Ini Alasan Unpad Menjadi Kampus Terfavorite di SNMPTN 2015

4044
webometric

Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali menjadi Perguruan Tinggi paling banyak diminati di SNMPTN 2015. Di tahun 2014, Unpad menjadi yang terfavorit dengan 72.272 calon pendaftar.

Ada beberapa alasan mengapa Unpad menjadi kampus terfavorite di SNMPTN 2015. Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN 2015, Rokhmat Wahab telah memprediksikan Unpad akan kembali terfavorit dan membeberkan alasan utamanya yakni adanya aturan satu dari dua pilihan pendaftar haruslah kampus negeri di daerah asalnya. Dari 10 kampus hanya 2 yang berada di luar pulau jawa yaitu Universitas Hasanudin dan Universitas Sumatera Utara.

“Kampus di daerah padat penduduk pasti banyak pemilihnya,” ujar ketua umum SNMPTN 2015 yang juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (tempo.co 18/3)

Berikut adalah 10 kampus yang paling diminati di SNMPTN 2015

1. Universitas Padjajaran,
2. Universitas Gadjah Mada,
3. Universitas Brawijaya,
4. Universitas Sumatera Utara,
5. Universitas Diponegoro,
6. Universitas Negeri Semarang,
7. Universitas Pendidikan Indonesia,
8. Universitas Sebelas Maret,
9. Universitas Hasanudin, dan
10. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dari peringkat webometric saat ini, UGM, UI dan ITB adalah yang terbaik di Indonesia dan tentunya di peringkat dunia. Tapi mengapa UI dan ITB tidak menjadi yang terfavorit dan bahkan tidak termasuk dalam 10 besar?

webometric

Alasan lainnya mengapa tidak terdapat Institut Teknologi Bandung yang sebenarnya sama-sama berada di daerah Jawa Barat yang padat penduduk, dimungkinkan karena pilihan kelas IPA (Science) masih bisa memilih jalur IPS (Sosial dan Humaniora) dan tidak bisa sebaliknya. Itulah alasan lainnya kenapa Universitas lebih banyak diminanti dibanding Institut.

Universitas Indonesia berada di peringkat kedua di webometric tapi tidak masuk dalam peringkat banyak peminat. Hal ini dimungkinkan karena faktor lokasi yang berimbas ke tingginya biaya hidup calon mahasiswa.

Menurut bidhuan, dari sudut pandang prestasi di peringkat webometric dan peminat, Universitas Gadjah Mada adalah kampus yang ideal untuk 2015. Namun, peringkat ini muncul hendaknya dibuat agar timbul persaingan sehat demi memajukan peran dan prestasi dunia pendidikan di Indonesia  terutama untuk Go Internasional.



Maju terus dunia pendidikan Indonesia!!