Bau kaki: Penyebab dan Cara Ampuh hilangkan Bau Kaki yang efektif

282
Penyebab dan Cara Ampuh hilangkan Bau Kaki yang efektif
Penyebab dan Cara Ampuh hilangkan Bau Kaki yang efektif

Bidhuan.id – Dalam istilah medis, bau kaki sering disebut dengan bromhidrosis yang dapat menghilangkan rasa percaya diri seketika karena dijauhi oleh orang orang sekitar. Untuk menghilangkan permasalah bau kaki dapat ditangani dengan perawatan sederhana dari bahan dapur yang ada dirumah, seperti memakai garam dapur.

Bau kaki sendiri sebenarnya disebabkan karena adanya bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu. Bakteri itu memakan keringat yang ada pada kaki, kemudian memproduksi zat asam yang dapat menebarkan bau tidak sedap. Kondisi bau kaki biasanya dialami oleh orang yang mempunyai keringat berlebih pada kaki dan bukan sekedar aktivitas tinggi ataupun suhu udara tinggi yang berpotensi membuat kelenjar keringat tubuh menjadi berlebih.

Beberapa penyebab bau kaki  

  • Hiperdrosis

Kondisi ini merupakan keadaan dimana keringat keluar dengan sangat berlebih dan dipicu oleh adanya kondisi stress

  • Ketidakstabilan hormon

Perubahan hormone yang sering terjadi pada remaja dan wanita hamil dapat berpotensi menimbulkan produksi keringat berlebih

Pada dasarnya tubuh manusia memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, sedangkan pada satu bagian kaki saja mampu memproduksi lebih dari satu pint atau sekitar 568 ml keringat. Kaki sendiri merupakan bagian dari tubuh yang paling berkeringat dan apabila bercampur dengan bakteri dapat menghasilkan isovaleric acid atau zat yang berbau tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau kaki yang tidak sedap dapat dengan mengistirahatkan kaki dengan memberinya udara. Hal ini bisa dilakukan dengan sesekali menggunakan sandal agar kaki tidak terus menerus tertutup, untuk mendapatkan udara yang cukup pada kaki. Selain itu gantilah secara rutin kaus kaki setiap hari dan jemurlah sepatu secara rutin agar mongering. Mengatasi bau kaki dapat dengan menggunakan bahan bahan alami yang ada dirumah, sama seperti menurunkan kolesterol dengan daun salam yang sering dipergunakan untuk memasak.

Beberapa cara yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan bau kaki

1. Cara menghilangkan bau kaki dengan garam

CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI DENGAN GARAM
CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI DENGAN GARAM

Garam adalah bahan dapur yang banyak dipergunakan dalam berbagai makanan dan merupakan zat kimia alami yang dapat mengawetkan makanan karena mempunyai sifat desinfektan alami yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan untuk membunuh mikroorganisme.

Apabila Anda tidak mempunyai garam laut, bisa dengan menggunakan garam dapur yang biasa dipergunakan untuk masakan. Caranya adalah :

  1. Ambillah beberapa sendok garam, kemudian masukkan ke dalam wadah baskom berisi air hangat
  2. Rendamlah kaki sekitar 10-20 menit
  3. Kemudian gosok gosoklah secara perlahan lahan dengan menggunakan tangan, kaki ataupun batu apung
  4. Setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk bersih
  5. Lakukan perawatan sederhana ini sebanyak satu kali sehari atau setelah selesai beraktivitas diluar ruangan

Baca : Bukan Hanya Konsumsi Manis Ternyata Garam Juga Picu Obesitas

2. Cara menghilangkan bau kaki dengan jeruk nipis

CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI DENGAN JERUK NIPIS
CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI DENGAN JERUK NIPIS

Jeruk nipis selain dikenal kaya akan vitamin C juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan noda hitam, karena memiliki kandungan asam latnat yang sangat baik menghilangkan noda. Selain itu jeruk nipis mengandung anti bakteri, sehingga sangat cocok dipergunakan untuk menghilangkan bakteri yang ada pada wajah, badan, ataupun tubuh. Jeruk nipis akan memberantas seluruh bakteri yang mengganggu, termasuk menghilangkan bau kaki. Cara penggunaannya adalah :

  1. Ambillah satu buah jeruk nipis, kemudian belah menjadi dua bagian
  2. Lanjutkan dengan menggosokkan jeruk nipis ke seluruh kaki dan diamkan sampai kering
  3. Lakukan perawatan rutin ini sehari sekali

Baca : Cara Pengobatan Jerawat Dengan Serum Vitamin C yang Tepat

3. Cara menghilangkan bau kaki dengan baking soda

CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI DENGAN BAKING SODA
CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI DENGAN BAKING SODA

Soda kue atau yang biasa disebut dengan sodium bikarbonat dapat menyerap kelembaban dengan sempurna sekaligus membunuh bakteri yang menyebabkan bau. Selain sebagai bahan membuat roti, soda kue efektif untuk melumpuhkan aktivitas mikroba untuk menghalau pembentukan molekul bau kaki. Cara menghilangkan bau kaki dengan baking soda adalah :

  1. Persiapkan sebuah ember atau bak mandi
  2. Tambahkan ¼ cangkir soda kue sampai rendakam kaki tampak berkabut, kemudian aduklah campuran ini
  3. Rendam kaki selama kurang lebih 15 menit dan gosoklah kaki dengan handuk kecil di akhir rendaman
  4. Keringkan kaki dengan menggunakan handuk kering dan jangan pergunakan kaus kaki atau sepatu sekitar 10-15 menit dahulu
  5. Setelah benar benar kering barulah bisa menggunakan kaus kaki ataupun sepatu

4. Cara menghilangkan bau kaki secara permanen

CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI SECARA PERMANEN
CARA MENGHILANGKAN BAU KAKI SECARA PERMANEN

Mengatasi bau kaki secara permanen dapat dengan memanfaatkan bahan bahan yang murah dan mudah didapatkan, yaitu :

  1. Menggunakan sabun anti bakteri

Penggunaan sabun anti bakteri untuk menghilangkan bau kaki caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan mencuci kaki sebelum menggunaakan kaos kaki ataupun sepatu dan mencuci kembali setelah selesai menggunakan kaos kaki dan sepatu. Penggunaan sabun anti bakteri ini dapat membunuh bakteri bakteri jahat yang ada di kulit

  1. Menggunakan air teh

Teh tak hanya dapat dipergunakan untuk merelaksasi tubuh, namun bisa juga dipergunakan untuk serangkaian perawatan kecantikan, termasuk untuk menghilangkan bau kaki. Cara penggunaannya sangatlah mudah yaitu dengan merendam kaki pada baskom yang telah diisi dengan air teh selama kurang lebih 20-30 menit. Lakukan perawatan ini setiap hari, agar bau kaki dapat hilang dengan sempurna

Baca : Peneliti Menemukan Senyawa di Teh Hijau Efektif Sebagai Obat Rematik

5. Obat bau kaki di apotik

OBAT BAU KAKI DI APOTIK
OBAT BAU KAKI DI APOTIK

Menghilangkan bau kaki tak hanya bisa dengan menggunakan bahan bahan alami saja, namun bisa juga dengan obat bau kaki yang dijual di apotik, seperti :

  1. Deodorant kaki

Deodorant kaki secara instan dapat membantu menghilangkan bau kaki lebih efektif karena bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri. Anda bisa memilih deodorant kaki yang sesuai dengan pilihan Anda

  1. Foot spray

Produk foot spray sangat menyenangkan untuk digunakan karena langsung dapat memberikan sensasi dingin yang dapat menyegarkan kaki. Produk jenis ini sangat praktis untuk dibawa kemana mana dan memiliki aroma segar yang menenangkan

Demikianlah informasi terkait cara menghilangkan bau kaki yang efektif, semoga dapat bermanfaat

ARTIKEL TERKAIT