Foto Kilat Sambar Crane Di Masjidil Haram Adalah HOAX?

0
3453
hoax mekah

Netizen menyangsikan foto yang tersebar secara viral melalui media sosial yang awalnya di tweeps oleh @FarhanVirkPTI, seorang blogger asal Pakistan. FOto tersebut menggambarkan sambaran kilat yang berada tepat di belakang crane atau derek yang menjulang tinggi.

Foto Kilat Sambar Crane Di Masjidil Haram Adalah HOAX? didalam tweepnya dalam bahasa inggris seolah-olah memberitakan bahwa Crane jatuh akibat adanya petir.

“This crane in #Makkah was most probably struck by lightening, Please pray for the martyred and injured!”

foto mekah hoax

Lebih dari 1500 RT dan 500 Fav dari status akun @FarhanVirkPTI. Lebih dari 58k follower mengikuti tweepsnya dan di profilnya terdapat disclaimer intinya bahwa isi konten tidak dijamin sesuai faktanya.

disclaimer makah

Netizen pun mulai mempertanyakan tentang foto yang diupload seorang blogger ini.

Usman Javed ‏@usman_ek 20h20 hours ago
@FarhanVirkPTI this crane is not on the safa marwa side im sure about it as i have visited many times. Please do not pass wrong information. basically thats a wrong information. Safa marwa is on the right side in this pic.

(Crane ini tidak berada di sisi safa marwa, saya yakin benar telah mengunjunginya beberapa kali, tolong jangan sebarkan informasi salah, informasi salah, safa marwa di sisi sebelah kanan dari gambar)

Maha Anwar ‏@MaHaAnwar 19h19 hours ago
@FarhanVirkPTI Its a Fake Pic. Any sensible person cn judge it ezly. BTW whr is dust in dis pic.. as there wz storm reported during incident

(Itu adalah gambar bohong, adakah Netizen yang bisa membenarkannya, dan mana debunya di gambar ini, adakah berita adanya petir selama musibah terjadi?)

Saatnya bidhuaners harus pintar mencerna berita yang bersumber dari media sosial. Kemungkinan besar gambar ini adalah HOAX.

BACA JUGA