Alasan dan Kronologis Penggusuran Kampung Pulo Menurut Teman Ahok

0
9875

16. Nah, setelah 3 minggu, Ahok menemukan fakta bahwa daerah tempat tinggal warga tsb adalah lahan milik negara. Bukan milik warga.

17. Bagaimana caranya Ahok, bisa mengganti rugi tanah yg tidak dimiliki oleh warga? Coba pengamat yg pinter jawab pertanyaan ini.

18. Alasan keukehnya warga mau minta ganti rugi bisa jadi krn bbrp hal. Bisa karena dikompori, bisa juga karena kebiasaan.

19. Warga bisa dikompori oleh penguasa Lahan yg menyewakan lapak. Mereka yg dapat untung disana tiap hari. Pdhal udh bnyk yg pindah k rusun.

20. Kedua bisa juga krn kebiasaan. Karena biasanya kalau digusur dpt uang. Dan Ahok memberikan ganti rugi ini dlm bentuk rusun. Bukan UANG.

21. Pada akhirnya warga bersikap oportunis. Rusunnya mau, Uangnya mau. Ahok bukanny tidak mau ngasih uang. Tapi gimana cara kasih uang?

22. Ahok tdk bisa seenaknya mengeluarkan uang negara tanpa ada landasan hukumnya. Bukan baik hati dan jahat, ini masalah hukum. Konstitusi!

23. Pegangan warga adlh sertifikat jual beli bangunan. Tapi ini juga tidak ada landasan hukum. Gimana org bisa jual brg yg bukan miliknya?

24. Kalau diberikan ini akan menimbulkan kekacauan hukum. Semua orang bisa saja menduduki tanah negara dan dijual kembali k negara.

25. Malah ahok memberi skema yg lebih baik. Mereka yg digusur diberi lahan 1,5X luas tanah mereka yg kena gusur.

26. Dan ini bukan disewakan loh ya. Ini diberi. Jadi Hak Milik dan Boleh disewakan. Cuma tak boleh dijual. Boleh dijual hanya ke Pemprov lg

27. Dan warga masih menolak untuk dipindahkan sementara ke Rusun jatinegara. mereka masih menuntut uang kerahiman.

28. Inilah yg kemudian jadi masalah. Sampai akhirnya ada provokasi yg masuk td pagi sehingga timbul bentrokan.

29. Dan jika bentrokan sudah terjadi, ini bukan lagi ranah dari Gubernur. Sesuai hukum, setiap tindakan kriminal adalah urusan kepolisian.

30. Dan ini tdk tiba2 di gusur. Rencana penggusuran sudah ditunda. bahkan rencana akhirnya seminggu setelah lebaran. #PenertibanKampungPulo

31. #PenertibanKampungPulo ini sama sekali tidak ada urusannya dgn anti orang miskin seperti yg dituduhkan oleh @JJRizal

32. Kami menyarankan pengamat Depok bung @JJRizal untuk datang ke Rusun Jatinegara Barat. Manusiawi atau tidakkah tempat itu?

33. Salah kaprah besar kalau orang yg sudah biasa kebanjiran malah dianggap manusiawi. Ini pola pikir pengamat Depok Bung @JJRizal


36. Coba deh golongan karyawan2 kelas menengah yg tinggal di Apartemen Kalibata City misal, iri gak sama Rusun Jatinegara Barat?

37. nah demikian twit kami ttg #PenertibanKampungPulo. Kami siap diskusi dgn siapapun. Penegakan Hukum adalah hal utama perubahan di Jkt.

Bagaimana menurut bidhuaners? tepatkah tindakan Ahok saat ini?

BACA JUGA