6 Macam Salep Untuk Bisul yang Tersedia di Apotek

252
6 Macam Salep Untuk Bisul yang Tersedia di Apotek
6 Macam Salep Untuk Bisul yang Tersedia di Apotek

Bidhuan.id – Salep untuk bisul merupakan salah satu obat yang cukup ampuh. Bisul ialah penyakit kulit berupa benjolan kecil berisi nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisul ini dapat muncul pada berbagai bagian tubuh seperti wajah, leher, ketiak, paha, dsb. Secara alami, bisul sebenarnya dapat disembuhkan dengan cara rutin kompres air hangat untuk meringankan nyeri dan mengurangi benjolan.

Baca juga : 5 salep jerawat yang bagus dan ampuh

Namun memakan waktu yang lebih lama, sedangkan bisul yang tak kunjung sembuh menimbulkan rasa tidak nyaman dan infeksi yang tak kunjung sembuh dapat beresiko masalah kulit yang lebih parah.

Untuk lebih mudah dan cepat dalam penyembuhannya, diperlukan pengobatan dengan obat salep luka yang ampuh untuk bisul yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan bisul yang meradang dan mengurangi nyeri. Nah, berikut beragam salep untuk bisul yang ampuh dan aman.

Salep Untuk Bisul Mupirocin

Mupirocin ialah salep untuk bisul yang di dalamnya mengandung antibiotik untuk melawan infeksi bakteri staphylococcus aureus penyebab bisul. Mupirocin cream obat salep antibakteri bekerja dengan cara menghalangi aktifitas enzim yang digunakan bakteri untuk menginfeksi tubuh manusia di area bisul, enzim yang merugikan tersebut pun akan mati secara perlahan sehingga melenyapkan bakteri penyebab bisul dan mempercepat penyembuhan bisul.

Salep untuk Bisul Mupirocin
Salep untuk Bisul Mupirocin

Mupirocin juga mengandung Polyethylene glycol yang merupakan bahan salep yang mudah diserap oleh kulit yang terkena infeksi. Dalam penggunannya, jangan lupa untuk mematuhi saran dari apoteker dengan passion di klinik atau dokter, atau aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Mupirocin memiliki efek samping jika terdapat kesalahan dalam pemakaiannya, diantaranya ialah :

  • Kulit terasa gatal dan panas.
  • Bengkak di sekitar area bisul.
  • Sakit kepala.
  • Sesak nafas.
  • Mempengaruhi kerja ginjal jika digunakan berlebihan.

Sebab itu, pastikan Anda mengikuti petunjuk pemakaiannya ya.

Salep Untuk Bisul Gentamicin

Gentamicin ialah jenis salep untuk bisul yang juga mengandung antibiotik yang ampuh untuk pengobatan bisul. Gentamicin memiliki kandungan aminoglikosida yang dapat dengan cepat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bisul.

Salep untuk Bisul Gentamicin
Salep untuk Bisul Gentamicin

Tentunya dalam penggunaannya, tetap sesuai dengan aturan pakai atau petunjuk dalam kemasan produk. Pemakaian salep untuk bisul Gentamicin yang tidak sesuai dapat menurunkan efektifitas obat, jika digunakan berlebihan, bukan kesembuhan yang didapatkan, namun kulit sekitar area bisul justru terasa panas dan bisul tak kunjung sembuh.

Sebelum penggunaan, jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih, selanjutnya oleskan salep Gentamicin tipis tipis di kulit yang terkena bisul sebanyak 3 sd 4 kali sehari. Gunakan pada jam yang sama agar hasil lebih efektif dan cepat.

Salep Untuk Bisul Benzocaine

Benzocaine merupakan salep untuk bisul yang bekerja dengan cara meredakan sakit pada bisul, cara kerja yang dilakukan seperti bius lokal yang dapat meredam rasa sakit dan nyeri dalam kulit. Itulah sebabnya Benzocaine dapat mengurangi peradangan bisul hanya dengan dioles tipis tipis.

Salep untuk Bisul Benzocaine
Salep untuk Bisul Benzocaine

Cara penggunaannya ialah cukup dengan mengoles salep pada area bisul sesuai anjuran dokter atau aturan pakai yang tertera dalam produk. Salep harus disimpan di area yang sejuk, dapat disimpan dalam lemari pendingin dan ditutup rapat.

Jika digunakan dalam dosis tidak tepat misalnya terlalu sering atau berlebihan, Benzocaine dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit, kemerahan, bengkak, dan ruam. Sebab itu, untuk mendapatkan kesembuhan bisul yang maksimal, cukup ikuti aturan pakainya saja, tak perlu melebihkan sebab tidak akan berpengaruh pada tingkat kesembuhan.

Salep Untuk Bisul Ichytol

Ichytol ialah salep untuk bisul yang mengandung bahan aktif Ichtammol yang memiliki kemampuan sebagai anti peradangan, anti bakteri, dan anti jamur sehingga efektif untuk menyembuhkan bisul dengan cepat dan mengurangi rasa nyeri dan gatal akibat bisul.

Salep untuk Bisul Ichtyol
Salep untuk Bisul Ichtyol

Cara penggunaannya hampir sama dengan salep untuk bisul lainnya, yakni dioles tipis tipis pada permukaan kulit 2 sd 3 kali sehari, salep Ichytol digunakan untuk bisul yang sudah meradang parah atau terasa sangat tidak nyaman, untuk memaksimalkan kesembuhan bisul, pasien juga dianjurkan untuk :

  • Cuci tangan sebelum dan setelah mengoleskan salep Ichytol.
  • Memberikan tambahan terapi berupa kompres hangat sebelum mengoleskan salep Ichytol agar mempercepat pematangan dan mengurangi nyeri.
  • Dapat digunakan perban agar area bisul tidak terkena pakaian atau paparan debu dan kuman.
  • Hindari penggunaan salep Ichytol pada mata dan hidung atau mulut bagian dalam.

Efek samping salep Ichytol ini sangat minim asalkan digunakan sesuai dengan aturan pakai, jangan lupa untuk menjaga kebersihan di area sekitar bisul agar menghindari penyebaran bisul ke area kulit lain di sekitarnya.

Salep Untuk Bisul Betasin

Betasin ialah salep untuk bisul yang mengandung betamethasoe yang dapat membunuh bakteri penyebab bisul. Salep ini umumnya digunakan di area wajah sebab dapat memberikan kesembuhan yang maksimal dan meminimalisir bekasnya sehingga tidak menimbulkan flek atau bintik hitam akibat bisul.

Salep Betasin dapat dioleskan pada permukaan kulit tipis tipis 2 sd 3 kali sehari, dilarang menggunakan dalam jangka waktu yang panjang sebab dapat mengakibatkan iritasi kulit, membuat kulit menjadi kebal, dan mempengaruhi kinerja ginjal. Sebab itu, jika dalam penggunaan lebih dari 3 hari tidak terdapat kemajuan atau kesembuhan yang perlahan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

Salep Untuk Bisul Asam Fusidat

Asam fusidat dapat meredakan bisul dengan cara kerja menghentikan proses perkembang biakan bakteri penyebab bisul, sehingga bisul tidak semakin meradang dan dapat mengempis dalam waktu dekat.

Salep asam fusidat ini juga ampuh untuk memberi kekebalan pada kulit sehingga bisul tidak akan menyebar atau menyerang kembali. Gunakan Asam fusidat dengan cara mengoleskannya hingga bisul mengempis dan sembuh.

Baca juga : 17 salep kurap apotik terampuh nama obat fungsi lengkap dan harga

ARTIKEL TERKAIT