Premaston Penguat Kandungan: Indikasi, Dosis, Serta Efek Samping

937
Premaston Penguat Kandungan - Indikasi Dosis Serta Efek Samping
Premaston Penguat Kandungan - Indikasi Dosis Serta Efek Samping

Bidhuan.id – Sebenarnya premaston itu obat apa? Obat ini memang seringkali dijadikan sebagai obat pilihan utama oleh para dokter kandungan dimana kegunaan utama dari premaston adalah untuk mencegah ibu hamil mengalami keguguran. Obat ini termasuk obat yang tidak boleh anda dapatkan tanpa harus melalui resep dokter.

Premaston merupakan obat yang mengandung allylestrenol sebanyak 5 mg untuk setiap tabletnya. Sekedar informasi bahwasanya allylestrenol yang memang memiliki fungsi utama di dalam melakukan tindakan pencegahan agar supaya tidak sampai mengalami persalinan prematur.

Sebenarnya allylestrenol merupakan hormon sintetik namun memiliki aktivitas yang tidak jauh berbeda dengan hormon progesteron alami. Hormon ini nantnya akan berperan di dalam membantu mempersiapkan rahim ketika nantinya menerima sel telur agar supaya siap untuk dibuahi.

Premaston
Premaston

Mengenal Tentang Premaston

Seperti yang telah kami informasikan bahwa obat yang satu ini merupakan obat yang banyak direkomendasikan oleh para dokter kandungan ketika seorang ibu hamiil memiliki kandungan yang lemah atau rawan keguguran.

Informasi yang lebih lengkap mengenai obat tersebut akan kami ulas pada postingan kali ini, namun sebelum itu kami juga ingin memberitahukan bahwa ada beberapa hal penting yang patut untuk anda ketahui yaitu Suplemen Ibu Hamil Osfit DHA dan juga Suplemen Untuk Ibu Hamil Folamil Genio.

1. Indikasi Premaston

Indikasi Premaston
Indikasi Premaston
  • Premaston merupakan obat resep yang memiliki kegunaan dalam melakukan tindakan pencegahan agar supaya ibu hamil tidak sampai mengalami kelahiran yang prematur.
  • Obat ini memang sudah terbukti mampu dan efektif di dalam melakukan penekanan terhadap motilitas uterus sehingga dapat bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya keguguran, termasuk di antaranya mengalami abortus habitualis atau yang lebih kita kenal dengan istilah keguguran berulang.

2. Kontraindikasi Premaston

  • Kami sarankan agar obat ini tidak diberikan kepada seseorang yang diketahui pernah mengalami hipersensitifitas terhadap zat yang ada di dalam premaston.
  • Pasien dengan masalah berupa alergi juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai apakah premaston masih tetap aman untuk dikonsumsi atau malah tidak.
  • Selain itu, beberapa orang yang mengalami masalah seperti misalnya trombofleobitis, aborsi yang tidak lengkap, maupun juga apoplexy serebral dianjurkan untuk tidak menggunakan premaston, atau setidaknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Sementara bagi pasien yang pernah menderita gangguan ginjal atau hati yang parah, obat ini disarankan untuk tidak diberikan.

3. Dosis Premaston

Dosis Premaston
Dosis Premaston
  • Dosis yang harus dikonsumsi bagi pasien yang dikhawatirkan menderita persalinan prematur yakni biasanya dosis tersebut akan disesuaikan atau diatur dengan kondisi yang dialami oleh pasien. Namun untuk dosis maksimal yang bisa diberikan adalah sebanyak 40 mg untuk setiap harinya.
  • Sementara itu, bagi pasien yang ingin mengkonsumsi premaston di dalam pencegahan agar supaya tidak mengalami keguguran, maka dosis yang harus diberikan yakni sebanyak 5 mg dan diberikan dalam waktu 3 kali sehari. Pemberian obat ini harus diberikan dalam kurun waktu 5 sampai dengan 7 hari, meskipun memang terkadang boleh diperpanjang untuk kondisi-kondisi atau keadaan tertentu.
  • Informasi mengenai dosis yang digunakan oleh pasien yang khawatir terkena keguguran berulang atau yang juga dikenal dengan habitual abortion adalah sebesar 5 sampai dengan 10 mg. Dosis tersebut bisa dikonsumsi setiap hari pada waktu ibu sudah mendeteksi adanya kehamilan. Batas waktu penggunaan obat ini adalah kurang lebih selama 1 bulan pada waktu kehamilan telah melampaui kritis.

Bagi anda yang memang ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai segala hal yang berhubungan dengan dosis premaston, maka kami anjurkan agar anda bertanya kepada dokter.

4. Efek Samping Premaston

Berikut ini kami akan menginformasikan kepada anda mengenai apa saja hal-hal yang berhubungan dengan efek samping penggunaan premaston yang wajib anda perhatikan sebelum maupun ketika anda mengkonsumsi obat penguat rahim yang satu ini.

  • Efek samping penggunaan premaston terhadap saluran pencernaan mungkin bisa anda alami. Beberapa masalah yang akan anda hadapi tersebut misalnya muntah, mual, maupun juga bisa mengakibatkan anda nantinya menderita kram perut.
  • Selain itu, karena memang premaston menggunakan hormon sintetis, maka hal ini kemungkinan akan mengakibatkan anda mengalami penurunan nafsu makan. Sebenarnya masalah ini termasuk wajar dan anda tidak perlu terlalu khawatir.
  • Sementara untuk efek samping yang ada kaitannya dengan kulit adalah premaston akan menyebabkan anda mengalami urtikaria, ruam, gatal, maupun kondisi-kondisi lainnya yang menyerang kulit anda.
  • Pada beberapa kasus tertentu, penggunaan premaston akan mengakibatkan anda mengalami perubahan payudara, perubahan libido, atau juga terganggunya siklus menstruasi, terutama jika obat yang satu ini dipakai dalam waktu lumayan lama ataupun ketika dikonsumsi dengan dosis yang tinggi.
  • Efek samping lainnya yang bisa dikatakan sebagai efek jangka panjang adalah penggunaan premaston akan menyebabkan hirsutisme.
  • Dan juga masih ada efek samping lainnya yang bisa saja akan anda rasakan ketika mengkonsumsi obat ini. Beberapa dari efek samping tersebut misalnya sakit kepala, kelelahan, maupun juga menderita retensi urin.

Baca: Lovenox Adalah Obat untuk Penyakit Apa? Kandungan, Dosis dan Efek Samping

5. Cara Penyimpanan Premaston

  • Sebenarnya sama halnya dengan obat lainnya dimana anda diharuskan untuk menyimpan premaston pada tempat yang memiliki suhu yang sejuk.
  • Anda tidak boleh menaruh premaston di kamar mandi atau bahkan malah bermaksud untuk membekukannya.
  • Jauhkan premaston dari tempat yang mana kemungkinan bisa terkena sinar matahari.
  • Selain itu, jangan pernah menaruh premaston pada tempat yang bisa dijangkau oleh hewan peliharaan anda maupun juga oleh anak-anak.
  • Yang tidak kalah penting, jangan jadikan satu dengan obat-obatan yang lain, kecuali memang kemasan pada obat ini maupun obat yang akan anda jadikan satu tertutup rapat.

Demikian informasi mengenai obat premaston. Semoga bermanfaat.