Dolo-Neurobion, Alternatif Obat Pereda Rasa Sakit

909
Dolo-Neurobion Alternatif Obat Pereda Rasa Sakit
Dolo-Neurobion Alternatif Obat Pereda Rasa Sakit

Bidhuan.id – Apakah anda sudah pernah tahu tentang Dolo-Neurobion? Dolo-Neurobion merupakan sebuah obat yang sebenarnya adalah kombinasi antara paracetamol dan juga vitamin B kompleks. Adapun indikasi atau fungsi utama dari Dolo-Neurobion adalah sebagai obat untuk membantu mengobati rasa sakit yang disebabkan karena adanya gangguan pada sistem saraf.

Perlu anda tahu bahwasanya Dolo-Neurobion merupakan sebuah obat yang dijual secara besar yang artinya bahwa anda bisa mendapatkan Dolo-Neurobion meskipun sebelumnya anda tidak mendapatkan resep dokter.

Dolo-Neurobion
Dolo-Neurobion

Mengenal Lebih Jauh Tentang Dolo-Neurobion

Dolo-Neurobion tersedia dalam bentuk tablet salut salut selaput dimana komposisi dari Dolo-Neurobion adalah seperti di bawah ini:

  • Dolo-Neurobion mengandung paracetamol sebanyak 500 mg
  • Dolo-Neurobion juga mengandung vitamin B1 sebanyak 50 mg
  • Selain itu, Dolo-Neurobion juga mengandung vitamin B6 dan B12 masing-masing 100 mg

Sekedar informasi bahwasanya paracetamol merupakan sebuah obat yang berperan sebagai analgesik atau pereda nyeri dan juga bisa berperan sebagai antipiretik atau penurun panas. Obat-obatan yang termasuk ke dalam golongan paracetamol memang difungsikan untuk membantu mengobati sakit kepala, pegal-pegal, maupun digunakan untuk mengatasi nyeri ringan sampai sedang.

Baca: Obat Paracetamol: Obat Bebas Golongan Analgesik dan Antipiretik

1. Indikasi Dolo-Neurobion

Di bawah ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja indikasi atau kegunaan dari Dolo-Neurobion yang haru anda ketahui:

  • Dolo-Neurobion merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati neuritis akut
  • Dolo-Neurobion juga bisa digunakan sebagai obat untuk neuralgia yang menyakitkan
  • Dolo-Neurobion juga diindikasikan sebagai pengobatan ischialgia, lumbalgia, dan juga sindrom serviks
  • Selain itu, Dolo-Neurobion juga bisa digunakan sebagai obat untuk herpes zoster, neuralgia interkostal, dan juga digunakan sebagai pengobatan nyeri setelah melakukan operasi

2. Kontraindikasi Dolo-Neurobion

  • Kami menyarankan agar anda berhati-hati ketika mengkonsusmi Dolo-Neurobion jika sebelumnya anda termasuk pasien yang pernah mengalami gangguan hipersensitifitas
  • Dolo-Neurobion juga disarankan untuk berhati-hati ketika ingin diberikan kepada pasien yang pernah mengalami riwayat alergi terhadap paracetamol maupun kandungan lainnya yang ada di dalam Dolo-Neurobion.
  • Selain itu, bagi pasien yang menderita gangguan fungsi hati yang berat juga bisa menyebabkan terjadinya kontraindikasi terhadap Dolo-Neurobion.
  • Blok AV dan juga bradikardia juga bisa menyebabkan terjadinya kontraiindikasi Dolo-Neurobion.

3. Dosis Dolo-Neurobion

Dosis Dolo-Neurobion
Dosis Dolo-Neurobion

Di bawah ni kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai seperti apa dosis dari Dolo-Neurobion yang harus anda konsumsi. Namun perlu anda ingat bahwa penggunaan dosis Dolo-Neurobion maupun obat yang lain harus sesuai dengan kondisi tubuh anda dan juga respon tubuh anda terhadap dosis yang diberikan.

Adapun dosis Dolo-Neurobion yang digunakan sebagai dosis terapi yakni sebanyak 1 atau 2 tablet dan dikonsusmi dalam waktu 3 kali sehari. Sementara untuk dosis pemeliharaan yang diberikan adalah sebanyak 1 atau dua tablet dan dikonsumsi selama 1 kali sehari.

Jika anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai dosis dari Dolo-Neurobion, terutama dosis yang harus anda konsumsi, maka anda bisa bertanya kepada dokter dan meminta dokter untuk menentukan dosis yang sesuai dengan anda.

4. Efek Samping Dolo-Neurobion

Efek Samping Dolo-Neurobion
Efek Samping Dolo-Neurobion

Berikut ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa saja efek samping yang bisa saja anda alami selama anda mengkonsumsi Dolo-Neurobion.

  • Dolo-Neurobion akan menimbulkan efek samping yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Adapun beberapa efek samping tersebut antara lain seperti mual tanpa muntah, sakit perut, maupun juga bisa menyebabkan anda mengalami perut kembung.
  • Dolo-Neurobion juga bisa menyebabkan anda mengalami diare.
  • Bagi pasien yang terindikasi mengalami efek samping karena sebelumnya ia pernah menderita alergi atau hipersensitifitas adalah seperti gatal, ruam kulit, dan juga bisa menyebabkan ia mengalami biduran atau urtikaria.
  • Alopepsia dan juga hipersensitifitas cahaya juga merupakan salah satu efek samping yang mungkin saja akan anda alami meskipun memang kondisi ini tergolong efek samping yang jarang terjadi.
  • Adapun penggunaan Dolo-Neurobion dalam jangka panjang bisa menyebabkan seseorang mengalami kerusakan hati karena memang obat-obatan yang di dalamnya mengandung paracetamol berpotensi menyebabkan terjadinya kerusakan hati.

Baca: Ibuprofen atau Paracetamol (Kelebihan dan Kekurangan) Mana yang lebih bagus?

5. Perhatian dan Peringatan

  • Jika selama kurun waktu 5 hari setelah mengkonsusmi Dolo-Neurobion tidak menunjukkan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa obat ini mampu mengatasi masalah yang anda alami, maka yang harus anda lakukan yakni segera menghubungi dokter agar supaya bisa mendapatkan penanganan yang lebih tepat.
  • Selama mengkonsumsi Dolo-Neurobion, kami sangat menganjurkan agar supaya anda tidak mengkonsusmi alkohol maupun merokok. Hal ini dikarenakan alkohol maupun asap rokok bisa membuat Dolo-Neurobion tidak bekerja dengan baik dan malah bisa menimbulkan efek samping yang lebih parah dibandingkan pasien lainnya.
  • Yang harus anda ingat adalah Dolo-Neurobion tidak untuk digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit otot yang terjadi pada seseorang yang menderita flu dan juga Dolo-Neurobion tidak digunakan untuk mengobati rematik, sakit punggung, maupun juga bursitis.
  • Selain itu, kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalam Dolo-Neurobion diketahui bisa menimbulkan terjadinya sindroma neuropati jika digunakan dalam waktu yang lama. Namun efek tersebut bisa hilang dengan sendirinya.
  • Jika anda mengalami tanda-tanda yang menunjukkan anda mengalami alergi akibat penggunaan Dolo-Neurobion, maka anda harus segera menghubungi pihak medis.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Dolo-Neurobion. Yang terpenting dari pengobatan Dolo-Neurobion maupun pengobatan lainnya adalah anda harus mengkonsusmi Dolo-Neurobion sesuai dengan takaran dosis yang telah diberikan oleh dokter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semuanya. Terimakasih.