5 Surat Pengajuan Resign dengan Berbagai Alasan

317
surat pengajuan resign
surat pengajuan resign

Bidhuan.id – Sudah tahu cara membuat surat pengajuan resign? Perusahaan maupun instansi tentu menuntut setiap karyawannya untuk melakukan yang terbaik. Mereka dituntut bekerja secara profesional dan harus tetap menjaga dan bahkan meningkatkan kinerjanya. Harapannya karyawan tersebut juga dapat bekerja dalam waktu yang lama atau bahkan sampai pensiun. Meskipun begitu, terkadang apa yang kita rencanakan tidak memberikan hasil seperti yang kita inginkan.

Akibatnya, seseorang tersebut mau tidak mau harus mengundurkan diri. Namun sebelum mengundurkan diri, seorang karyawan yang baik dan profesional harus mengirim surat pengajuan resign. Surat ini menandakan bahwa yang bersangkutan ingin keluar baik-baik. Jangan sampai malah keluar dari perusahaan tanpa memberikan informasi apapun alias keluar begitu saja. Yang ada malah perusahaan akan memncap orang tersebut sebagai karyawan yang tidak profesional.

Baca: Surat Terbuka Untuk Pemerintah dari Seorang Apoteker Tentang Pengalihan Subsidi BBM

Surat Pengajuan Resign

Seseorang yang mengajukan pengundurkan diri pasti memiliki alasan dibalik itu semua. Ada yang tidak ragu memberitahu alasan mengapa orang tersebut mengundurkan diri. Ada juga yang tidak ingin memberitahu karena mungkin alasanya bersifat pribadi. Beberapa alasan mengapa orang mengajukan surat pengunduran diri antara lain:

  • Pindah rumah atau alamat
  • Sakit
  • Kerja di luar kota
  • Konflik
  • Fokus pada usaha pribadi, dan lain sebagainya

Jadi secara garis besar memang alasan pengunduran diri seseorang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Lalu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik? Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat pengunduran dini adalah bahasa yang anda gunakan. Bahasa pada surat ini harus bahasa formal sehingga berbeda dengan bahasa sehari-hari.

Manfaat serta Tujuan Pembuatan Surat Pengunduran Diri

Setiap surat pasti mempunyai tujuannya masing-masing. Begitu pula dengan surat resign ini yang berfungsi memberitahu perusahaan bahwa seseorang mengundurkan diri. Selain itu, surat ini dibuat agar perusahaan mau menerima keputusan pengunduran diri yang dibuat alias legowo. Namun perlu anda ingat bahwa jangan sampai anda keluar dari tempat kerja dengan alasan sudah bosan.

Apalagi jika anda sampai memberitahu perusahaan bahwa anda sudah bosan atau ingin mencari tantangan baru. Maka dari itu, anda harus mencari alasan yang pas dan masuk akal dan tentu juga harus jujur mengenai alasan anda meninggalkan pekerjaan anda tersebut. Selain itu, beberapa manfaat dari membuat surat pengunduran diri ini antara lain:

  • Terlihat lebih profesional
    • Anda bekerja di perusahaan atau instansi formal yang setiap hari anda harus bekerja secara profesional. Setiap perusahaan atau instansi tersebut pasti hadir dengan peraturannya sendiri-sendiri dan semua orang harus mematuhinya tanpa terkecuali.
    • Salah satunya adalah karyawan atau pegawai dilarang masuk seenaknya saja dari perusahaan. Dengan kata lain, harus ada prosedur yang harus diikuti oleh setiap orang yang ingin masuk maupun keluar perusahaan.
    • Nah, salah satu prosedurnya adalah dengan membuat surat pengunduran dini yang menandakan anda merupakan karyawan yang taat aturan. Dengan begitu, perusahaan tidak akan berpikir bahwa anda merupakan karyawan yang tidak profesional karena tidak mengikuti prosedur yang berlaku.
  • Memberi waktu menemukan pengganti anda
    • Dengan mengirimkan surat pemberitahuan bahwa anda memutuskanu untuk mundur, maka perusahaan memiliki waktu untuk mulai mencari pengganti yang sesuain untuk jabatan yang anda tinggalkan. Mungkin perusahaan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan orang yang benar-benar pas menduduki jabatan tersebut.
    • Maka dari itu, anda tidak boleh mengabaikan hal yang sederhana ini karena kasian perusahaan atau instansi yang anda tinggal. Dikhawatirkan jabatan yang anda tinggalkan tersebut merupakan jabatan yang penting dan mungkin juga berkaitan dengan kinerja perusahaan.
    • Untuk itu, jauh-jauh hari kami sarankan anda mengirimkan surat ini ke perusahaan. Jangan mengirimkan surat secara mendadak agar perusahaan tidak ‘kaget’ dengan keputusan anda dan malah semakin bingung karena belum menemukan pengganti yang tepat untuk anda.

Baca juga: Surat BPJS Tentang Aturan Peresepan Insulin Max 20 Unit Dinilai Tidak Tepat

1. Surat pengajuan resign sederhana

Sebenarnya untuk membuat surat pengunduran diri atau resign bisa dengan beberapa cara. Anda bisa membuat sebuah surat resign yang singkat jika memang untuk keperluan yang tidak terlalu formal. Meskipun singkat, namun anda harus tetap mencantumkan informasi penting seperti alasan mengapa anda resign. Selain itu, pastikan surat anda memiliki pembukaan, isi, dan juga penutup.

Di bawah ini kami akan memberikan contoh surat pengajuan resign yang singkat:

surat pengajuan resign sederhana
surat pengajuan resign sederhana

2. Surat pengajuan resign perusahaan

surat pengajuan resign perusahaan
surat pengajuan resign perusahaan

Seperti yang anda lihat bahwa contoh di atas merupakan surat pengajuan pengunduran diri yang dibuat untuk perusahaan. Surat ini dikirimkan kepada HRD yang memang memiliki kewenangan untuk menangani masalah yang berkaitan dengan karyawan. Dalam surat tersebut dijelaskan alasan yang bersangkutan mengundurkan diri.

Selain itu, anda juga bisa memperhatikan bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang formal. Yang tidak kalah penting dan memang harus anda masukkan di dalam surat tersebut adalah ucapan terima kasih kepada semua orang-orang atau teman-teman anda yang selalu memberikan dukungan tanpa henti.

3. Contoh surat pengajuan resign

contoh surat pengajuan resign
contoh surat pengajuan resign

4. Surat pengajuan pengunduran diri karyawan

surat pengajuan pengunduran diri karyawan
surat pengajuan pengunduran diri karyawan

5. Format surat pengajuan resign

format surat pengajuan resign
format surat pengajuan resign

Demikian penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan beberapa contoh surat pengajuan resign. Kesimpulannya, dalam membuat surat ini adna harus mncantumkan alasan mengapa anda mengundurkan diri. Selain itu, surat ini dibuat dengan maksud bahwa anda merupakan seseorang yang profesional yang tidak menghilang begitu saja. Semoga informasi bermanfaat.