6 Tanda Ibu Hamil Muda Dan Tidak Bisa Diragukan Lagi

1623
6 Tanda Ibu Hamil Muda Dan Tidak Bisa Diragukan Lagi
6 Tanda Ibu Hamil Muda Dan Tidak Bisa Diragukan Lagi

Bidhuan.idApakah anda pernah mengamati seseorang yang sedang hamil muda? Jika belum, maka kami sarankan anda menyimak penjelasan kami pada postingan kali ini. Perlu anda tahu bahwa memiliki anak merupakan impian semua pasangan yang menjalin sebuah hubungan pernikahan, terutama bagi wanita karena dengan memiliki anak maka akan membuatnya benar – benar menjadi seorang wanita seutuhnya.

Adapun salah satu tanda hamil muda yang kerap kali kita jumpai adalah wanita tersebut mengalami telat menstruasi selama beberapa bulan yang mana kebanyakan tanda ini sering dijadikan sebuah tolak ukur apakah wanita tersebut sedang hamil benaran atau bukan.

Maka dari itu di bawah ini akan kami berikan ulasan secara lengkap mengenai apa saja tanda – tanda hamil muda yang bisa anda amati sendiri karena tidak membutuhkan keahlian atau teknik khusus untuk menerapkan penjelasan yang akan kami sebutkan di bawah.

Baca: 15 Vitamin Ibu Hamil untuk Menjaga Kesehatan Janin dan Bunda serta Harganya di Apotik

Tanda – Tanda Hamil Muda

1. Tanda Hamil Muda Dengan Perubahan Fisik

Tanda Hamil Muda Dengan Perubahan Fisik
Tanda Hamil Muda Dengan Perubahan Fisik

Tanda seorang wanita sedang hamil muda bisa anda lihat dari perubahan bentuk tubuh secara tiba – tiba. Tanda ini juga termasuk ke dalam salah satu tanda yang umum kita tahu dan dijadikan sebagai pedoman untuk memutuskan apakah wanita tersebut sedang hamil apa tidak.

Salah satu perubahan fisik yang tampak jelas adalah kondisi perut yang lebih buncit atau besar dibandingkan dengan sebelumnya. Namun bukan hanya bagian perut saja yang mengalami perubahan, melainkan bagian tubuh lain seperti paha, bokong, dan lengan, juga akan mengalami perubahan drastis secara tiba – tiba.

Sementara itu, perubahan lain yang terjadi adalah warna organ intim yang sedikit lebih pucat atau juga sedikit lebih hitam dan akan keluar sebuah cairan yang mirip sekali dengan ketika wanita mengalami keputihan.

2. Tanda Hamil Muda Dengan Perubahan Payudara

Tanda Hamil Muda Dengan Perubahan Payudara
Tanda Hamil Muda Dengan Perubahan Payudara

Payudara juga merupakan bagian tubuh yang akan mengalami perubahan ketika wanita tersebut sedang hamil muda. Perubahan payudara yang kami maksud di sini adalah kondisi payudara yang terlihat lebih berat, sakit, lebih tegang, dan juga akan terlihat lebih besar.

Selain itu, payudara tersebut akan terasa sakit ketika dipegang dimana tanda ini hampir sama dengan ketika wanita akan memasuki masa menstruasi karena pada waktu itu payudaranya akan terasa sakit.

Sementara bagian dada akan terasa lebih halus padahal tidak dilakukan perawatan apapun. Dan jika sudah memasuki dua minggu, maka dada akan terasa sedikit gatal.

3. Tanda Hamil Muda Dengan Seringnya Buang Air Kecil

Tanda hamil muda selanjutnya yang akan dialami oleh wanita adalah ia akan sering buang air kecil dimana hal ini disebabkan oleh janin yang membutuhkan lebih banyak ruang di dalam rahim sehingga menyebabkan penekanan pada kandung kemih.

Ketika kandung kemih sudah mulai tertekan, maka kemudian akan menimbulkan frekuensi buang air kecil yang meningkat dibandingkan sebelumnya. Dan juga diketahui bahwa kandung kemih orang yang hamil akan dipenuhi dengan urine.

Baca: 15 Obat Batuk Untuk Ibu Hamil yang Ampuh Redakan Masalah Flu dan Harganya

4. Tanda Hamil Muda Dengan Sering Mual

Tanda Hamil Muda Dengan Sering Mual
Tanda Hamil Muda Dengan Sering Mual

Selain perut dan payudara yang terlihat lebih besar, tanda lain yang juga bersifat umum dan sering dijadikan sebagai patokan untuk menentukan wanita hamil atau tidak adalah dengan melihat frekuensi mual yang dialami wanita tersebut.

Meski begitu, tidak semua wanita hamil akan mengalami sering mual. Namun secara umum, memang wanita hamil akan sering mengalami mual atau bahkan sampai muntah yang mengindikasikan bahwa ia sedang hamil. Sekedar informasi bahwa mual yang dialami tersebut diakibatkan oleh kadar estrogen yang mengalami peningkatan secara signifikan karena dipengaruhi oleh placenta dan juga oleh janin itu sendiri.

5. Tanda Hamil Mudah Dengan Adanya Flek Darah Dan Nyeri Perut

Tanda hamil muda yang juga harus anda tahu adalah keluarnya flek darah. Akan tetapi darah yang keluar tersebut memiliki warnya yang bisa dikatakan lebih terang jika dibandingkan dengan warna darah haid atau menstruasi. Proses ini biasanya akan terjadi selama kurun waktu 10 sampai dengan 14 hari setelah adanya pembuahan.

Dalam beberapa kasus juga ditemukan bahwa wanita yang sedang hamil muda akan merasakan rasa nyeri pada bagian perutnya yang mana kondisi ini tidak jauh berbeda dengan tanda – tanda ketika ia akan menderita haid. Hal tersebut merupakan efek dari ukuran rahim yang semakin membesar.

6. Tanda Hamil Mudah Dengan Sering Pusing

Untuk tanda hamil muda yang terakhir adalah ia akan mengalami sering pusing. Sebenarnya tanda ini akan terjadi bersama – sama dengan mual atau muntah yang juga menjadi sebuah indikasi bahwa wanita tersebut sedang hamil.

Kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatkan sirkulasi darah yang pada mulanya dikarenakan perubahan hormon yang dialami oleh wanita tersebut. Biasanya rasa sakit atau pusing yang dialami seolah – olah ia sedang berdiri di atas kapal.

Selain itu, rasa pusing atau sakit kepala yang dialami juga bisa disebabkan karena wanita tersebut mengalami kekurangan kadar gula di dalam tubuh.

Baca: 25 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil: Hamil Muda dan Tua, Serta Kesehatan Janin

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang apa saja tanda – tanda hamil muda yang bisa kita ketahui sendiri. Semoga informasi ini bisa semakin menambah wawasan anda tentang apa saja tanda – tanda kehamilan yang mungkin anda belum tahu.

ARTIKEL TERKAIT