Salep Antibiotik : Manfaat, Beragam Jenis, dan Peringatan Penggunaan

251
Salep Antibiotik - Manfaat Beragam Jenis dan Peringatan Penggunaan
Salep Antibiotik - Manfaat Beragam Jenis dan Peringatan Penggunaan

Bidhuan.id – Salep antibotik ialah obat antibiotik berbentuk sediaan salep yang digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan untuk infeksi kulit. Salep antibiotik hanya dapat digunakan untuk penggunaan luar saja dan harus digunakan dengan resep dokter. Pelajari lebih lanjut mengenai manfaat, indikasi, dosis, dan hal hal penting lainnya sebelum penggunaan agar mendapat manfaat dan dapat menggunakan dengan tepat.

Baca juga : obat berloson n salep antibiotik golongan kortikosteroid untuk infeksi kulit

Manfaat Salep Antibiotik

Salep antibiotik pada umumnya dapat bermanfaat untuk mencegah atau mengobati berbagai luka yang rawan terkena infeksi bakteri, baik itu luka karena trauma seperti luka lecet dan berdarah, luka bakar, dan luka karena infeksi penyakit kulit. salep antibiotik untuk luka bekerja dengan cara menghentikan dan mematikan pertumbuhan bakteri.

Salep antibiotik juga dikenal sebagai anti mikroba, dapat melawan infeksi pada tubuh manusia secara cepat dan mencegah kuman masuk ke dalam luka. Salep antibiotik membuat bakteri sulit untuk tumbuh dan berkembang biak sehingga kesembuhan pada luka lebih cepat dan meminimalisir infeksi serta rasa sakit.

Merk Dagang

Salep antibiotik tersedia dalam berbagai merk di pasaran yang semuanya sebenarnya memiliki kandungan yang sama, berikut beberapa merk Salep antibiotik yang terdapat di pasaran dan penjelasannya.

  • Salep Antibiotik Futaderm
Salep Antibiotik Futaderm
Salep Antibiotik Futaderm

Merupakan Salep antibiotik yang ampuh untuk mengobati luka bernanah, obat ini bekerja dengan cara menekan infeksi dan meredakan radang pada kulit. Cara pemakaian cukup mudah, yakni diles tipis merata pada bagian yang mengalami luka sebanyak 3 sd 4 kali sehari. Namun untuk penggunaan yang lebih tepat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Salep Antibiotik Garamycin

Ialah Salep antibiotik yang mampu menyembuhkan kulit yang terkena infeksi karena adanya peradangan luka. Obat ini bekerja dengan cara mengikat bakteri sehingga tidak mampu berkembang dan dengan cepa menghentikan peradangan serta infeksi. Untuk menggunakannya, dapat dioleskan pada luka dengan tipis dan merata 3 sd 4 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

  • Salep Antibiotik Kalmicetine

Merupakan Salep antibiotik yang sering diresepkan dokter kulit untuk menyembuhkan infeksi kulit yang meluas atau luka yang lebih dalam. Obat ini dapat bekerja dengan cara merangsang pembentukan sel sel baru pada area tubuh yang terluka sehingga penyembuhan lebih cepat dan luka dapat terkalahkan oleh sel sel baru yang lebih sehat.

Salep Antibiotik Kalmicetine
Salep Antibiotik Kalmicetine

Gunakan obat ini dengan cara mengoleskan pada luka tipis tipis sekai sehari atau dengan konsultasi dokter untuk mengetahui dosis atau kebutuhan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi luka dan kondisi kesehatan yang sedang dialami.

  • Salep Antibiotik Nufacort

Salep antibiotik ini dapat digunakan untuk luka akibat trauma atau luka berdarah yang infeksi hingga timbul nanah, salep dapat menghentikan proses pembentukan bakteri yang menyebabkan infeksi dan menghalangi kuman masuk ke dalam luka. Obat ini akan memberikan rasa lebih nyaman dan mengurangi nyeri.

Salep antibiotik dapat digunakan dengan cara mengoleskan pada luka secara merata sebanyak 2 sd 3 kali sehari hingga kondisi luka membaik atau kering. Jika luka sudah menutup dan nanah terhenti, penggunaan dapat dihentikan dan pengobatan dilanjutkan dengan obat oral untuk memaksimalkan penyembuhan luka.

  • Salep Antibiotik Lanakeloid
Salep Antibiotik Lanakeloid
Salep Antibiotik Lanakeloid

Untuk mengobati luka yang dijahit agar cepat sembuh dan berproses sempurna atau bersatu dengan kulit, penggunaan Salep antibiotik ini dapat menjadi pilihan yang tepat, obat ini mampu mengobati luka dalam bahkan pada luka operasi atau luka bakar. Jahitan akan lebih cepat merapat pada kulit sehingga lebih cepat dalam kesembuhannya.

  • Salep Antibiotik Bioplacenton

Ialah Salep antibiotik yang efektif untuk mengobati berbagai luka infeksi seperti luka bakar, luka bernanah, luka lecet, dan luka yang sulit untuk menutup. Salep antibiotik ini memberi sensasi rasa dingin di kulit dan setelah dioles akan terasa bagian luka menjadi lebih kencang, obat ini dapat mencega bakteri masuk dan membantu sel sel tubuh untuk menutup serta membunuh bakteri pada luka.

  • Salep Antibiotik Betadine

Merupakan Salep antibiotik yang sering digunakan dalam penyembuhan luka setelah proses khitan pada laki laki. Namun Salep antibiotik ini dapat juga digunakan untuk luka lain seperti luka karena kecelakaan, luka bakar, dan infeksi karena penyakit kulit.

  • Salep Antibiotik Gentamicin

Merupakan Salep antibiotik multifungsi yang dapat digunakan untuk luka terbuka, luka bakar, luka jahitan atau operasi, dan luka karena penyakit kulit. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi sehingga peradangan akan berkurang dan luka lebih cepat menutup.

  • Salep Antibiotik Mederma

Ialah obat salep untuk menyembuhkan infeksi beserta menghilangkan bekas lukanya. Obat ini dapat memaksimalkan pembentukan sel sel kulit baru untuk menutup luka sehingga bengkak, iritasi, dan kemerahan luka berkurang, cara penggunaannya cukup dengan dioleskan pada luka sebanyak 3 sd 4 kali sehari dan dpat dihentikan setelah bekas luka benar benar hilang.

Peringatan dan Perhatian Salep Antibiotik

Luka memang sebaiknya segera diobati dari dalam dengan obat oral dan dari luar dengan salep antibiotik agar kesembuhan lebih cepat, jangan lupa untuk memperhaitkan hal hal berikut sebelum dan selama penggunaan :

  • Dosis penggunaan semua merk salep antibiotik telah tertera dalam kemasan produk, ikuti aturan pakai dan jauh lebih baik untuk konsultasi dengan dokter.
  • Salep antibiotik harus ditutup rapat setelah digunakan dan disimpan di tempat yang sejuk agar tidak terpapar kuman.
  • Konsultasi pada dokter jika Anda memiliki kulit sensitif atau mudah alergi.
  • Hati hati untuk penggunaan pada ibu hamil dan ibu menyusui.

Sampai disini dulu ulasan dan pembahasan pada kesempatan kali ini yang bisa penulis berikan mengenai salep antibiotik. Semoga apa yang sudah penulis jabarkan di atas bisa membantu dan membawa manfaat positif bagi anda semua. Salam.

Baca juga : obat antibiotik thiamycin kegunaan dosis efek samping dan harga

ARTIKEL TERKAIT