Sakit Perut Sebelah Kanan : Penyebab dan Cara Mengatasinya

298

Bidhuan.id – Apa penyebab Sakit Perut sebelah kanan? Bagi kebanyakan orang, kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting sekali untuk di perhatian. Bahkan, ada pernyataan yang sangat populer di kalangan masyarakat yaitu bahwa sehat itu mahal. Oleh karena itu, kita yang telah dianugerahi tubuh yang sempurna tentu harus benar-benar dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, jika berbicara mengenai kesehatan tubuh, apakah anda pernah merasakan sakit perut sebelah kanan? Bagi anda yang pernah mengalami hal ini tentu itu artinya ada suatu hal yang terjadi dengan kesehatan tubuh anda. Apakah anda tahu bahwa sakit perut sebelah kanan ini ternyata dapat di sebabkan oleh beberapa hal? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan terkait sakit perut sebelah kanan.

Perlu anda ketahui bahwa pada umumnya sakit perut dapat melanda di bagian perut mana saja, salah satunya adalah sakit perut sebelah kanan. Dan rasa sakit yang muncul di setiap masing-masing bagian perut ini tentunya memiliki penyebab yang berbeda-beda sesuai dengan bagian perut yang terasa sakit tersebut, tak terkecuali dengan rasa sakit yang terasa di bagian perut sebelah kanan. Mengobati Perut Melilit memang seringkali membingungkan jika belum diketahui penyebab pastinya.

Nah, oleh karena itu, perlu anda ketahui bahwa sakit perut sebelah kanan ini dapat di sebabkan oleh berbagai kondisi dan arena bagian perut yang sakit dapat menjadi petunjuk penyebabnya. Bagi anda yang penasaran dengan penyebab sakit perut sebelah kanan, maka berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Ada beberapa jenis rasa sakit yang dapat dirasakan di bagian perut, ada rasa sakit perut yang tergolong ringan dan cenderung tidak mengganggu aktivitas, sakit perut karena terjadinya kram, atau bisa jadi rasa sakit perut yang cenderung menyiksa dan tajam karena memang seperti sedang ditusuk – tusuk.

Ada juga sakit perut semakin lama semakin menguat dan tak tertahankan, kemudian terasa kembali. Nah, sebenarnya ada beberapa hal yang harus anda cermati terkait arah penjalaran rasa sakit serta gejala-gejala lain yang mengiringi sakit perut sebelah kanan. Lantas apa saja sih penyebab sakit perut sebelah kanan itu? Sebenarnya ada beberapa kondisi umum yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan ini, antara lain sebagai berikut:

  • Radang usus buntu atau Apendisitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang pertama adalah radang usus buntu. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya proses penyumbatan pada bagian usus buntu yang merupakan dampak dari infeksi sehingga adanya kondisi dimana usus tersebut mengalami pembengkakan harus seger mendapatkan penanganan lebih lanjut. Radang usus buntu ditandai dengan munculnya rasa sakit di perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan rasa mual, muntah, kembung, sembelit dan juga kembung.

  • Batu Empedu

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang kedua adalah batu empedu. Sebenarnya baru empedu tidak selamanya menimbulkan keluhan. Kondisi ini baru akan bergejala jika batu berhasil menyumbat saluran empedu dan menyebabkan radang. Batu empedu dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit perut sebelah kanan bagian atas dan terasa menjalar hingga ke punggung bagian atas, bahu dan dada. Selain itu juga kondisi ini juga ditandai dengan rasa mual dan muntah.

  • Kolesistitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah kolesistitis. Penyakit ini adalah penyakit radang pada kandung empedu, kondisi ini sering kali di sebabkan oleh batu empedu. Gejalanya dapat berupa rasa sakit pada perut kanan bagian atas yang terasa tajam dan dapat menjalar ke bahu kanan atas. Gejala penyerta lainnya dapat berupa mual, muntah, demam, dan juga penyakit kuning.

  • Hepatitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya adalah hepatitis. Hepatitis atau radang pada hati merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh beberapa hal. Selain disebabkan karena infeksi virus hepatitis B dan C, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan perlemakan pada hati juga dapat memicu penyakit hepatitis ini. Gejala penyakit hepatitis ini dapat berupa rasa sakit di perut sebelah kanan atau kananĀ  atas, mual, muntah, menurunnya selera makan, lemas, warna feses yang menjadi keputihan, serta warna urine yang cenderung keruh.

  • Kehamilan Ektopik

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang terakhir adalah kehamilan ektopik. Yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya berada di bagian tuba fallopi dan menimbulkan gejala rasa sakit yang dirasakan di area perut bagian kanan bawah dan kadang juga dapat sampai di bagian kiri perut tergantung pada lokasi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi tadi.

Penyebab Lainnya Berdasarkan Lokasi Rasa Sakit Pada Perut Sebelah Kanan

Selain lima sebab umum yang telah kami jelaskan di atas, sebenarnya sakit perut sebelah kanan juga memiliki penyebab lain yang dapat diklasifikasikan berdasarkan area atau lokasi rasa sakit perut sebelah kanan itu sendiri, yaitu bagian bawah dan atas perut. Nah, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Untuk rasa sakit yang timbul di perut sebelah kanan bagian bawah biasanya juga dapat di sebabkan oleh cedera, gangguan leher rahim, batu ginjal dan endometriosis. Nah, serangan untuk rasa sakit yang timbul di perut sebelah kanan bagian atas biasanya juga dapat di sebabkan oleh gastritis atau radang lambung, hernia hiatus, tukak lambung, batu ginjal, kanker atau infeksi pada ginjal, radang atau kanker pankreas, dan yang terakhir bisa kita disebabkan oleh kanker kantung empedu.

Mengatasi Gangguan Kesehatan Pada Perut

Konsumsi makanan sedikit demi sedikit dengan porsi sedikit bisa membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada bagian perut. Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan sembarangan misalnya saja seperti aspirin atau ibuprofen, yang mungkin malah akan memperparah gangguan. Untuk memastikannya, berkunjung ke dokter bisa dijadikan sebagai pilihan solusi terbaik.