Demacolin: Indikasi, Kontraindikasi, Dosis, Dan Efek Samping

491
Indikasi Demacolin
Indikasi Demacolin

Bidhuan.id – Apakah anda tahu obat Demacolin? Sebenarnya obat ini tidak jauh berbeda dengan Obat Flu Dan Sakit Tenggorokan Disertai Batuk dan juga Rhinos SR, Tremanza dan Actifed karena memang sama-sama memiliki fungsi utama yakni membantu berbagai macam masalah yang berhubungan dengan gejala flu.

Di dalam Demacolin, terkandung suatu zat aktif antara lain paracetamol, kofein, atau juga pseudoefedrin HCL yang memang memiliki kegunaan atau fungsi di dalam menurunkan demam atau gejala flu lainnya.

Demacolin hanya boleh anda dapatkan jika sebelumnya anda telah mendapatkan resep dokter karena memang obat ini termasuk kedalam kategori obat resep. Sementara untuk cara kerja dari Demacolin yakni dengan cara membunuh virus penyebab seseorang menderita flu karena sebenarnya obat ini merupakan gabungan dari beberapa obat sehingga mampu memberikan efek yang unik.

Demacolin
Demacolin

Mengenal lebih tentang Demacolin

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa Demacolin merupakan obat yang sebenarnya terdiri dari beberapa obat, dan karena itulah Demacolin memiliki kandungan zat aktif sekurang-kurangnya 4 jenis.

Berikut ini kami akan menginformasikan kepada anda mengenai apa saja kegunaan atau indikasi, dosis, atau juga efek samping yang perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan menggunakan Demacolin sebagai obat pilihan pertama di dalam mengobati flu.

1. Indikasi Demacolin

Indikasi Demacolin
Indikasi Demacolin
  • Demacolin merupakan obat yang dipercaya untuk membantu menurunkan demam dengan kandungan paracetamol yang ada di dalamnya.
  • Demacolin juga dipercaya ampuh digunakan untuk membantu mengobati sakit kepala.
  • Indikasi lain Demacolin yakni sebagai obat untuk mengatasi hidung gatal yang menjadi salah satu tanda awal seseorang menderita flu.
  • Selain itu, hidung tersumbat dan hidung berair juga menjadi salah satu indikasi yang terkandung di dalam Demacolin.

2. Kontraindikasi Demacolin

  • Bagi anda yang pernah mengalami hipersensitifitas, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi Demacolin karena dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
  • Pasien ibu hamil atau menyusui sebaiknya bertanya kepada dokter terlebih dahulu karena dikhawatirkan Demacolin bisa menjadi sebab terganggunya kondisi ibu maupun bayinya.
  • Sementara bagi pasien yang memiliki tingkat kepekaan cukup tinggi terhadap obat-obata simpatomimetik lainnya seperti efedrin, fenilefrin, maupun juga pseudoefedrin, dianjurkan untuk berhati-hati selama mengkonsumsinya.
  • Pasien dengan gangguan fungsi ginjal maupun hati, sebaiknya bertanya kepada dokter terlebih dahulu.
  • Adapun pasien dengan beberapa riwayat penyakit seperti hipertensi, stroke, atau bahkan obesitas, penggunaan obat ini juga harus memperoleh lampu hijau dari dokter.

3. Dosis Demacolin

Dosis Demacolin
Dosis Demacolin

Informasi seputar dosis yang harus anda konsumsi akan kami berikan di bawah ini:

  • Dosis yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia di atas 12 tahun atau juga bagi orang dewasa adalah sebanyak 1 sampai dengan 2 tablet untuk dikonsumsi dalam waktu 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari.
  • Dosis yang diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia antara 6 sampai 12 tahun adalah sebanyak 1/2 sampai dengan 1 tablet dan dikonsumsi dalam waktu 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari. Sementara bagi anak-anak yang ingin menggunakan Demacolin syirup, maka dosisnya adalah sebanyak 2 sendok takar atau kurang lebih 10 ml untuk 3 kali dalam sehari.
  • Adapun dosis yang harus dikonsumsi anak-anak yang berusia 2 sampai dengan 5 tahun, maka dosis yang harus digunakan sebesar 1 sendok takar atau 5 ml dalam kurun waktu 3 kali dalam sehari.

Kami sarankan agar supaya Demacolin dikonsumsi atau diminum bersamaan dengan makan atau sesaat setelah makan. Lalu anda disarankan untuk minum air secukupnya. Hal ini bertujuan di dalam memperlancar proses penyerapan. Selain itu, anda juga harus segera menghentikan penggunaan Demacolin jika anda merasa sudah tidak merasakan gejala-gejala yang telah disebutkan di atas.

4. Efek Samping Demacolin

Inilah beberapa efek samping Demacolin yang perlu anda perhatikan:

  • Efek samping yang bisa anda rasakan selama mengkonsumsi Demacolin adalah kantuk atau mengalami masalah gangguan tidur atau insomnia.
  • Efek samping lainnya akibat Demacolin yakni tremor, eksitasi, maupun juga gelisah juga mungkin bisa anda alami selama anda mengkonsumsi obat ini.
  • Sementara bagi anda yang menggunakan Demacolin dalam jangka waktu yang lumayan lama, maka obat ini kemungkinan akan mengakibatkan mulut anda kering, detak jantung cepat.
  • Efek samping yang berhubungan dengan masalah pencernaan seperti misalnya mual, muntah, diare, atau juga bisa mengakibatkan anda mengalami sembelit.
  • Sulit berkemih juga kemungkinan akan anda alami ketika anda menggunakan Demacolin, terutama dengan dosis yang tinggi.

Beberapa efek samping lainnya kemungkinan masih ada yang belum kami sampaikan kepada anda. Oleh sebab itu, jika anda ingin memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai efek samping Demacolin, anda bisa bertanya kepada dokter. Dokter nanti akan memberikan penjelasan yang lebih detail tentang apa saja efek samping dari penggunaan obat Demacolin.

5. Peringatan dan Perhatian Tentang Penggunaan Demacolin

  • Kami menyarankan agar anda tidak sembarangan ketika memberikan Demacolin terhadap seseorang yang sebelumnya pernah memiliki masalah hati, ginjal, maupun juga jantung.
  • Obat ini tidak disarankan untuk diberikan kepada pasien yang berusia di bawah 2 tahun.
  • Karena penggunaan Demacolin bisa menyebabkan kantuk, maka anda dilarang mengemudikan kendaraan atau melakukan aktivitas yang menguras tenaga maupun juga pikiran.
  • Jangan menggunakan alkohol atau merokok selama mengkonsumsi Demacolin karena kebiasaan ini hanya akan mempengaruhi khasiat dan cara kerja dari obat tersebut.
  • Jika setelah pemberian obat ini minimal 3 hari ternyata belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, maka kami sarankan agar anda segera memeriksakan kondisi anda kepada dokter.
  • Bagi anda yang juga sedang mengkonsumsi obat-obatan lainnya, anda harus mengatakan kepada dokter mengenai informasi ini sehingga dokter nantinya bisa membantu mencegah terjadinya interaksi obat.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai obat demacolin. Semoga bermanfaat.