Aspilet: Indikasi, Kontraindikasi, Dosis, Serta Efek Samping Yang Terkandung Di Dalamnya

1164
Aspilet
Aspilet

Bidhuan.id – Apakah anda tahu kegunaan aspilet? Perlu anda ketahui bahwa fungsi utama yang terkandung di dalam aspilet adalah untuk pengobatan trombosis atau yang juga disebut dengan antitrombotik. Penggunaan obat ini juga terbukti efektif sebagai tindakan pencegahan agar supaya tidak sampai mengalami serangan jantung.

Pada artikel ini akan kami jelaskan mengenai kegunaan, dosis, dan juga efek samping yang perlu anda cermati bagi anda yang ingin mengkonsumsi aspilet agar supaya anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan kondisi kesehatan anda.

Mengenal Obat Aspilet

Di dalam obat ini terkandung suatu zat aktif yang bernama Asam Asetilsalisilat yang memang memiliki peranan penting di dalam tindakan pencegahan serangan jantung. Cara kerja dari obat ini yakni dengan cara melakukan perlambatan terhadap kinerja dari enzim siklo oksigenase, yang mana hal ini melalui asetilasi yang memiliki sifat tidak dapat dikembalikan seperti semula atau yang lebih dikenal dengan istilah ireversibel.

Dengan melakukan penghambatan tersebut, maka Asam Asetilsalisilat dapat dengan efektif melakukan pencegahan terhadap pembentukan tromboksan A2. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu tindakan pencegahan akan penimbunan atau penumpukan platelet serta melakuakn pencegahan terhadap proses pembentukan darah.

Sebelum kami menjelaskan lebih lanjut mengenai obat ini, kami sarankan agar anda memperoleh informasi lain yang juga tidak kalah penting yaitu Amlodipin, Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi dan juga Buscopan, Obat Pereda Nyeri Dan Kram yang Ampuh.

1. Indikasi Aspilet

Indikasi Aspilet
Indikasi Aspilet

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa fungsi dari aspilet adalah untuk pencegahan terhadap proses pembentukan pembekuan darah yang seringkali dialami oleh seseorang yang menderita serangan jantung maupun juga pasien yang baru saja menjalani operasi stroke. Selain itu, obat ini juga terbukti ampuh digunakan untuk mencegah berbagai kondisi yang berhubungan dengan trombosis.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap mengenai kegunaan dari obat aspilet, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menghubungi dokter karena memang obat ini termasuk obat resep sehingga bagi anda yang ingin menggunakan aspilet, maka yang harus anda urus terlebih dahulu yakni resep dokter.

2. Kontraindikasi Aspilet

Berikut akan kami berikan penjelasan mengenai segala hal yang berhubungan dengan kontraindikasi terhadap penggunaan obat alpara.

  • Riwayat hipersensitifitas terhadap zat aktif yang terkandung di dalam aspilet disarankan untuk tidak menggunakan obat ini.
  • Pasien yang terindikasi pernah memiliki riwayat alergi juga disarankan tidak menggunakan aspilet, atau mungkin anda bisa bertanya kepada dokter mengenai penggunaan obat ini terhadap pasien dengan riwayat alergi.
  • Sementara itu, bagi ibu hamil dan menyusui, jika ingin menggunakan aspilet, maka kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter nantinya akan memberi penjelasan apakah obat ini memang aman untuk dikonsumsi atau tidak.
  • Dan bagi pasien dengan riwayat penyakit dalam seperti penyakit jantung, ginjal, maupun juga penyakit hati, mungkin penggunaan aspilet masih diperbolehkan, namun dengan dosis yang lebih sedikit atau rendah.

3. Dosis Aspilet

Dosis Aspilet
Dosis Aspilet
  • Dosis untuk pengobatan serangan jantung yang akan diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 2 tablet (80 mg) sampai dengan 4 tablet yang diberikan dalam waktu sehari sekali. Dosis tersebut disarankan untuk diberikan pada saat terjadi serangan, serta 1 tablet yang akan diberikan pada saat rumatan dan diberikan sekali dalam sehari.
  • Disarankan untuk memberikan obat ini berdasarkan dosis yang telah disesuaikan dengan kondisi anda. Anda jangan sekali-kali menurunkan atau menaikkan dosis tersebut jika anda tidak memperoleh informasi atau instruksi dari dokter karena hal ini hanya akan membuat aspilet tidak bisa bekerja dengan baik dan dikhawtirkan malah mengganggu kesehatan anda.

Baca: 6 Obat Sesak Nafas Efektif dan Ampuh di Apotik

4. Efek Samping Aspilet

Di bawah ini merupakan beberapa efek samping penggunaan aspilet yang mungkin akan anda alami. Jika anda merasa bahwa anda merasakan efek samping yang tidak kunjung hilang atau parah, maka segera hentikan penggunaan aspilet dan langsung hubungi dokter.

  • Efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan aspilet adalah anda akan merasakan sensasi yang tidak nyaman pada daerah lambung. Kondisi ini juga terkadang terjadi pada bagian ulu hati.
  • Efek samping yang juga bersifat umum yang mungkin saja bisa anda rasakan yakni seperti muntah, mual, atau sakit perut, maupun juga bisa menyebabkan masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan.
  • Sementara efek samping bagi pasien yang mengkonsumsi aspilet dalam kurun waktu yang cukup lama maupun pada saat dosisnya ditingkatkan adalah ia akan mengalami masalah pada tukak lambung.
  • Beberapa efek samping yang juga mesti harus diwaspadai, terutama bagi anda yang pernah mengalami riwayat penyakit atau kondisi tertentu adalah pendarahan lambung, gangguan fungsi hati, maupun masalah-masalah lainnya yang harus segera dilaporkan ke dokter.

5. Peringatan dan Perhatian Mengenai Penggunaan Aspilet

  • Anda harus selalu menyimpan aspilet pada tempat yang sejuk dan juga tidak terlalu lembab.
  • Jangan sekali-kali mencoba untuk membekukan obat ini.
  • Jangan pernah anda menambah maupun juga mengurangi takaran dosis aspilet yang sudah ditenukan kepada anda sebelum anda memperoleh instruksi dari dokter.
  • Jika misalnya anda menderita beberapa kondisi yang berhubungan dengan hal-hal seperti ruam kulit, gatal, ataupun biduran, maka anda harus segera menghubungi dokter dan hentikan penggunaan obat ini.

Demikian informasi dari kami mengenai segala hal tentang obat aspilet. Semoga bisa menambah wawasan anda mengenai obat-obatan yang digunakan sebagai pengobatan dan pencegahan serangan jantung.