Imboost Kids : Komposisi, Bentuk Sediaan, Indikasi, Kontraindikasi, Dosis, Efek Samping, dan Peringatannya

1212
Imboost Kids - Komposisi Indikasi Dosis Efek Samping dan Peringatannya
Imboost Kids - Komposisi Indikasi Dosis Efek Samping dan Peringatannya

Bidhuan.id – Imboost Kids ialah suplemen atau vitamin yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan secara khusus diformulasikan untuk anak anak. Imboost Kids dapat dibeli dengan mudah di apoteker secara bebas atau tanpa resep dokter dan dapat digunakan sesuai anjuran yang disarankan. Untuk memahami lebih detail mengenai hal hal penting tentang Imboost Kids, berikut penulis ulas selengkapnya.

Baca juga stimuno vs imboost persamaan perbedaan kekurangan dan harga multivitamin

Komposisi Imboost Kids

Kandungan dalam suplemen Imboost Kids ialah Echinacea dry extract (250 mg) dan Zinc picolinate (5mg) pada tiap 5 ml larutan ata satu sendok takar. Echinacea ialah tanaman herbal yang sering digunakan untuk bahan alami peningkat daya tahan tubuh dan pengobatan berbagai penyakit yang dapat diolah dari semua bagiannya, yakni bagian daun, bunga, dan akarnya.

Imboost Kids
Imboost Kids

Echinacea dapat merangsang sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga lebih kebal dan tubuh selalu berada dalam kondisi maksimal untuk melawan kuman dan penyakit sehingga daya tahan tubuh terjaga dan jika terjadi luka dapat mempercepat penyembuhan.

Bentuk Sediaan Imboost Kids

Imboost Kids tersedia dalam bentuk cair atau sirup dengan ukuran 60 ml. Bentuk yang cair diciptakan untuk memudahkan pemberian pada anak anak dimana anak anak sering merasa kesulitan untuk menelan sesuatu yang berbentuk padat.

Sediaan cair ini dapat diminumkan langsung untuk anak anak dan memiliki rasa yang ramah bagi anak atau tidak memiliki rasa pahit sehingga anak akan senang ketika meminumnya dan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Indikasi dan Kontraindikasi Imboost Kids

Imboost Kids dapat diminum oleh anak anak dalam beragam kondisi yaitu :

  • Anak anak dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah atau mudah terserang penyakit.
  • Anak anak yang memiliki gangguan dalam selera atau nafsu makan.
  • Anak anak yang berada dalam masa penyembuhan luka atau penyakit.
  • Anak anak dengan penyakit pernafasan seperti flu dan batuk.
Indikasi dan Kontraindikasi Imboost Kids
Indikasi dan Kontraindikasi Imboost Kids

Imboost Kids yang terdiri dari bahan bahan alami memang aman untuk dikonsumsi, namun terdapat kondisi yang dilarang untuk mengkonsumsinya yaitu :

  • Anak anak yang memiliki riwayat alergi terhadap suplemen Imboost Kids.
  • Anak anak yang sedang mengalami penyakit autoimun seperti leukimia, TBC, dan HIV/AIDS.

Cara Kerja Imboost Kids

Cara kerja Imboost Kids ini dapat diketahui berdasarkan kandungan utamanya, yaitu :

  • Echinacea

Tanaman herbal yang telah dikenal luas sebagai obat alami untuk mengatasi flu dan penyakit saluran pernafasan atas lainnya ini bekerja dalam tubuh anak anak dengan cara menurunkan peradangan pada tubuh anak anak jika terjadi gejala penyakit.

Penelitian dalam laboratorium juga menunjukkan zat ini menstimulasi kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel sel yang bekerja untuk antioksidan tubuh serta dapat dengan cepat menyerang berbagai jenis kuman, jamur, dan infeksi.

  • Zinc picolinate

Merupakan zinc yang berbentuk asam sehingga mudah diserap tubuh anak anak, bekerja dalam sistem enzim anak anak, yakni dalam sintesis protein dan pembelahan sel sehingga bersifat anti infeksi dan meningkatkan kerja imun.

Dosis dan Cara Penggunaan Imboost Kids

Dosis dan Cara Penggunaan Imboost Kids
Dosis dan Cara Penggunaan Imboost Kids

Anak anak dapat mengkonsumsi suplemen Imboost Kids dengan dosis serta penggunaan :

  • Usia > 6 tahun , 1 sendok takar 2-3 kali per hari.
  • Usia 2 sd 6 tahun , 1 sendok takar 1-2 kali per hari.
  • Usia < 2 tahun , ½ sendok takar 1-2 kali per hari
  • Suplemen diminum setelah makan dan disertai dengan banyak minum air putih.
  • Hindari minum dalam beberapa takaran sekaligus, jarak satu kali takaran ialah 6 sd 8 jam, usahakan untuk meminum pada jam yang sama setiap harinya.
  • Apabila ada dosis takaran yang terlewat maka dapat segera meminumnya dan jarak minum berikutnya menyesuaikan jam minum yang terakhir.

Efek Samping Imboost Kids

Imboost Kids pada umumnya memilii efek yang baik untuk tubuh anak anak dan sangat minim efek samping, namun terdapat hal hal yang perlu diperhatikan jika terjadi kondisi khusus setelah minum suplemen, yaitu :

  • Nyeri perut.
  • Mual muntah.
  • Sakit di lambung.
  • Diare

Jika kondisi tersebut terjadi umumnya karena alergi, memiliki penyakit yang seharusnya merupakan kontraindikasi, dan meminum dalam dosis yang tidak tepat atau berlebihan. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis dan penyembuhan.

Peringatan dan Perhatian Imboost Kids

Sebelum memberikan suplemen Imboost Kids untuk anak anak, sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu hal hal berikut :

  • Sampaikan pada apoteker atau penjual suplemen Imboost Kids jika pernah memiliki riwayat alergi pada suplemen lain seperti mengalami ruam kulit, bengkak di wajah, atau mual sebab kemungkinan dapat memiliki efek yang sama.
  • Tidak dianjurkan untuk minum suplemen terus menerus lebih dari 8 minggu jika berada dalam kondisi yang sehat dan gizi tercukupi dalam pola makan harian, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran lebih lanjut.
  • Hindari alkohol dan kafein sebab dapat mengurangi penyerapan. Sebab itu dianjurkan untuk minum dengan air putih, tidak bersama dengan susu atau teh.
  • Jika digunakan bersama dengan obat atau suplemen lain harus disertai dengan konsultasi dokter agar tidak mengganggu penyerapan salah satu jenis obat.
  • Simpan suplemen Imboost Kids di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung, tutup rapat setelah digunakan agar tidak terkotaminasi dengan kuman di sekitar.
  • Perhatikan masa pakai atau expired date agar terlindung dari suplemen kadaluarsa yang justru dapat merusak tubuh anak anak.
  • Imbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti membiasakan olahraga dan makan makanan bergizi.

Pengetahuan tentang berbagai jenis obat seperti halnya imboost kids memang wajib bagi orang awam pada umumnya. Dengan demikian anda akan mendapatkan banyak pengetahuan yang mungkin saja bisa bermanfaat bagi keluarga anda sendiri. Sampai jumpa dan terima kasih.

Baca juga imunisasi dpt apa fungsi serta efek sampingnya