Ini Pesan Ridho Muhammad Sakti di Akhir Kepengurusan ISMAFARSI

0
390
Ini Pesan Ridho Muhammad Sakti di Akhir Kepengurusan ISMAFARMASI
ISMAFARMASI

Bidhuan.id – Kemarin malam, redaksi Bidhuan baru saja mendapat kiriman tulisan dari Ridho Muhammad Sakti selaku Sekretaris Jenderal ISMAFARSI 2014-2016. Dalam tulisan yang diberi judul “Terimakasih ISMAFARSI , Terimakasih Indonesia“, ia ingin menyampaikan pesan dan kesan pada akhir masa jabatannya dengan harapan agar tulisannya tersebut mampu untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi para calon apoteker.

Berikut ini kiriman lengkapnya,

Assalamualaikum wr wb . . .

Sahabat Aktivis ISMAFARSI & Mahasiswa Farmasi Indonesia yang saya banggakan

Alhamdulilah..

Puji syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat, nikmat sehat dan ridhoNya. Sehingga Hari ini saya dapat berdiri di tempat yang mulia ini terakhir kali sebagai Sekretaris Jenderal ISMAFARSI 2014-2016

Hari ini akan menjadi sejarah perjuangan kita

Sejarah yang kita lukiskan, Sejarah yang terekam oleh semesta farmasi sebagai perjuangan yang kita lakukan sebagai mahasiswa agent of change.

Kami mahasiswa Farmasi Indonesia melalui ISMAFARSI hadir disini karena CINTA. ISMAFARSI adalah bukti CINTA saya, cinta kita semua terhadap profesi dan wujud KONTRIBUSI kita untuk jayanya Farmasi Indonesia.

“Bisa jadi Kenyataan Hari ini adalah Mimpi masa lalu. Mimpi yang dibangun oleh rezim sebelum kami. Kami percaya Kenyataan hari esok adalah refleksi mimpi hari ini. Mimpi Mempersiapkan Golden Generation Pharmacist Future Leaders untuk ISMAFARSI Bermartabat”

Perkenakan saya dengan segala kerendahan hati dan keikhlasan menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Badan Pengawas dan Badan Pengurus Harian ISMAFARSI 2014-2016, Tim Staf Ahli Nasional, Staf Ahli Wilayah sebagai partner saya, sahabat dan keluarga saya. Dua tahun yang kita lewatkan dengan canda, tawa, suka, duka, hingga pertumpahan darah.

Proses pembelajaran yang lebih dari 144 SKS, tidak akan saya dapatkan di dunia perkuliahan. Proses pembelajaran yang sangat berharga tidak terlupakan berhasil mewarnai kehidupan saya. Terimakasih kepada seluruh rekan-rekan Lembaga Eksekutif Mahasiswa Farmasi Indonesia 63 Anggota Tetap ISMAFARSI, 8 Anggota Peninjau yang baru bergabung. Terimakasih atas masukan, arahan, dan bimbingannya. Lebih dari itu Terimakasih atas Kekeluargaan yang dibangun selama ini.

Pengalaman 27 Provinsi selama dua tahun yang saya jajaki, bertemu dengan 44 LEM Farmasi Indonesia di 44 Universitas, 16 Ketua PD IAI, dan perusahaan farmasi membuat diri semakin belajar bahwa Farmasi Indonesia layak untuk diperjuangkan. Kita dapat bayangkan begitu besarnya potensi profesi ini dari sektor industri, klinis dan entrepreneur.

Sahabat Aktivis ISMAFARSI & Mahasiswa Farmasi Indonesia yang saya banggakan,

Izinkan saya memberikan One Billion Applauses, Terimakasih kepada panitia Munas XVI ISMAFARSI yang telah berjuang siang dan Malam dengan dedikasi terbaik, tak kenal letih memberikan senyum terbaik demi 168 Delegasi di Bumi Kaktus.

Terimakasih juga kami haturkan untuk pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Gubernur Drs. H. Longki L. Djanggola, MSi, Apt beserta jajarannya yang telah full support kegiatan ISMAFARSI.

Hormat dan apresiasi tertinggi juga saya sampaikan kepada Stakeholder Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia, BPOM, Kemenkes, Perusahaan Farmasi Indonesia, dan seluruh stakeholder yang sudah berkenan kolaborasi dengan ISMAFARSI.

Spesial untuk Kakak-kakak Alumni ISMAFARSI yang telah membimbing kami dalam perjalanan dua tahun ini. Alhamdulillah 60 tahun ISMAFARSI yang katanya sudah berdiri di tahun 2016 Forum Alumni ISMAFARSI sudah terbentuk. Mudah-mudahan dapat menjadi wadah bersatu keluarga aktivis ISMAFARSI berkontribusi dan berjuang untuk kesehatan Indonesia.

Terimakasih kepada rekan-rekan pimpinan Organisasi Mahasiswa Kesehatan Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI) ISMKI, AMSA, CIMSA, ILMAGI, ILMIKI, IKAMABI, PSMKGI, ISMKMI atas kerjasama dan kolaborasi nya demi terwujudnya Indonesia Sehat.

Terimakasih kepada seluruh pihak yg telah berkontribusi .

Sahabat Aktivis dan Mahasiswa Farmasi semua,

Saya mencintai ISMAFARSI ini sejak latihan kepemimpinan organisasi tingkat fakultas yang diadadakan BEM FFUI. Banyak hal yang mengganjal di pikiran terkait perkembangan organisasi yang “Katanya sudah 60 tahun berdiri”. Dimulai dari pengkaderan, kajian strategis, lemahnya perkumpulan aktivis ISMAFARSI, eksistensi Farmasi Indonesia di dunia, eksistensi apoteker di masyarakat. Saya Meyakini bahwa apa yang terjadi hari ini merupakan produk masa lalu. Apa yang kita lakukan hari ini dalam rangka mempersiapkan generasi Farmasis Masa yang akan datang, Ya Golden Generation Pharmacist Future Leaders”

ISMAFARSI turut berkontribusi membesarkan saya, MENDIDIK saya. Upgrade Ilmu pengetahuan, merancang dan menterjemahkan mimpi profesi, meningkatkan soft skill leadership, networking, professional development, passion, collaboration sebagai calon farmasis. ISMAFARSI juga berhasil menginspirasi saya untuk Balancing Academic and Organization.

Jika diperkenankan untuk sedikit bercerita,

Saya diamanahkan sebagai Sekretaris Jenderal ISMAFARSI pada 27 Juni 2014 yang lalu di Kaliurang, Yogyakarta. Artinya saya telah melewati 2 tahun yang sangat berharga dalam hidup saya. Dalam satu periode kepengurusan ini saya bersama Badan Pengurus Harian lainnya telah melakukan banyak hal untuk ISMAFARSI, baik dari segi penataan kembali sistem organisasi ISMAFARSI maupun melakukan tugas harian sebagai Badan Pengurus Harian ISMAFARSI dan beberapa program terobosan yang menjadi Inovasi ISMAFARSI Luar Biasa.

Beberapa program kerja unggulan Internal seperti 98% inisiasi/integrasi Lembaga Eksekutif Mahasiswa (BEM/HIMA/SEMA) ke dalam ISMAFARSI dibantu dengan buku panduan inisiasi integrasi open bit.ly/lebihdekat, Sayembara & Hymne ISMAFARSI ditetapkan di Munas Palu, Pembentukan Forum Alumni ISMAFARSI. Di bidang Media seperti perbaikan kanal informasi dan re-Branding ISMAFARSI dimulai dari website www.ismafarsi.org, akun sosial media , kerjasama media massa (ditampilkannya kegiatan ISMAFARSI di koran cetak maupun online), Center For Indonesian Pharmaceutical Student Activity. Bidang Pengabdian masyarakat desa binaan diseluruh wilayah, aksi tanggap bencana, apoteker cilik, posko kesehatan dan KIO, Vampire Day, Cardio Campaign.

Bidang Eskternal ISMAFARSI mengadakan Project bersama IPSF yaitu Public Health (Cardio Campaign, Vampire Day, TB Campaign), kegiatan Internasional yang digagas ISMAFARSI yaitu International Pharmaceutical Week 2016 9-10 Januari 2016 dengan kegiatan Simposium Ilmiah Marine and Herbal Pharmacy, Scientific Poster Competition, Patient Couseling Event (PCE), Clinical Skill Event (CSE), Debate, Tour. Bidang Pharmaceutical Science and Education seperti PCC Program di seluruh LEM, ISMAFARSI Award, Pharmed Video Competition, BIMFI dalam kolaborasi BIMKES.

Pada bidang Pertukaran Mahasiswa telah mempersiapkan 50 outgoing student yang akan belajar di luar negeri serta 65 Incoming student (pelajar luar belajar di Indonesia), SEP nasional, promosi intensif SEP ISMAFARSI, perekrutan Host SEP ISMAFARSI. Bidang Professional Development memformulasikan buku panduan kaderisasi yang sesuai dengan kebutuhan masa depan apoteker dengan mengacu kepada 7 stars pharmacist, buku pengembangan potensi Ikatan Apoteker Indonesia, roadmap kebutuhan skill industri farmasi, mengadakan GPPed di bidang klinis, GMPed di bidang industri farmasi demi mempersiapkan Golden Generation Pharmacist Future Leaders.

Bidang kajian strategis dan advokasi membentuk aliansi kastrad Farmasi Indonesia, melakukan kajian dan advokasi sistem pendidikan kefarmasian di Indonesia bersama APTFI dan DIKTI, Uji Kompetensi Apoteker Indonesia bersama APTFI & IAI, Kajian Persiapan Farmasis di Era Masyarakat Ekonomi Asean, Penggabungan S1 & Apoteker masa studi 5 tahun, Kajian Arah Gerak FCTC, kajian Perlukah Moratorium Farmasi Indonesia, Refleksi Eksistensi Apoteker, mengadakan sekolah kastrad online. Alhamdulillah atas semua dukungan LEM Farmasi Indonesia ISMAFARSI dinobatkan sebagai Best Member International Pharmaceutical Student Federation Asia Pacific Regional Office 2015 di APPS Thailand. ISMAFARSI berhasil menyisihkan Malaysia, Korea, Singapore, Jepang, Filipina, Thailand, Australia, India, Nepal, Taiwan dalam penghargaan tersebut. Selain itu ISMAFARSI juga terlibat aktif dalam forum kesehatan yakni Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI). AOMKI baru berdiri dua tahun, salah satu penggagasnya yaitu saya sendiri Ridho Muhammad Sakti. Dalam perjalanannya AOMKI menaungi kolaborasi organisasi mahasiswa kesehatan yaitu ISMAFARSI, ISMKI, ISMKMI, ILMIKI, ILMAGI, IKAMABI, PSMKGI, AMSA, CIMSA. Periode pertama koordinator AOMKI diamanahkan kepada ISMAFARSI. Selain itu di forum kepemudaan ISMAFARSI berkolaborasi dengan FCTC Untuk Indonesia, Yayasan kanker anak Indonesia dalam rangka melakukan pengabdian masyarakat, paguyuban Sumatera Barat dalam rangka peduli Padang.

Saya menyadari apa yang telah Badan Pengurus Harian lakukan belum terlaksana dengan maksimal, maka dari itu kami membutuhkan input dan solusi dari setiap pergerakan yang kami lakukan selama ini dari rekan semua. Semoga apa yang kita cita-citakan bersama untuk ISMAFARSI Luar Biasa, dunia kefarmasian Indonesia, dan taraf kesehatan Indonesia yang lebih baik dapat segera terwujud dengan semangat kita sebagai mahasiswa farmasi Indonesia. Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama dari lembaga eksekutif mahasiswa farmasi, dan juga seluruh mahasiswa farmasi Indonesia selama ini. Tanpa kalian kami bukan siapa-siapa, dan tanpa semangat kalian ISMAFARSI tidak akan punya nyawa.

Sahabat Farmasi saya banggakan,

ISMAFARSI bukan sekedar organisasi mahasiswa farmasi

Ia adalah Pencetak Golden Generation Pharmacist Future Leaders

Saya lebih suka sebut dengan Gen G (Golden Generation) yang menggerus hadirnya Gen Y Gen Z

ISMAFARSI harus mengikuti perkembangan zaman (kekinian), jika tidak akan perlahan tergerus oleh perubahan.

ISMAFARSI adalah embrio Gen G Farmasi Indonesia yang akan menterjemahkan mimpi profesi dimasa yang akan datang.

Semoga ISMAFARSI makin Maju, Bersinar, Luar Biasa dan Hebat

Terima kasih

-Ridho Muhammad Sakti-

Sekretaris Jenderal ISMAFARSI 2014-2016

Jum’at berkah,

12 Agustus 2016, Palu, Sulawesi Tengah 23.50 WITA

Artikel lainnya tentang ISMAFARSI :



SHARE