Definisi Sehat Menurut WHO, Karakteristik dan Komponennya

514
Karakteristik, Komponen, Dan Definisi Sehat Menurut WHO

Bidhuan.id – Seperti apa definisi sehat menurut WHO? Namun sebelumnya apakah anda tahu apa singkatan dari WHO dan apa sebenarnya WHO itu? WHO merupakan singkatan dari World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia. Organisasi tersebut memiliki tujuan utama yakni membuat dan memberikan pelayanan kesehatan, baik secara fisik, mental, ataupun juga sosial.

Dengan kata lain, WHO bukan hanya bekerja untuk mengobati penyakit saja, melainkan juga untuk mengembalikan kondisi psikis maupun juga sosial seseorang atau seluruh masyarakat yang ada di dunia. Ada sebuah definisi sehat menurut who yang memang menjadi definisi paten dan diikuti oleh kebanyakan para ahli kesehatan. Bahkan definisi tersebut seringkali digaungkan atau diporomosikan untuk memperkenalkannya kepada seluruh masyarakat yang ada di dunia.

Definisi Sehat Menurut WHO

Pada dasarnya pengertian sehat menurut Organisasi Kesehatan Dunia tersebut adalah sebuah kondisi idea, baik secara biologis, sosial, maupun juga psikologis yang mana orang tersebut dapat melakukan segala bentuk aktivitasnya secara maksimal. Seseorang yang dikatakan sehat apabila ia tidak mengalami gangguan atau masalah apapun ketika menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Selain itu, orang yang sehat juga merupakan seseorang yang memiliki tingkat sistem kekebalan tubuh dan stamina yang kuat sehingga tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Sebelum kami membahas lebih lanjut mengenai materi kita kali ini, kami ingin menjelaskan kepada anda tentang hindari makanan ini saat buka puasa yang tentu akan snagat bermanfaat bagi anda karena kurang dari 3 bulan lagi kita akan menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia.

1. Karakteristik Sehat Menurut WHO

Karakteristik Sehat Menurut WHO
Karakteristik Sehat Menurut WHO

Perlu anda tahu bahwasanya ada 3 karakteristik penting yang masih berhubungan dengan definisi sehat menurut WHO. Ketiga karakter ini memang merupakan sebuah karakter yang patut diperhatikan karena bisa dijadikan sebagai tolak ukur atau parameter untuk mengetahui tingkat kesehatan seseorang.

Adapun ketiga karakter tersebut antara lain seperti di bawah ini:

  • Melakukan refleksi perhatian pada setiap individu sebagai seorang manusia.
  • Selalu memandang sehat, baik dalam konteks internal maupun juga eksternal.
  • Sehat diartikan sebagai tingkat kehidupan yang efektif dan juga produktif

Ada hal lain yang juga harus anda ketahui bahwasanya sehat bukanlah sebuah keadaan, melainkan sebuah proses. Artinya, proses dimana seseorang beradaptasi, secara fisik, mental, maupun juga sosialnya terhadap lingkungan.

Baca: Alasan “Pedoman Gizi Seimbang” Gantikan “4 Sehat 5 Sempurna” Menurut Kemenkes

2. Komponen penting dalam definisi sehat

Sebenanya, definisi sehat itu sendiri nanti ada tiga komponen utama. Setiap komponen tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Anda sebagai seseorang yang bergerak di bidang kesehatan, tentu tidak boleh mengabaikan ketiga komponen penting ini.

Adapun ketiga komponen penting tersebut akan kami berikan selengkapnya seperti di bawah ini:

  • Sehat Jasmani
    • Sehat jasmani memiliki arti sehat secara keseluruhan. Seseorang dikatakan memiliki kesehatan jasmani adalah ketika orang tersebut memiliki kulit yang bersih, rambut tersisir secara rapi, mata bersinar, tidak gemuk, berpakaian dengan rapi, tidur dan beristirahat secara teratur, memiliki pola makan yang baik, dan segala hal yang berhubungan dengan fungsi fisiologi.
    • Dengan kata lain, seseorang dikatakan jasmaninya sehat apabila secara fisik orang tersebut memang memiliki kesehatan tubuh dan penampilan yang normal.
  • Sehat Mental
    • Apakah anda pernah mengetahui sebuah slogan “Di dalam jiwa yang sehat terdapat jiwa yang kuat”? Perlu anda ketahui bahwa berdasarkan ungkapan tersebut kita bisa mengetahui bahwa kesehatan jasmani maupun juga kesehatan mental merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
    • Seseorang yang berjiwa atau bermental sehat tentu saja ia harus memiliki kondisi jasmani yang sehat. Seseorang yang berjiwa sehat juga harus memiliki kondisi mental yang sehat.
  • Sehat Spiritual
    • Komponen yang ketiga dan juga tidak kalah penting adalah sehat secara spiritual. Spiritual adalah sebuah komponen tambahan yang menjadi satu kesatuan bersama dua komponen lainnya yang nantinya akan menjadi satu dalam definisi sehat berdasarkan apa yang telah dijelaskan oleh WHO.
    • Spiritual tentu memiliki arti yang sangat penting di dalam kehidupan. Setiap manusia berhak dan wajib mendapatkan pendidikan, baik secara formal maupun juga informal. Selain itu, kebutuhan spiritualnya pun juga tidak boleh diabaikan seperti berlibur, mendengarkan lagu, mendapatkan siraman rohani, mengikuti pengajian, dan lain sebagainya.
    • Jika seseorang memiliki kesehatan jasmani dan mental namun tidak memiliki kesehatan fisik, maka tentu orang tersebut masih belum bisa dikatakan masuk ke dalam definisi sehat seperti apa yang dijelaskan oleh WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Baca juga: UU No. 36 Tahun 2014 Membatasi Tenaga Kesehatan Untuk Praktik di Satu Tempat

3. Cara hidup sehat menurut WHO

Cara hidup sehat menurut WHO
Cara hidup sehat menurut WHO

Bagaimana cara hidup sehat seperti yang dijelaskan oleh WHO? Ada beberapa kebiasaan yang harus anda lakukan jika anda ingin menjadi seseorang yang sehat, baik jasmani, mental, maupun juga spiritual.

Cara-cara tersebut akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Banyak minuma air putih
    • Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya yakni melancarkan pencernaan. Anda disarankan minum air putih kurang lebih 2,7 sampai dengan 3,7 liter per hari.
  • Istirahat cukup
    • Meskipun anda merupakan orang yang sibuk, namun anda harus tetap meluangkan waktu untuk beristirahat. Hal ini bertujuan mengembalikan kondisi anda dan menghindarkan anda dari masalah yang tidak diinginkan.
  • Olahraga dan makan teratur
    • Biasakan olahaga dan istirahat secara teratur karena hal ini akan membantu memulihkan tenaga anda. Istirahat minimal 6 jam per hari.

Demikian penjelasan penjelasan dari kami tentang definisi sehat menurut WHO. Semoga bermanfaat.