5 Surat Pengunduran Diri Organisasi, Sekolah, dan Perusahaan

115
surat pengunduran diri
surat pengunduran diri

Bidhuan.id – Apa itu surat pengunduran diri? Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat karena yang bersangkutan hendak mengundurkan dri dari perusahaan, instansi, maupun organisasi. Alasan pengunduran diri setiap individu pun bisa bermacam-macam. Namun yang terpenting adalah orang tersebut harus membuat surat ini terlebih dahulu jika memang masih berada dalam naungan lembaga formal.

Sebenarnya membuat surat pengunduran diri sangat mudah asalkan anda tahu apa saja bagian-bagian yang harus ada di dalam surat tersebut. Selain itu, dengan membuat surat pengunduran diri yang benar maka perusahaan bisa mempertimbangkannya dan mungkin saja akan langsung mengesahkan atau menyetujui surat anda tersebut hari itu juga sehingga anda bisa langsung mengundurkan diri.

Surat Pengunduran Diri

Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa seseorang yang mengundurkan diri pasti memiliki alasan yang beragam. Salah satunya adalah karena orang tersebut merasa lingkungan tempat dia bekerja tidak sesuai dengan karakternya. Alasan lain juga bisa karena gaji yang tidak sesuai ekspektasi atau mungkin gaji yang terbilang cukup rendah sementara tuntutan perusahaan maupun organisasi tersebut yang tinggi.

Baca: Surat BPJS Tentang Aturan Peresepan Insulin Max 20 Unit Dinilai Tidak Tepat

Ada juga orang yang mengirim surat pengunduran diri karena merasa kondisinya sudah tidak kunjung membaik sehingga dikhawatirkan malah akan membuat kinerja dari perusahaan terganggu. Semua itu memerlukan sebuah surat untuk menyampaikan hal tersebut. Artinya, anda tidak bisa langsung berhenti begitu saja dan kemudian pindah ke tempat lain.

Ada aturan mainnya sendiri, salah satunya adalah membuat surat ini. Dengan mengikuti prosedur pengunduran diri yang diterapkan perusahaan, maka anda tidak akan dicap sebagai karyawan yang tidak profesional. Bahkan ketika anda membuat surat ini dengan baik, kemungkinan anda juga sekaligus bisa meminta perusahaan untuk membuatkan anda surat rekomendasi.

Jadi, perusahaan tersebut juga akan membuatkan surat yang isinya tentang pengalaman dan kontribusi anda di perusahaan lama anda. Surat rekomendasi inilah yang sangat berguna ketika anda hendak melamar ke tempat lain. Anda bisa melampirkan surat rekomnedasi ini sebagai salah satu yang akan dipertimbangkan perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Setiap surat yang dibuat sudah pasti memiliki tujuannya masing-masing, tidak terkecuali dengan surat resign yang satu ini. Tujuan dari pembuatan surat ini adalah untuk memberitahu perusahaan bahwa pada tanggal yang tercantum dalam surat tersebut anda secara sadar dan tidak ada unsur pemaksaan bermaksud ingin mengundurkan diri dari perusahaan.

Ada informasi penting ketika anda ingin membuat surat ini. Informasi tersebut adalah memastikan bahwa anda mencantumkan alasan pengunduran diri anda secara logis dan tidak mengada-ada. Rangkailah alasan anda tersebut dengan bahasa yang formal dan sopan agar supaya perusahaan, organisasi, maupun instansi tempat anda bekerja bisa menerima surat anda tersebut dengan baik.

Dengan begitu, perusahaan tidak akan tersinggung dan juga tidak akan berpikiran negatif kepada anda. Adapun tujuan lain dari penulisan surat ini adalah sebagai berikut:

  • Memberi waktu perusahaan mencari pengganti anda
    • Ketika anda mengundurkan diri secara baik-baik, maka perusahaan tidak akan sampai kebingungan karena tempat kosong yang anda tinggalkan. Dengan mengirim surat kepada perusahaan atau maupun organisasi, maka mereka masih memiliki waktu untuk mencari kandidat terbaik yang bisa menggantikan posisi yang anda tinggalkan.
    • Berbeda ceritanya ketika anda tiba-tiba langsung pergi begitu saja tanpa mengirimkan surat pengunduran diri atau bahkan malah tidak memberi kabar apapun. Perusahaan atau tempat anda bekerja sudah pasti akan kebingungan mencari pengganti anda, apalagi jika pada waktu itu anda berada di jabatan yang memiliki peran penting.
  • Agar anda tetap dikenal sebagai orang profesional
    • Ketika anda melamar pekerjaan secara baik-baik, maka keluarnya pun juga harus dengan cara yang baik. Jangan sampai anda malah tidak ada kabar sama sekali dan ketika dicek malah ternyata anda sudah pergi alias mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.
    • Tentu setiap orang tidak ingin hal ini terjadi sehingga yang harus mereka lakukan adalah dengan membuat surat resign atau pengunduran diri. Dengan begitu, maka perusahaan atau tempat anda kerja akan mencap anda sebagai seseorang yang profesional. Anda akan tetap disegani dan mungkin tetap diberi kesempatan untuk sesekali berkunjung ke perusahaan tersebut.

Baca: Surat Terbuka Untuk Pemerintah dari Seorang Apoteker Tentang Pengalihan Subsidi BBM

1. Contoh surat pengunduran diri yang benar

[su_box title=”contoh surat pengunduran diri yang benar”]

Surabaya, 25 Januari 2020

Kepada,

Yth. Pimpinan PT. Indoperkasa Jaya

di Surabaya

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Barakatuh

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Zubair Putra Sodiqin

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 21 Januari 1985

No KTP: 9879876897689

Alamat: Jl. Pengunduran Diri, Dusun Mengundurkan Diri No. 31 Sukamundur

Jabatan: Staff Keuangan

Surat ini menerangkan bahwa saya meminta izin untuk mengundurkan diri dari perusahaan dan dari jabatan yang telah saya emban selama hampir 3 tahun. Penguduran diri saya terhitung mulai 25 Januari 2020. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena saya harus pulang ke Jakarta dan menetap di sana.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada perusahaan karena telah memberi saya kesempatan untuk mendapatkan banyak pengalaman di sini. Saya juga berterima kasih karena saya juga diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari PT. Indoperkasa Jaya.

Tak lupa saya memohon maaf jika selama bekerja di sini ada perbuatan maupun perkataann saya yang menyinggung keluarga PT. Indoperkasa Jaya. Semoga perusahaan akan terus berjasa dan terus menjadi salah satu perusahaan terkenal yang memproduksi produk terbaik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa ada paksaan dari mana pun.

Hormat Saya,

Zubair Putra Sodiqin

[/su_box]

2. Contoh untuk surat pengunduran diri siswa

contoh untuk surat pengunduran diri siswa
contoh untuk surat pengunduran diri siswa

3. Surat pengunduran diri guru

surat pengunduran diri guru
surat pengunduran diri guru

4. Surat pengunduran diri karyawan

surat pengunduran diri karyawan
surat pengunduran diri karyawan

5. Surat Resign Dari Organisasi

surat resign dari organisasi
surat resign dari organisasi

Demikian informasi seputar surat pendunduran diri. Ada informasi lain yang juga tidak kalah penting yaitu contoh surat keterangan sakit. Semoga bermanfaat.