Farmasi USD Raih Juara Umum di Olimpiade Farmasi Klinik Indonesia

1862
ofki

Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma (USD) sukses meraih gelar juara umum dalam Olimpiade Farmasi Klinik Indonesia (OFKI) 2015 dengan raihan 2 emas 1 perak dan 1 perunggu. Kegiatan OFKI sendiri merupakan yang pertama kalinya dan terselenggara atas kerjasama Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam dengan Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad).

OFKI 2015 diselenggarakan di Batam pada tanggal 1-6 Desember 2015. Olimpiade ini memiliki topik Pengembangan Farmasi Klinik, yang diharapkan mahasiswa farmasi dapat menyalurkan idenya mengenai pengembangan farmasi klinik di Indonesia agar memiliki sistem dan pelaksanaan yang lebih baik. Kegiatan tersebut dikemas dengan 7 cabang lomba yaitu :

1. Poster
2. LKTI
3. Pharmaceutical Care and Case Report
4. Self Medication Tournament
5. Patient Counseling Event
6. Cerdas Cermat Farmasi Klinik
7. Debat Kefarmasian

Lomba ini diikuti oleh mahasiswa S1 Farmasi yang belum pernah dan tidak sedang bekerja di RS dan Apotek (bidang Farmasi Klinik). Total 18 Universitas dan Stikes Farmasi seluruh Indonesia antusias mengikuti lomba ini.

Di peringkat kedua, Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 2 emas dan 1 perak. Sedangkan tuan rumah, Unpad menempati posisi ketiga dengan 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Kegiatan ini sukses digelar dengan mengundang pakar Farmasi Klinik Internasional yakni Prof. Syed Azhar Syed Sulaiman dari Universitas Sains Malaysia dan Dr. Keri Lestari dari Farmasi Unpad.

OFKI 2015 yang berlangsung 6 hari ini semakin memperlihatkan eksistensi Farmasi Unpad dalam mengembangkan pendidikan Farmasi Klinik di Indonesia, selain telah memiliki Jurnal Nasional Farmasi Klinik Indonesia terakreditasi DIKTI, beberapa waktu lalu telah sukses menyelenggarakan Seminar Internasional “The First Indonesian Conference on Clinical Pharmacy” dengan mengundang Prof. Dr, Joseph T. DiPiro.

Berikut adalah gallery foto kegiatan OFKI dari instagram @juttilevita

 

ARTIKEL TERKAIT