6 Penyebab Batuk Berdahak Yang Tak Kunjung Sembuh

268
6 Penyebab Batuk Berdahak Yang Tak Kunjung Sembuh
6 Penyebab Batuk Berdahak Yang Tak Kunjung Sembuh

Bidhuan.id Apakah anda pernah mengalami batuk berdahak? Tentu semua dari anda akan mengatakan bahwa anda pernah mengalami kondisi ini. Memang batuk berdahak bisa dialami oleh siapa saja, terlebih lagi jika kondisi kesehatan orang tersebut sedang menurun.

Banyak orang yang menganggap bahwa batuk berdahak merupakan kondisi yang akan sembuh dengan sendirinya meski tanpa dilakukan pengobatan apapun, selain itu ada juga yang berpendapat bahwa dengan selalu mengeluarkan dahak ketika batuk maka lama kelamaan batuk berdahak yang dialami akan sembuh. Sebenarnya pandangan ini betulnya karena nantinya sistem kekebaln tubuh anda akan bereaksi dengan menyembuhkan batuk berdahak tersebut.

Akan tetapi, jika batuk yang anda alami tidak kunjung sembuh meskipun sudah dilakukan berbagai macam pengobatan, maka tentunya anda harus mulai mencari tahu tentang pengobatan apa yang cocok untuk mengobati batuk berdahak yang anda alami.

Pengertian Batuk Berdahak

Batuk berdahak merupakan sebuah kondisi dimana ketika seseorang batuk, maka akan disertai dengan keluarnya lendir atau yang lebih kita kenal dengan istilah dahak. Seseorang yang menderita batuk berdahak akan menyebabkan penumpukan lendir pada daerah tenggorokan dan jika tidak segera diobati maka lendir atau dahak tersebut akan semakin banyak sehingga bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.

Penyebab Batuk Berdahak 

Perlu anda tahu bahwasanya ada beberapa hal yang bisa menjadi sebab seseorang menderita batuk berdahak. Beberapa penyebab tersebut antara lain:

1. Penyebab Batuk Berdahak Karena Alergi

 

Penyebab Batuk Berdahak Karena Alergi
Penyebab Batuk Berdahak Karena Alergi

Salah satu penyebab seseorang menderita batuk berdahak adalah karena alergi, seperti misanya terkena alergi dingin. Seseorang yang terkena alergi dingin maka akan membuatnya menderita pilek maupun juga flu dan batuk yang terjadi secara bersamaan. Bagi anda yang sudah terindikasi menderita alergi dingin, terutama di pagi maupun malam hari, maka kami sarankan agar supaya anda segera mencari tahu bagaimana cara mengobati kondisi anda tersebut.

Baca: 25 Cara Mengatasi Batuk Kering dengan Obat Medis dan Herbal Cara Alami

Anda bisa memanfaatkan pengobatan herbal seperti dengan meminum ramuan jahe atau jeruk nipis, maupun juga bisa menggunakan obat – obatan yang bisa anda dapatkan dari toko obat. Yang terpenting anda meminumnya secara rutin agar pengobatan yang anda lakukan semakin maksimal.

2. Penyebab Batuk Berdahak Karena Terkena Debu

Penyebab lain yang bisa menjadi pemicu terjadinya batuk berdahak adalah debu. Seseorang yang menderita alergi debu memang tidak boleh keluar tanpa memakai pelindung apapun, apalagi jika daerah atau lingkungan tempat ia tinggal terdapat banyak debu.

Untuk itu, disarankan bagi anda yang menderita alergi debu untuk selalu memakai masker dimana pun anda berada, dan yang lebih baik bahwa anda harus segera menghindar ketika anda tahu bahwasanya di situ memungkinkan banyak sekali debu agar sampai tidak mengganggu saluran pernapasan anda.

3. Penyebab Batuk Berdahak Karena Asap Kimia

Mungkin hal ini berlaku bagi anda yang bekerja di sebuah perusahaan yang selalu berkecimpung pada dunia kimia. Memang setiap orang yang berhubungan dengan bahan kimia, akan diwajibkan untuk memakai pakaian pelindung, termasuk masker dan sarung tangan.

Akan tetapi, jika pada mulanya anda sudah mengalami alergi kimia, maka tentu saja anda dianjurkan untuk menjauhi area tersebut. Asap kimia yang anda hirup nantinya akan masuk ke dalam paru – paru sehingga menyebabkan kinerja paru – paru anda menjadi terganggu.

Kantung paru – paru anda yang seharunya berisi udara, malah terisi dengan asap. Kondisi inilah yang akan menyebabkan anda mengalami batuk berdahak.

4. Penyebab Batuk Berdahak Karena Pneumonia

Penyebab Batuk Berdahak Karena Pneumonia
Penyebab Batuk Berdahak Karena Pneumonia

Apakah anda tahu apa itu pneumonia? Pneumonia adalah sebuah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada bagian paru – paru yang akan menyebabkan penderitanya mengalami sesak nafas.

Penderita pneumonia akan menemukan bahwasanya paru – parunya terisi dengan lendir yang menyebabkan ia mengalami batuk bedahak dimana paru – paru seharusnya berisi dengan udara. Kondisi ini tidak bisa anda biarkan begitu saja karena tidak sedikit kasus kematian yang disebbakan oleh penyakit pneumonia.

Maka dari itu, anda harus segera menghubungi dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat tentang kondisi yang anda alami ini agar supaya tidak semakin bertambah parah.

Baca: 4 Obat Pengencer Dahak untuk Mengobati Batuk Berdahak

5. Penyebab Batuk Berdahak Karena Virus

Bukan hanya alergi yang menjadi pemicu terjadinya batuk berdahak, namun dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa seseorang yang menderita batuk berdahak karena disebabkan oleh virus.

Virus yang sudah menyerang saluran pernapasan, maka akan mengakibatkan terjadinya peradangan. Dan ketika dahak atau lendir tersebut mengalir menuju tenggorokan dan kemudian menuju paru – paru, maka bukan tidak mungkin akan menjadi sebab tenggorokan serta paru – paru orang tersebut mengalami infeksi.

6. Penyebab Batuk Berdahak Karena Asam Lambung

 

Penyebab Batuk Berdahak Karena Asam Lambung
Penyebab Batuk Berdahak Karena Asam Lambung

Faktor lain yang menyebabkan seseorang menderita batuk berdahak adalah karena asam lambung yang tinggi. Hal ini nantinya akan memicu terjadinya refluks asam lambung dimana naiknya asam lambung menuju esofagus sehingga menyebabkan terjadinya batuk berdahak.

Diketahui bahwa refluks asam ini biasanya akan terjadi pada pagi maupun malam hari. Perlu anda tahu bahwa asam lambung yang tinggi bukan hanya menyebabkan batuk berdahak, melainkan akan menimbulkan sensasi nyeri pada lambung. Penanganan pertama dari penyakit ini adalah dengan menghindari berbagai makanan atau minuman yang memang merupakan pantangan penderita asam lambung, seperti minuman bersoda maupun makanan yang mengandung banyak gas.

Baca: Penyakit Infeksi Lambung : Penyebab, Gejala dan Obat yang Digunakan

Itulah informasi dari kami tentang pengertian serta apa saja yang menjadi sebab seseorang menderita batuk berdahak. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

ARTIKEL TERKAIT