Cerita Lengkap Detik-detik Pencabutan Sanksi FIFA dari Hinca Panjaitan

0
2028
fifa hinca

Cerita Lengkap Detik-detik Pencabutan Sanksi FIFA dari Hinca Panjaitan. Akhirnya PSSI bernafas lega setelah induk asosiasi sepakbola dunia, FIFA, mencabut sanksi untuk Indonesia di Kongres ke-66 yang digelar di Meksiko, 12-13 Mei 2016.

Salah satu perwakilan PSSI di kongres adalah Wakil Ketua Umum PSSI, Hinja Panjaitan yang secara eklusif melaporkan suasana kongres dari mulai tiba di Meksiko, menghadiri agenda FIFA, hingga prosesi pencabutan Sanksi FIFA untuk Indonesia. Berikut adalah selegkapnya.

‏@hincapandjaitan May 11, Just landed mexico city pukul 18.46 waktu mexico. Tks doanya #wearepssi
‏@hincapandjaitan May 11, Jelang malam di Indonesia, jelang pagi di jantung kota Meksiko, yg sibuk sambut Kongres FIFA ke-66.
‏@hincapandjaitan May 11 Siap-siap
@hincapandjaitan May 11, Pembicaraan 4 mata dgn President AFC (Shaikh Salman bin Ebrahim Al-Khafila): masa depan sepakbola Indonesia dan Asia
@hincapandjaitan May 12, 3 kandidat president FIFA bertarung di kongres kemarin, selesai langsung salaman.
@hincapandjaitan May 12, Bertatap mata dgn President OCA yg sekaligus Vice President FIFA dan Exco Member AFC
@hincapandjaitan May 12, Bicara dengan Presiden FIFA utk memajukan sepakbola Indonesia
@hincapandjaitan May 12, Dibuka oleh Gianni Infantino dibungkus dg selebrasi 50 thn stadion Azteca yang melegenda
@hincapandjaitan May 12, Hentakan tarian kaki bermusik tinggi selincah kaki mengolah sikulitbundar cetak gol cantik hibur rakyat setulus hati
‏@hincapandjaitan May 12, Suara merdu, musik melengking, tarian mengangumkan dikemas khas diatas panggung ala Meksiko.
@hincapandjaitan May 12 , Tks #Mexico sambil menanti lihat dasyatnya panggung crossculture dunia sbg karya agung sang Dewata #FIFACongress
@hincapandjaitan May 13 , Open ceremony 66th #FIFA Congress segera dimulai #wearepssi
@hincapandjaitan May 13, Bangga Merah Putih berada diantara 209 bendera anggota FIFA saat pembukaan 66th #FIFACongress di Meksiko #wearepssi
@hincapandjaitan May 13 , 5.40 waktu Meksiko 66th #FIFACongress resmi dibuka Presiden FIFA Gianni Infantino #wearepssi
@hincapandjaitan May 13 , Bangga Indonesia Bangga MERAH PUTIH berkibar di 66th
@hincapandjaitan May 13 , 6.35 waktu mexcico city, open ceremony 66th #FIFACongress berakhir
@hincapandjaitan May 13, Yesss… MERAH PUTIH KU MERAH PUTIH MU MERAH PUTIH KITA: INDONESIA
@hincapandjaitan May 13 , Rehat sejenak, enjoy ….
@hincapandjaitan May 13, Dgn Sekjen #FIFA Markus Kartner bicarakan agenda bsok pagi rapat resmi council, dilanjut kongres utk putusan formal

“Persis jam 22 langsung diumumkan President FIFA. Dengan menyatakan selamat bergabung kembali ke FIFA dan mulai lagi mengembangkan sepakbola di Indonesia. Presiden FIFA memberikan penghargaan yang tinggi atas dialog dan diplomasi yang kita lakukan. ”

“Terima kasih jg disampaikan kpd pmrth Indonesia yg menyadari keadaan yg terjadi & bersedia mencabut keputusan pembekuan PSSI. Surat FIFA juga sudah saya terima dan akan saya bawa langsung ke Jakarta. ”

“Suasananya mendebarkan seperti main bola waktu sdh injury time karena waktunya tinggal satu jam lagi. Council FIFA meeting memutuskan mencoret agenda utk menjatuhkan sanksi kepada PSSI, meeting selesai jam 9 pagi. ”

“Ketika diumumkan PSSI kembali ke keluarga besar FIFA saya spontan berdiri. Langsung saat itu PSSI punya hak penuh sebagai anggota FIFA dan karenanya punya hak memilih sebagai voter. ”

“Saya jadi sangat emosional. Emosional karena saat dihukum FIFA tanggal 30 mei 2015 saya berada di dalamnya…dan sekarang 13 mei 2016 saya yg pimpin bersama sekjen sebagai pelaku dan saksi pencabutan sanksi itu”

“Selamat kepada seluruh rakyat Indonesia. Jadikan yg lalu sbg pelajaran berharga dan jangan pernah terulang lagi. Mari bergandengan tangan perbaiki tata kelola sepakbola Indonesia. ”

“Terima kasih atas dukungan semua pihak shg kami bisa tuntaskan pekerjaan ini utk mengembalikan timnas dan anak2 Indonesia main bola lagi. Segera setelah kembali ke Jakarta kita mulai bicara untuk kepentingan sepakbola Indonesia; Bicara dgn anggota, pemain, pemerintah dan stakeholder lainnya yang mencurahkan hatinya utk sepakbola Indonesia.”

“We must protect our associations from government interference,” Infantino said.

@hincapandjaitan 5h5 hours ago , Tinggalkan arena kongres, langsung ke bandara. Lelah dan letih rasa badan sirna sudah .

Begitulah rangkuman laporan dari akun twitter pribadi Hinca, Selamat untuk sepakbola Indonesia, semoga menjadi lebih baik pasca pencabutan Sanksi FIFA ini.

BACA JUGA