Buruan Catat! Cara Download Jurnal Full Text Gratis Berbagai Publisher

9941
cara download artikel ilmiah gratis

Sebuah website yang memberikan akses gratis jurnal berbayar, kini secara terang-terangan menamakan websitenya sebagai situs pembajak jurnal ilmiah pertama didunia yang memiliki koleksi lebih dari 46,000,000 jurnal dari berbagai penerbit ternama seperti nature, sciencedirect, willey online library, dan lainnya.

Buruan Catat! Inilah Cara Download Jurnal Full Text Gratis Berbagai PublisherCaranya sangat mudah dengan mengakses situs sci-hub.io (http://sci-hub.io/). Kemudian memasukan DOI, PMID (PubMed ID) atau link artikel yang ingin di download.

Saat ini situs telah berbahasa Inggris dimana sebelumnya berbahasa Rusia. Selain itu telah memiliki akun sosial media di twitter (@sci_hub) dan facebook (https://www.facebook.com/sci.hub.org).

Menurut situs tersebut, sebuah jurnal penelitian adalah publikasi khusus yang ditulis oleh para ilmuwan untuk dibaca oleh peneliti lain. Makalah merupakan sumber utama Diperlukan untuk penelitian – misalnya, mengandung penjelasan rinci tentang hasil baru dan eksperimen.

Pada saat ini distribusi terluas artikel penelitian, serta dari sumber-sumber ilmiah atau pendidikan lainnya, artifisial dibatasi oleh undang-undang hak cipta. Undang-undang tersebut secara efektif memperlambat perkembangan ilmu pengetahuan dalam masyarakat.

Proyek Sci-Hub, berjalan dari 5 September 2011, menantang status quo. Pada saat ini, Sci-Hub menyediakan akses ke ratusan ribu jurnal penelitian setiap hari, secara efektif melewati setiap paywalls dan pembatasan.

Sci-hub berjuang untuk menyetarakan akses pengetahuan di seluruh dunia. Pengetahuan ilmiah harus tersedia untuk setiap orang terlepas dari pendapatan mereka, status sosial, lokasi geografis dan lain-lain.

Misi sci-hub sendiri adalah untuk menghilangkan penghalang yang menghambat kemungkinan distribusi terluas pengetahuan untuk para peneliti.

Untuk itu, bagi bidhuaners yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa  maupun para peneliti tidak ada salahnya untuk menggunakan akses yang disediakan sci-hub ini. Walau ilegal paling tidak bisa membantu perkembangan penelitian di tanah air.



UPDATE : Khusus untuk bidhuaners! saat ini sci-hub.io telah diblok, tapi tenang masih bisa diakses di alamat sci-hub.bz atau sci-hub.cc. Jika masih diblok ikuti terus facebooknya. Dan temukan alamat lainnya disetiap komentarnya.

SHARE