8 Obat Diare Manjur Pilihan yang Wajib Dicoba Untuk Mengatasi Diare

773
8 Obat Diare Manjur Pilihan yang Wajib Dicoba Untuk Mengatasi Diare
8 Obat Diare Manjur Pilihan yang Wajib Dicoba Untuk Mengatasi Diare

Bidhuan.id – Obat diare manjur memang dicari saat diare mulai menyerang. Diare adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan penderitanya sering buang air besar dengan bentuk feces yang lebih lembek atau lebih cair dan frekuensi yang lebih sering. Dalam satu jam, penderita diare harus bolak balik ke toilet dan merasakan perut nyeri serta mual. penyebab diare, gejala, ciri, dan cara mengatasinya harus anda pahami agar saat diare melanda anda tidak perlu bingung lagi.

Baca juga : obat diare alami 30 macam obat diare paling ampuh untuk dewasa dan anak

Diare yang tidak diobati dan ditangani dengan tepat dapat menyebabkan dehidrasi hingga kematian. Selain dengan makan makanan berserat dan banyak minum air putih, diare dapat disembuhkan dengan obat diare manjur berikut agar segera sembuh secara total.

Obat Diare Manjur Loperamide (Imodium)

Salah satu obat diare manjur yang paling umum digunakan dan diresepkan dokter ialah Loperamide (Imodium). Obat ini bekerja dengan cara memperlambat gerakan usus dan mengurangi penyerapan air sehingga menghasilkan feces yang lebih padat. Dengan demikian, dehidrasi dapat dicegah karena jumlah cairan tubuh yang keluar berkurang.

Loperamide Imodium
Loperamide Imodium

Loperamide (Imodium) tersedia dalam sediaan atau bentuk kapsul, tablet kunyah, dan obat cair (sirup). Untuk kasus diare yang akut atau sudah terjadi lebih dari 1 hari, Loperamide (Imodium) dapat diminum 4 mg setelah buang air besar pertama, kemudian dilanjut 2 mg setiap kali selesai buang air besar.

Loperamide (Imodium) tidak boleh dikonsumsi lebih dari 16 mg sehari sedangkan untuk sediaan tablet kunyah tidak boleh melebihi 8 mg sehari sebab dapat menyebabkan efek samping sembelit atau susah buang air besar. Umumnya Loperamide (Imodium) memiliki reaksi yang cepat dan dapat menyembuhkan diare kurang dari 48 jam.

Obat Diare Manjur Pepto-Bismol

Obat Diare Manjur Pepto-Bismol
Obat Diare Manjur Pepto-Bismol

Pepto-Bismol ialah obat diare manjur yang bekerja dengan cara menghentikan dan mematikan perkembangan bakteri penyebab diare. Pepto-Bismol mampu memperkuat lapisan dalam dinding usus dan lambung sehingga dapat sekaligus meredakan atau untuk mengatasi nyeri akibat diare dan rasa mual. Pepto-Bismol dapat digunakan untuk diare karena penyebab apapun kecuali jika terdapat darah dalam feces.

Obat Diare Manjur Attapulgite

Merupakan obat diare manjur yang bekerja dengan cara merangsang usus untuk menyerap lebih banyak air sehingga membuat tekstur feces menjadi jauh lebih padat. Sakit perut dan kembung juga berangsur membaik atau berkurang dengan obat ini. Attapulgite dapat diminum sebelum atau setelaah makan dan disarankan untuk mengimbangi dengan banyak minum air putih.

Obat Diare Manjur Oralit

Obat Diare Manjur Oralit
Obat Diare Manjur Oralit

Oralit ialah obat diare manjur yang merupakan obat untuk pertolongan pertama dan fokus pada pengembalian cairan tubuh. Oralit tidak berfungsi untuk menghilangkan penyebab diare secara langsung, namun berperan untuk mencegah tubuh melemah dan mengembalikan kekuatan tubuh untuk melawan penyebab diare itu sendiri karena menormalkan cairan dalam tubuh.

Obat Diare Manjur Norit

Norit ialah obat diare yang berasal dari ekstrak alami tumbuhan, sebab itu norit aman untuk dikonsumsi anak anak hingga dewasa. Obat diare ini memiliki daya serap yang sangat baik dan mampu mengembalikan kondisi normal pada saluran pencernaan dan membunuh bakteri penyebab diare sehingga diare dapat teratasi dengan cepat dan mengurangi gejala sakit diare lainnya.

Gunakan Norit sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan produk, dosis yang tertulis disesuaikan dengan usia, berat badan, dan tingkat keparahan atau lamanya diare tersebut menyerang. Meskipun terbuat dari bahan alami, Norit yang digunakan oleh anak anak di bawah usia 6 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui tetap harus menggunakan resep dokter.

Obat Diare Manjur Amerol

Merupakan obat diare yang ampuh untuk mengobati diare akut dan diare kronis. Obat ini harus digunakan dengan resep dokter sebab memiliki dosis yang tinggi dan dapat menyebabkan masalah baru pada saluran pencernaan jika digunakan dalam dosis yang tidak tepat.

Dosis umum yang digunakan untuk dewasa ialah 2 tablet setelah BAB, kemudian 1 tablet setiap setelah selesai BAB. Maksimal penggunaan 8 tablet sehari. Obat tidak untuk anak anak, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Obat Diare Manjur Hufadiar

Hufadiar ialah obat diare yang memiliki sediaan berupa larutan atau sirup. Obat diare ini ampuh untuk membasmi bakteri penyebab diare atau mengobati diare yang terjadi karena bakteri, keracunan makanan, dan makanan atau lingkungan yang kotor. Dosis untuk usia di atas 12 tahun ialah sehari 4 kali sebanyak 1 sd 2 sendok teh.

Obat Diare Manjur New Diatabs

New Diatabs merupakan obat diare manjur yang aman untuk orang dewasa, penggunaan untuk anak anak di bawah usia 12 tahun harus dengan resep dokter. New Diatabs mengatasi diare dengan cara mengurangi kontraksi usus, mengurangi penyerapan cairan hingga membuat feces lebih padat, dan meringankan gejala penyertanya seperti mual, kembung, dan nyeri perut.

Obat ini tidak boleh digunakan dalam waktu lebih dari 2 hari. Dosis yang dianjurkan ialah 2 tablet setiap selesai BAB maksimal 2 kali dalam sehari. Penggunaan obat dapat dihentikan ketika diare dirasa telah sembuh agar tidak menyebabkan efek sembelit atau feces yang terlalu keras.

Perhatian dan Peringatan Obat Diare Manjur

Selama penggunaan obat diare manjur sesuai pilihan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat memaksimalkan efektifitas dari obat diare itu sendiri, berikut yang perlu diketahui dan diterapkan :

  • Gunakan obat diare sesuai dosis yang tertera pada kemasan produk, penggunaan secara berlebihan tidak akan mempercepat kesembuhan diare namun membuat metabolisme pada saluran pencernaan menjadi tidak beraturan karena mengalami perubahan dan penekanan secara cepat.
  • Antibiotik dapat ditambahkan jika diare terjadi secara terus menerus hingga melemahkan kekebalan tubuh penderita seperti mengurangi nafsu makan, berat badan, dan mual yang berlebihan.
  • Hati hati penggunaan pada penderita diare yang memiliki penyakit paru paru, HIV/AIDS, dan jantung.
  • Imbangi pengobatan dengan konsumsi air putih yang bersih, menghindari makanan mentah, memperbanyak buah dan sayur, serta selalu cuci tangan setelah buang air besar.

Sampai disini dulu ya ulasan dan penjelasan yang bisa penulis berikan kepada sobat semua mengenai obat diare manjur. Semoga sedikit informasi di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih dan salam.

Baca juga : lodia obat diare obat golongan agonis opioid reseptor untuk atasi diare akut dan kronis