidak perlu khawatir karena efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi syrup Silex ini masih bisa terbilang ringan dan bisa ditoleransi.

Beberapa efek samping yang bisa muncul adalah mual, sakit kepala, diare, nyeri perut, dan ruam kulit. Konsumsi obat ini secara berlebihan juga bisa menyebabkan adanya kondisi overdosis. Dan apabila ada salah satu atau beberapa efek samping ini muncul secara bersamaan dan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka jangan segan untuk memeriksakan diri ke dokter. Selain obat ini ketahui juga 5 obat batuk alami untuk batuk kering dan berdahak tanpa efek samping.

Baca: 4 Obat Batuk Tradisional Berdahak dan Tidak Berdahak

Itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan mengenai obat batuk silex. Untuk mengetahui lebih banyak hal mengenai obat ini, maka temukan juga artikel yang masih berkaitan seperti obat batuk silex untuk ibu menyusui, efek samping, dosis hingga harga obat.

Terima kasih atas waktu yang telah diberikan untuk membaca artikel kami. Semoga artikel di website ini bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih baik mengenai kondisi – kondisi kesehatan dan juga obat – obatan yang bisa digunakan untuk menangani suatu kondisi kesehatan tertentu. Selain itu, apabila Anda merasa bahwa Anda memiliki riwayat penyakit tertentu karena beberapa penyakit tertentu dan tidak bisa mengkonsumsi suatu obat maka jangan ragu untuk mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.