Pengertian dan 4 Penyebab Penyakit Degeneratif

133
Pengertian dan 4 Penyebab Penyakit Degeneratif
Pengertian dan 4 Penyebab Penyakit Degeneratif

Bidhuan.id Apakah anda pernah tahu istilah penyakit degeneratif? Perlu anda tahu bahwasanya penyakit degeneratif merupakan sebuah penyakit yang akan membuat penderitanya mengalami kerusakan organ tubuh atau jaringan tubuh. Biasanya seseorang yang menderita penyakit degeneratif disebabkan karena memang orang tersebut memiliki gaya hidup atau kebiasaan yang kurang sehat atau juga bisa disebabkan oleh faktor usia.

Selain itu, pasien yang menderita penyakit degeneratif setiap tahunnya mengalami peningkatan, khususnya yang ada di negara – negara maju. Hal ini merupakan dampak dari tingginya angka harapan hidup seseorang, gaya hidup yang tidak sehat, dan juga bisa disebabkan oleh tingkat kesembuhan terhadap penyakit infeksi yang semakin lama mengalami peningkatan.

Sementara khusus di Indonesia, penyakit degeneratif memang saat ini mendapat perhatian oleh para ahli kesehatan karena tidak sedikit seseorang yang menderita penyakit ini mengalami kematian karena orang tersebut tidak kunjung memeriksakan kondisinya sehingga penyakit degeneratif yang dialaminya semakin parah.

Baca: Fakta Tentang Semut Jepang dan Wejangan dari Dokter Ahli Penyakit Dalam

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengetahui seperti apa penyebab yang sebenarnya dari penyakit degeneratif sehingga anda nantinya bisa melakukan tindakan pencegahan agar supaya penyakit ini tidak semakin parah.

1. Penyakit degeneratif karena kencing manis

Penyakit degeneratif karena kencing manis
Penyakit degeneratif karena kencing manis

Gejala yang pertama dari penyakit degeneratif adalah orang tersebut akan mengalami kencing manis atau yang di dalam istilah medis lebih dikenal dengan istilah diabetes. Diabetes merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan meningkatkan glukosa di dalam tubuh dikarenakan hormon insulin yang sudah tidak bisa bekerja dengan baik.

Seperti yang kita tahu bahwa nantinya hormon insulin tersebut akan merubah kadar glukosa menjadi sebuah energi sehingga ketika insulin mengalami masalah, maka akan membuat kadar glukosa semakin banyak.

Di bawah ini merupakan dampak penyakit degeneratif yang ditandai dengan kencing manis tipe 2:

  • Sering haus
  • Sering buang air kecil atau BAK
  • Cepat merasa lapar
  • Kesemutan yang dialami pada bagian ujung – ujung kaki dan tangan
  • Mengalami gangguan penglihatan atau mata menjadi buram
  • Jika terkena luka, maka luka tersebut akan sulit untuk sembuh

2. Penyakit degeneratif karena osteoarthritis (OA)

Penyakit degeneratif yang kedua juga bisa ditandai dengan pasien yang mengalami osteoarthritis atau yang disingkat dengan OA. Seseorang yang menderita penyakit degeneratif akan mengakibatkan ia menderita kerusakan pada jaringan tulang maupun sendi sehingga akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri pada tulang atau sendi tersebut.

Sebenarnya ketika seseorang menderita OA, ia tidak sadar dan hanya berpikir bahwa kondisi ini merupakan nyeri biasa karena memang tidak ada beda antara nyeri biasa dengan nyeri karena OA, kecuali jika kondisi tersebut semakin parah.

Baca:  5 Jenis Obat Sakit Pinggang Yang Ampuh di Apotik dan Alami

Seseorang yang menderita penyakit degeneratif akibat osteoarthritis akan ditandi dengan beberapa indikasi antara lain:

  • Nyeri pada sendi yang dialami ketika beraktivitas dan nyeri tersebut akan hilang setelah orang tersebut beristirahat
  • Seseorang yang menderitanya terkadang akan merasakan sendi – sendinya kaku ketika di pagi hari dalam jangka waktu kurang lebih 30 menit

3. Penyakit degeneratif karena osetoporosis

Penyakit osteoporosis merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya pengroposan pada jaringan tulang maupun juga rendahnya massa tulang orang tersebut. Untuk mendiagnosa penyakit ini nantinya akan dilakukan berdasarkan massa tulang.

Seseorang dikatakan menderita osteoporosis apabila orang tersebut memiliki massa tulang kurang dari -2,5 standar deviasi atau SD massa tulang normal dan juga orang tersebut akan disebut mengalami osteoporosis apabila massa tulangnya antara -1 sampai dengan -2,5 SD.

Selain itu penyakit ini memang lumayan sulit dideteksi sehingga anda harus membutuhkan tindakan skrinning untuk mengetahui apakah anda benar – benar menderita penyakit ini atau tidak.

4. Penyakit degeneratif karena penyakit jantung koroner

Penyakit degeneratif karena penyakit jantung
Penyakit degeneratif karena penyakit jantung

Seseorang yang menderita penyakit jantung koroner atau PJK juga bisa berdampak pada terjadinya penyakit degeneratif. Penyakit jantung koroner merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya sumbatan yang terdapat pada pembuluh darah koroner.

Pembuluh darah koroner sendiri merupakan pembuluh darah yang bertugas untuk memberikan darah kepada jantung. Dan seseorang yang mengalami penyumbatan pembuluh darah koroner adalah karena adanya proses aterosklerosis atau yang lebih dikenal dengan penumpukan lemak yang ada pada pembuluh darah sehingga mengakibatkan ukuran atau diameter pembuluh darah akan semakin mengecil dan juga kaku atau mengeras.

Proses ini nantinya akan terjadi secara perlahan – lahan dan seiring berjalannya waktu, maka lama kelamaan pembuluh darah orang tersebut akan benar – benar tersumbat sehingga tidak jarang penyakit ini banyak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Terjawab sudah : Minum Susu Jumlah Banyak Mempersingkat Usia dan Fraktur Tulang

Beberapa sumbatan yang terdapat di dalam pembuluh darah tersebut bisa bersifat seperti di bawah ini:

  • Parsial, pembuluh darah masih dilalui oleh darah meskipun pada kenyataannya alirannya sudah mulai mengecil.
  • Total, dimana pembuluh darah benar – benar sudah tertutupi oleh lemak atau plak sehingga darah tidak bisa mengalir lagi sehingga hal ini akan mengakibatkan nyeri atau sakit pada bagian dada yang semakin lama akan semakin berat atau parah.

Sementara untuk gejala yang menandakan seseorang menderita penyakit jantung koroner adalah seperti di bawah ini:

  • Nyeri pada bagian dada
  • Merasakan sensasi yang amat berat pada bagian dada
  • Jantung berdebar – debat
  • Jantung berdetak tidak menentu
  • Nyeri dan juga sesak nafas

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan pengertian dan juga penyebab dari seseorang yang menderita penyakit degeneratif. Semoga informasi ini bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT