7 Jenis Vitamin Anak yang Diperlukan agar Buah Hati Tumbuh Pintar dan Cerdas

224
7 Jenis Vitamin Anak yang Diperlukan agar Buah Hati Tumbuh Pintar dan Cerdas
7 Jenis Vitamin Anak yang Diperlukan agar Buah Hati Tumbuh Pintar dan Cerdas

Bidhuan.id – Tahukah Bunda, tidak memenuhi kebutuhan vitamin anak tak hanya akan menyebabkan buah hati mengalami masalah pertumbuhan dan membuat mereka terlihat kurus serta tak bersemangat melainkan, anak-anak yang tidak terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan mengalami masalah fokus dan perhatian.

Anak-anak yang kurang gizi seringkali memiliki perilaku yang kurang baik karena mereka sulit untuk belajar dan memahami bagaimana cara bergaul, berbicara, dan bermain di lingkungannya.

Menggunakan resep obat-obatan untuk memperbaiki perilaku anak tentu saja berdampak tidak baik jika terus-terusan dilakukan dalam jangka panjang. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi struktur dan fungsi otak mereka.

Anak-anak yang kurang gizi biasanya akan sulit berkonsentrasi, tidak perhatian, sulit mempertahankan nilai akademis mereka di sekolah, sering merasa panik secara berlebihan, dan sulit bergaul dengan teman-temannya.

Jenis Vitamin untuk Anak
Jenis Vitamin untuk Anak

Para ahli setuju bahwa hal yang mendasari perilaku buruk pada anak adalah intervensi (kekurangan) gizi, kelelahan adrenal, disfungsi tiroid, serta pertumbuhan organisme di dalam usus yang berlebihan seperti organisme Candida, dan paparan logam berat seperti timbal.

Jika Anda ingin anak-anak memiliki otak yang pintar dan cerdas serta tumbuh optimal, maka anak harus diberikan makanan yang banyak mengandung vitamin. Setidaknya ada 7 vitamin yang penting untuk mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan anak, yang akan saya bahas di bawah ini.

Asam lemak esensial

Asam lemak esensial berupa DHA dan EPA adalah kelompok nutrisi yang sangat penting untuk mendukung kecerdasan otak anak. Lemak khusus ini banyak ditemukan pada ikan dan hati ikan. Untuk memenuhinya, selain memberikan anak-anak ikan, Anda juga bisa membeli vitamin anak yang dilengkapi dengan DHA maupun EPA.

Suplemen asam lemak bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak esensial pada anak. Suplemen ini biasanya dapat memberikan perbaikan yang cukup signifikan dalam fungsi kognitif maupun masalah perilaku pada anak.

Magnesium

Vitamin anak yang sangat diperlukan untuk otak selanjutnya adalah magnesium. Kekurangan magnesium pada anak dapat menyebabkan masalah perilaku dan membuat mereka kesulitan untuk memperhatikan saat belajar maupun Saat berinteraksi di lingkungan. Sebuah studi yang dilakukan pada 116 anak-anak yang mengalami ADHD rata-rata, 95% di antaranya ternyata kekurangan mineral magnesium.

Dari penelitian tersebut, anak-anak ADHD yang diberikan 200 mg magnesium per hari ternyata mengalami banyak perubahan. Mereka yang tadinya hiperaktif tidak lagi terlalu agresif setelah menerima nutrisi tersebut.

Zat besi

Fungsi zat besi salah satunya adalah untuk mengatur aktivitas dompamin, yaitu neurotransmitter yang disintesis oleh kelenjar Adrenalin, yang mempengaruhi perilaku maupun konsentrasi anak.

Seng

Seng merupakan kofaktor penting untuk memproduksi neurotransmitter yang mendukung otak seperti: serotonin dan dopamin. Selain itu seng juga bisa mempengaruhi zat otak lainnya yang sangat penting dalam proses belajar, konsentrasi dan perhatian anak.

Beberapa makanan yang memiliki kandungan seng tinggi di antaranya adalah daging, telur, makanan yang bersumber dari laut (seafood), dan biji labu.

Vitamin C dan proanthocyanidins

Vitamin C dan proanthocyanidins, kedua-duanya banyak ditemukan dalam ekstrak biji anggur. Memiliki fungsi yang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Vitamin C misalnya, sangat dibutuhkan untuk memproduksi neurotransmitter dan untuk melindungi otak anak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin B

Vitamin anak selanjutnya yang penting untuk otak adalah vitamin B. Vitamin ini berfungsi untuk membantu enzim otak dalam menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi yang akan membantu mensintesis neurotransmitter seperti serotonin, depamin, dan berfungsi juga untuk membentuk perisai mielin diantara neuron otak.

Phosphatidylserine (PS)

Phosphatidylserine, adalah fosfolipid dan komponen kunci dari semua membran sel yang sebagian besarnya banyak ditemukan pada otak. Vitamin ini banyak ditemukan pada kedelai dan telur berfungsi untuk meningkatkan kemampuan anak dalam hal fokus dan perhatian serta berbagai fungsi otak lainnya.

Baca: Stimuno Vs Imboost – Persamaan, Perbedaan, Kekurangan dan Harga Multivitamin

Tips memenuhi kebutuhan vitamin pada anak

Jika Anda sebagai orang tua khawatir dengan tumbuh kembang otak anak di masa depan Karena mereka cenderung malas makan atau tidak menyukai sayur-sayuran, Tidak ada salahnya membeli suplemen vitamin anak untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Membeli suplemen justru dianjurkan terutama jika anak-anak memang sangat sulit untuk mau mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi seperti buah maupun sayuran.

Saya pribadi menganjurkan Anda untuk membeli vitamin anak di toko online seperti Bukalapak karena pilihannya sangat lengkap, selain harganya yang murah. Anda bisa langsung mengklik link yang saya berikan di atas untuk langsung menuju halaman pilihan vitamin anak di toko online Bukalapak.

ARTIKEL TERKAIT